Dzikir Syariat-Tarekat-Hakikat-Ma’rifat


BAB I

HAKIKAT PENGENALAN DIRI.

Assalamu Alaikum Brothers…………………….

Tema pada saat ini yg saya mau uraikan adalah SANGAT2 RAHASIA, Beruntunglah, Berbahagialah & Bersyukurlah kpd ALLAH SWT, Karena penjelasannya TIDAK ADA DI BUKU2 LAINNYA, Dan ilmu2 AgamaNYA ALLAH SWT  tidak gampang ditemukan & tidak sebanding dengan harta & Material yang ada di muka bumi ini, maka tunduk sujud syukurlah KepadaNYA semoga penjelasan ini menjadi HIDAYAH bagi anda,……..AMIN

ini adalah kekuatan cahaya Dzikir yg ada pada diri manusia dgn 4 tingkatan ingatan fokus pada ALLAH SWT Sang Maha Bercahaya.

Makin dalam & fana (hampa) suatu fokus dzikir maka makin terlenalah Sang Hamba oleh fenomena kegaiban alam Nur Ilahiah. karena jika ingin mengenali ALLAH pahamilah tentang Gaib sesungguhnya ALLAH pun sifatNYA GAIB & Perkenalanmu KepadaNYA Takkkan habis sampai seumur hidupmu di dunia ini.

Seorang Hamba terkadang tidak menyadari bahwa ia sebenarnya masih di dunia sehingga menerawang melintasi alam kegaiban nur Ilahiah yang tak ada batas akhirnya membutuhkan power energi cahaya dzikir yg kuat.

Jika sang Hamba berpikir bijak ia pasti kembali ke dunia ibarat orang yang lagi menyelam melihat cakrawala keindahan bawah laut tidak terlalu lama lalu ia kembali ke permukaaan dasar laut untuk persiapan oksigennya kembali.

Begitulah tehnik berzikir yang bijaksana saudara……………………………

Ketahuilah Brothers  secara realita banyak saudara2 kita yang ERROR oleh fenomena alam kegaiban ALLAH SWT ketika mengosongkan pikiran &  masuk dalam alam kefanaan (hampa) melalui dzikir 4 tingkatan Syariat-Tarekat-Hakikat-Ma’rifat.

Padahal kalau ditelaah secara hakikat Alam fenomena visual kegaiban ALLAH SWT Takkan Habis oleh masa, batas, ruang & waktu ibaratnya kalo menghitung ilmu2-NYA ALLAH SWT takkan habis biarpun laut dijadikan tinta untuk menulis ayat2 ilmu ALLAH SWT Yang Maha Luas PengetahuanNYA Di Alam Jagat Raya (Q.s Al Kahfi : 109). Pohon dijadikan pena utk menulis ilmu2 Allah takkan pernah habis ilmu-Nya (Lukman:27)

Berikut ini adalah tuntunan2 dzikir:

  • Dzikir Syariat : “La Ilaha Illallah” diucapkan berulang2 dgn lisan sampai masuk kedalam hati sehingga lisan/mulut tak berucap lagi, rahasia dzikir ini terdiri dari 12 huruf yg sama maknanya dengan Waktu 12 jam, dzikir ini selalu dikumandangkan oleh para malaikat bumi (Malaikatul Ahyar) ketika ALLAH SWT menciptakan setiap makhlukNYA di muka bumi.
  • Dzikir Tarekat : “ALLAH”ALLAH”ALLAH” diucapkan berulang2 di dalam hati saja dengan pengosongan pikiran fana (hampa) lalu fokus pada nama tadi sehingga nama ALLAH tadi membuat & menciptakan alam bayangan hidup  didepan mata anda sendiri, jangan kaget & takut oleh fenomena tersebut karena para jin syetan selalu mengintai anda tetapi berlindunglah Kepada ALLAH SWT yang Maha Menjaga Orang Beriman dgn ayat & doa : audzu billahi minas syathanir rajim…………… La ilaha illallah anta subhanaka inni kuntu minaz zhalimin……….lalu lafazkan… ALLAHU SALAMUN HAFIZHUN WALIYYUN WA MUHAIMIN ( Allah Yang Maha sejahtera, Maha Memelihara, Maha Melindungi lagi Maha Menjaga Hambanya yg beriman).
  • Dzikir Hakikat : “HU”HU”HU (DIA ALLAH) diucapkan dalam hati saja dengan keadaan fana (hampa) melalui perantaraan tarikan Nafas ke dalam sampai ke perut, usahakan perut tetap keras biarpun nafas telah keluar, dalam bahasa ilmu tenaga dalam ini adalah metode pemusatan power lahiriah dari perut, dalam istilah cina yin & yang ini adalah penyembuhan/pengobatan pada diri secara bathiniah dan kesemuanya itu benar adanya karena pusat perut adalah sumber daya energi kekuatan manusia secara lahiriah & bathiniah serta secara hakikat dzikir”HU” sebenarnaya tempatnya pada pusat perut dengan perantaraan cahaya nafas yg sangat berharga pada manusia.
  • Dzikir Ma’rifat : ” HU”AH”-“HU”AH”-HU”AH” atau HU-WAH” (Dia ALLAH Bersamaku”) sebenarnya bunyi dzikir ini sudah perpaduan antara hakikat & ma’rifat, dzikir tersebut dilantunkan dalam hati saja dengan gerakan nafas “HU” masuk kedalam “AH” keluar nafas, pada para sufi (wali Allah) ini adalah dzikir kenikmatan, kecintaan ( Mahabbatullah) yang sangat luas faedah hidayahnya & karomahnya sehinngga dapat menyingkap tabir rahasia2 Allah Swt pada gerakan kehidupan ini.
  • Dzikir rahasia  ma’rifat : ” Hu”wallahu Ahad (Allah Maha Tunggal)

Pada penjelasan diatas tentang dzikir sebenarnya kalau bicara tentang tingkatan pemahaman Agama dengan ilmun2NYA ALLAH SWT terdiri 7 fase tingkatan  :

  1. Syariat : mentaati segala perintahnya dan menjauhi segala larangan-NYA
  2. Tarekat : Jalan spritual (kebatinan) menuju kepada-NYA
  3. Hakikat : Mengetahui arti makna sesuatu pada kehidupan TAPI hamba itu diam pada orang awam KARENA itulah ikatan janjinya kepada ALLAH SWT.
  4. Ma’rifat : Mengetahui pengenalan dirinya kepada ALLAH SWT.   seperti yang  dikatakan para Ahli Sufi Waliyullah “Man Arafa Nafsahu Fakade Arafa Rabbahu” Brgsiapa mengenal dirinya, niscaya pasti mengenali Tuhan-Nya,  jadi maknanya kenalilah dirimu sendiri sebelum mengenali ALLAH setelah engkau Mengenali-Nya maka bersatulah wujud hakikimu BERSAMANYA… “Subhanallah Wabihamdihi”.
  5. Musyahadah : Penyaksian fenomena kegaiban NUR ALLAH SWT Di langit & di bumi, ia menyaksikan-NYA bersama para wali2 ALLAH & nabi2 ALLAH & Khususnya Baginda Rasulullah Nabi Muhammad SAW
  6. Mukasyaf : Terbukanya Hijab Tabir rahasia2 Allah seluruhnya di langit & di bumi, para mukasyaf saat ini hanya terdiri dari 111 orang saja di  seluruh  dunia & setiap ada wafat ada yang menggantikan Wali tersebut, jadi  berbahagialah hamba yang telah menemukannya & menemuinya. karena mereka biasanya gak terkenal dan gak diketahui, gak sama dgn ustad2 yg “kondang” terkenal.
  7. Mahabbah : Kecintaan kepada ALLAH SWT dengan penglihatan pada setiap gerakan nafas & hidupnya ada  kasih sayang TuhanNYA Yang Maha Pemberi Nan Maha pemurah, tingkatan ini hanya ALLAH SWT saja yang tahu tentang kedudukan hambanya, karena Maqom Kecintaan sendiri itu ada pada ke ikhlasan, kesabaran, istiqomah, Tawakkal, Keyakinan, Ketakwaan, tapi ketahuilah saudara Wali-NYA saat ini yang mencapai tingkatan MAHABBAH cuma berjumlah 11(sebelas) orang saja Di dunia ini & setiap ada yg kembali kehadirat-NYA akan ada yg menggantikannya (sama para Mukasyaf), maka sangat Berbahagialah di dunia & Akherat orang2 yang telah menjumpainya.

BAB II.

Ini adalah sambungan dari BAB I. yg baru saya jelaskan lagi tentang arti makna Dzikir Syariat-Tarekat-Hakikat-Makrifat.

ALHAMDULILLAH dengan adanya tulisan2 saya ini sangat banyak sekali peminat nya yg mau berkunjung & berkomentar di dalam blog ini. Itu TANDA bahwa masih banyak dr saudara2ku yg MENCINTAI tentang hakikat pemahaman ISLAM.

Dzikir diatas hanya untuk sebagai pengantar “Keyakinan” bagi org2 yg berjalan di jalan Tasawuf & Yg sudah mengenali hakikat dirinya dan Allah Subhanahu Wa Ta’Ala.

Karena Di zaman sekarang ini banyak sekali perbedaan2 antar umat Islam dgn pemahaman2 ISLAM yg radikal, Bid’ah, menambah2 Ayat Al-quran & Al-hadist, dan yg saling meng-klaim bahwa “Alirannya lah yg terbaik”  dimata Allah, padahal Firman Allah: “Inna Dina Indallahil Islam” Agama yg diridhoi-diterima Allah adalah agama ISLAM.

Apakah ISLAM itu ?  maksudnya (Ingin Selamat Laksanakan Ajaran Muhammad) yg gak diajarkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW jangan di ikuti. Dan semua Ajaran2 Baginda Nabi Muhammad SAW sudah tertera di dalam Al-Quran & Al-Hadist sebagai petunjuk & pedoman kehidupan di dunia sampai di akherat kelak.

ISLAM adalah agama perdamaian, saling memberikan rasa cinta & kasih kepada sesama muslim yg beriman & seluruh manusia, Agama FITRAH, dan dengan tidak ada pemaksaan masuk ke dalam agama ISLAM, kecuali org tersebut sdh ikhlas & Ridha bahwa Allah SWT sebagai Tuhan nya & Baginda Rasulullah sebagai Nabinya.

Dalam Uraian Pemahaman dzikir diatas saya telah bercerita panjangggg.. tentang Rahasia2 sesuatu, tapi YAKINLAH itu semua KHUSUS bagi saudara2ku yg berbudi baik nan pekerti luhur  & beriman, bertaqwa yg mau memegang TEGUH SYAHADAT & ISLAM (Ingin Selamat Lakukan Ajaran Muhammad)

Memang Pemahaman2 Dzikir diatas KHUSUS bagi org2 BENAR2 YAKIN & SUNGGUH2 ingin “MENGENAL DIRINYA” & “MENGENAL ALLAH SWT” Al Khaliq- Pencipta Alam semesta jagad raya. & pencipta lahir dan batin kita, jasmani-ruhani kita, Nampak dan Tiada Nampak, NYATA & GAIB, Logika dan Non Logika.

Karena org beriman selalu memandang TAJALLI kekuasaan Allah Swt secara NYATA pada AINUL YAKIN (Pandangan keyakinan) yg bergerak pd alam semesta & kekuasaan HAQQUL YAKIN (Pandangan mata hati) yg bernuansa secara GAIB yg bergerak dlm batin dan pd unsur Bayang2 kekuasaan ALLAH.

Diatasnya HAQQUL YAKIN  masih ada lagi KAMALUL YAKIN (kesempurnaan keyakinan) dan keyakinan ini bisa dirasakan setelah kita telah BERJUMPA dgn ALLAH di akherat nanti, Namun ada juga bagi org2 khusus Dicintai-NYA yg telah diberi hidayah KAROMAH-NYA  & yg telah dibukakan hijab-NYA pada “KAMALUL YAKIN” di dlm dunia.

Dan Dialah orang2 yg mau ber-makrifat kepada ALLAH SWT  & Orang2 tersebut selalu memandang pada kefanaan (hampa) bahwa dimuka bumi ini semua Fana “tidak ada” yg ADA cuma “WAJAH ALLAH & GERAK ALLAH SEMATA (LAA ILAHA ILLALLAH) & ini di abadikan dlm surah Ar-Rahman:26-27.

“Kullu Man Alaiha Fanin, Wa Yabqa Wajhu Rabbika Dzal Jalali Wal Ikram”.

Semua pasti binasa (TIADA), yg kekal hanya WAJAH TUHANMU yg Maha memiliki keagungan & kemuliaan.

Karena Semua punya akhir & Masanya Masing-masing……………………..

Adapun Tentang Makrifat:

1. AWALUDIN MA’RIFATULLAH Artinya :Awal agama adalah mengenal Allah.

2. LAYASUL SHALAT ILLA BIN MA’RIFAT Artinya :Tidak syah shalat tanpa mengenal Allah.

3. MAN ARAFA NAFSAHU FAKADE ARAFA RABBAHU Artinya :Barang siapa mengenal dirinya niscaya dia pasti akan mengenal Tuhannya.

4. ALASTUBIRABBIKUM QOLU BALA SYAHIDNA Artinya :Bukankah aku ini Tuhanmu ? Betul engkau Tuhan kami,kami menjadi saksi.(QS.AL-ARAF 172)

5. AL INSANNU SIRRI WA ANNALLAHU SIRRUHU Artinya :Manusia itu rahasiaKU dan akupun ALLAH rahasia baginya.

6. WAFI AMFUSIKUM AFALA TUBSIRUUN Artinya :Aku ALLAH ada didalam Jiwamu mengapa kamu sendiri tidak dpt melihat (Q.s. Adz-Dzariyat:21)

7. WANAHNU AKRABI MIN HABIL WARIZ Artinya :Aku ALLAH lebih dekat dari urat nadi lehermu.

8. LAA TAK BUDU RABBANA LAM YARAH Artinya :Aku tidak akan menyembah Allah bila aku tidak melihatnya lebih dahulu.

9. INNAHU ALIMUN BIZATISH SHUDUR Artinya: Sesungguhnya AKU ALLAH maha mengetahui segala isi hati (Q.s AL MULK:13).

10. WA HUWA MA AKUM AINAMA KUNTUM Artinya: AKU ALLAH berada dimana saja kamu berada. (Q.s AL HADID:4).

11. “KEMANAPUN ENGKAU HADAPKAN WAJAHMU DISITULAH WAJAH ALLAH” (Al-baqarah : 115).

BAB III.

HAKIKAT NUR MUHAMMAD.

Alimul Fadhil H. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari (Guru Sekumpul) pernah menyinggung dan menguraikan pembahasan tentang salah satu tema yang selalu aktual diperbincangkan dalam dunia tasawuf, yakni wacana tentang ‘Nur Muhammad’ dalam salah satu pengajian beliau di Komplek al-Raudah Sekumpul Martapura. Untuk membutiri kembali pandangan tentang Nur Muhammad dimaksud seiring dengan peringatan haul beliau yang ke-5 tahun ini (5 Rajab 1431 H ─ 17 Juni 2010 M) berikut tulisan ini dihadirkan guna pencerahan. Apakah yang dimaksud dengan Nur Muhammad tersebut?

Dalam kitab Hikayat Nur Muhammad diceritakan bahwa tubuh manusia (anak Adam) mengandungi tiga unsur, yakni jasad, hati dan roh. Di dalam roh terdapat hakikat, di dalam hakikat tersimpan rahasia, rahasia itulah yang dinamakan makrifah Allah. Di dalam makrifah pula ada zat yang tidak menyerupai sesuatu pun.

Rahasia atau makrifah Allah ini dinamakan Insan Kamil. Insan Kamil dijadikan dari Nur yang melimpah dari zat Haqq Ta’ala.

Menurut riwayat, sumber cerita tentang kejadian Nur Muhammad ini bermula dari biografi Nabi Muhammad yang ditulis oleh Ibnu Ishaq (sejarawan Islam). Dalam biografi tersebut, Ibnu Ishaq ada mencatat riwayat yang menyatakan bahwa Allah telah menciptakan Nur Muhammad dan Nur itu telah diwarisi melalui generasi nabi-nabi hingga ia sampai kepada Abdullah bin Abdul Muthalib dan turun kepada Nabi Muhammad Saw.

Kemudian terdapat sejumlah hadis yang menerangkan tentang Nur tersebut, antaranya, “sesungguhnya yang mula-mula dijadikan oleh Allah adalah cahaya-ku (Nur Muhammad)………”.

Beragam pandangan terhadap hadis ini, ada yang menyatakan maudhu’ (tertolak), dhaif (lemah), bersumber dari falsafah Yunani, tetapi ada pula yang menyatakan bahwa riwayat tersebut boleh diterima karenanya sanadnya bersambung.
Hadis tersebut cukup panjang matannya dan diringkas sebagai berikut: “Dan telah meriwayatkan oleh Abdul Razak dengan sanadnya dari Jabir bin Abdullah ra, beliau berkata: “Ya Rasulullah, demi bapaku, engkau dan ibuku, khabarkanlah daku berkenaan awal-awal sesuatu yang Allah telah ciptakan sebelum sesuatu! Bersabda Nabi Saw: “Ya Jabir, sesungguhnya Allah menciptakan sebelum sesuatu, Nur Nabi-mu daripada Nur-Nya’.

Maka jadilah Nur tersebut berkeliling dengan Qudrat-Nya sekira-kira yang dihendaki Allah. Padahal tiada pada waktu itu lagi sesuatu pun; tidak ada lauh mahfuzh, qalam, sorga, neraka, Malaikat, langit, bumi, matahari, bulan, jin dan manusia; tiada apa-apa yang diciptakan, kecuali Nur ini.

Dari nur inilah kemudian diciptakan-Nya qalam, lauh mahfuzh dan Arsy. Allah kemudian memerintahkan qalam untuk menulis, dan qalam bertanya, “Ya Allah, apa yang harus saya tulis?” Allah berfirman: “Tulislah La ilaha illallah Muhammad Rasulullah.” Atas perintah itu qalam berseru: “Oh, betapa sebuah nama yang indah dan agung Muhammad itu, bahwa dia disebut bersama Asma-Mu yang Suci, ya Allah.” Allah kemudian berkata, “Wahai qalam, jagalah kelakuanmu ! Nama ini adalah nama kekasih-Ku, dari Nur-nya Aku menciptakan arsy, qalam dan lauh mahfuzh; kamu, juga diciptakan dari Nur-nya. Jika bukan karena dia, Aku tidak akan menciptakan apa pun.”

Ketika Allah telah mengatakan kalimat tersebut, qalam itu terbelah dua karena takutnya akan Allah dan tempat dari mana kata-katanya tadi keluar menjadi tertutup, sehingga sampai dengan hari ini ujung nya tetap terbelah dua dan tersumbat, sehingga dia tidak menulis, sebagai tanda dari rahasia ilahiah yang agung.

Maka, jangan seorangpun gagal dalam memuliakan dan menghormati Nabi Suci, atau menjadi lalai dalam mengikuti contohnya (Nabi) yang cemerlang, atau membangkang dan meninggalkan kebiasaan mulia yang diajarkannya kepada kita.………dan seterusnya.
Bagaimana penjelasan Guru Sekumpul tentang Nur Muhammad tersebut? Secara ringkas penjelasan beliau sebagaimana konten materi pengajian yang bertemakan tentang ‘Kesempurnaan’ (penjelasan ini bahkan beliau ulang-ulang tidak kurang dari tiga kali) boleh diringkaskan sebagai berikut:

Beliau memulai penjelasannya dengan ungkapan yang sangat dikenal dalam dunia tasawuf, di mana untuk mengenal Tuhan seseorang harus terlebih dahulu mengenal akan dirinya.

Maksudnya, untuk sampai kepada pengenalan terhadap Tuhan, menurut Guru Sekumpul haruslah terlebih dahulu dipahami dua hal. Pertama, ia harus terlebih dahulu mengenal asal mula akan kejadian dirinya sendiri, dari mana, di mana dan bagaimana ia dijadikan? Kedua, ia harus terlebih dahulu mengetahui apa sesuatu yang mula-mula dijadikan oleh Allah Swt. Kedua perkara di atas menjadi prasyarat kesempurnaan bagi para penuntut (salik) dalam mengenal (makrifah) kepada Allah.

Adapun yang mula-mula dijadikan oleh Allah adalah Nur Muhammad Saw yang kemudiannya dari Nur Muhammad inilah Allah jadikan roh dan jasad alam semesta.

Bermula dari Nur Muhammad inilah maka sekalian roh (dan roh manusia) diciptakan Allah sedangkan jasad manusia diciptakan mengikut kepada dan dari jasad Nabi Adam as. Karena itu, Nabi Muhammad Saw adalah ‘nenek moyang roh’ sedangkan Nabi Adam as adalah ‘nenek moyang jasad’.

Hakikat dari penciptaan Adam as sendiri adalah berasal dari tanah (Nur Turab), tanah berasal dari air, air berasal dari angin, angin berasal dari api, dan api itu sendiri berasal dari Nur Muhammad.

Sehingga pada prinsipnya roh manusia diciptakan berasal dari Nur Muhammad dan jasad atau tubuh manusia pun hakikatnya berasal dari Nur Muhammad. Jadilah kemudian ‘cahaya di atas cahaya’ (QS. An-Nuur 35), di mana roh yang mengandung Nur Muhammad ditiupkan kepada jasad yang juga mengandung Nur Muhammad.

Bertemu dan meleburlah kemudian roh dan jasad yang berisikan Nur Muhammad ke dalam hakikat Nur Muhammad yang sebenarnya. Tersebab bersumber pada satu wujud dan nama yang sama, maka roh dan jasad tersebut haruslah disatukan dengan mesra menuju kepada pengenalan Yang Maha Mutlak, Zat Wajibul Wujud yang memberi cahaya kepada langit dan bumi, dan yang semula menciptakan, sebagaimana mesranya hubungan antara air dan tumbuhan, di mana ada air di situ ada tumbuhan, dan dengan airlah segala makhluk dihidupkan (QS. Al-Anbiya 30).

Pengenalan terhadap hakikat Nur Muhammad inilah maqam atau stasiun yang terakhir dari pencarian akan makrifah kepada Allah, Martabat Nur Muhammad inilah martabat yang paling tinggi, dan pengenalan akan Nur Muhammad inilah yang menjadi ‘kesempurnaan ilmu atau ilmu yang sempurna’.

Menarik untuk mengkaji ulang penjelasan Guru Sekumpul di atas dengan membandingkannya kepada penjelasan tokoh-tokoh tasawuf yang juga membahas dan menyinggung tentang wacana ini.
Al-Hallaj yang mencetuskan teori hulul misalnya menyatakan bahwa Nur Muhammad mempunyai dua bentuk, yakni Nabi Muhammad yang dilahirkan dan menjadi cahaya rahmat bagi alam “tidaklah engkau diutus wahai (Muhammad Rasulullah Saw) melainkan menjadi rahmat bagi seluruh alam” (martabat al-a’yanu’l Kharijiyyah) dan yang berbentuk Nur (martabat a’yanu’l Thabitah).

Nur Muhammad adalah cahaya semula yang melewati dari Nabi Adam ke nabi yang lain bahkan berlanjut kepada para imam maupun wali; cahaya melindungi mereka dari perbuatan dosa (maksum); dan mengaruniai mereka dengan pengetahuan tentang rahasia-rahasia Illahi.

Allah telah menciptakan Nur Muhammad jauh sebelum diciptakan Adam as. Lalu, Allah menunjukkan kepada para malaikat dan makhluk lainnya, bahwa: “Inilah makhluk Allah yang paling mulia”. Oleh itu, harus dibedakan antara konsep Nur (Muhammad) sebagai manusia biasa (seorang Nabi) dan Nur Muhammad secara dimensi spiritual yang tidak dapat digambarkan dalam dimensi fisik dan realiti.

Menurut sufi, Muhyiddin Ibn Arabi, Nur Muhammad sebagai prinsip aktif di dalam semua pewahyuan dan inspirasi. Melalui Nur ini pengetahuan yang kudus itu diturunkan kepada semua nabi, tetapi hanya kepada Ruh Muhammad saja diberikan jawami al-qalim (firman universal).
Sedangkan menurut pencetus teori ‘insan kamil’, Abdul Karim bin Ibrahim al-Jili (1365-1428 M) dalam karyanya, al-Insan al-Kamil fî Ma’rifat al-Awakhir wa al-Awa’il (Manusia Sempurna dalam Mengetahui Allah Sejak Awal hingga Akhirnya), menyatakan bahwa Nur Muhammad memiliki banyak nama sebanyak aspek yang dimilikinya. Ia disebut ruh dan malak apabila dikaitkan dengan ketinggiannya.

Tidak ada kekuasaan makhluk yang melebihinya, semuanya tunduk mengitarinya, karena ia kutub dari segenap malak. Ia disebut al-Haqq al Makhluq bih, (al-Haqq sebagai alat pencipta), hanya Allah yang tahu hakikatnya secara pasti. Dia disebut al-Qalam al-A’la (pena tertinggi) dan al-Aql al-Awal (akal pertama) karena wadah pengetahuan Tuhan terhadap alam maujud, dan Tuhanlah yang menuangkan sebagian pengetahuannya kepada makhluk.

Adapun disebut al-Ruh al-Ilahi (ruh ketuhanan) karena ada kaitannya dengan ruh al-Quds (ruh Tuhan), al-Amin (ruh yang jujur) adalah karena ia adalah perbendaharaan ilmu tuhan dan dapat dipercayai-Nya. Oleh itu, menurut Al-Jili, lokus tajalli al-Haq yang paling sempurna adalah Nur Muhammad. Nur Muhammad ini telah ada sejak sebelum alam ini ada, ia bersifat qadim lagi azali. Nur Muhammad itu berpindah dari satu generasi ke generasi berikutnya dalam berbagai bentuk para nabi, yakni Adam, Nuh, Ibrahim, Musa hingga dalam bentuk nabi penutup (khatamun nabiyyin), Muhammad Saw.

Banyak lagi penjelasan dan pembahasan tentang Nur Muhammad dimaksud. Karena, memang sejak awal kedatangan dan perkembangan Islam di ‘Bumi Nusantara’, wacana Nur Muhammad dalam berbagai konteksnya sehingga sekarang, telah menarik perhatian umat Islam. Hal ini paling tidak didukung oleh tiga faktor.
Pertama, terlihat dari banyaknya salinan yang beredar pada masa itu berkenaan dengan ‘Hikayat Nur Muhammad’ Misalnya, Hikayat Nur Muhammad naskah Betawi yang disalin pada tahun 1668 M oleh Ahmad Syamsuddin Syah. Menurut Ali Ahmad (2005) sehingga sekarang, sekurang-kurangnya terdapat tujuh versi Hikayat Nur Muhammad.

Kedua, apresiasi terhadap konsep Nur Muhammad telah mendorong lahirnya karya klasik ulama Nusantara yang secara khusus berisikan pembahasan tentang teori ini. Antaranya adalah kitab Asrar al-Insan fi Makrifah al-Ruh wa al-Rahman karya Nuruddin al-Raniri (Aceh), tiga kitab karangan Hamzah Fansuri (Barus-Aceh); Asrar al-‘Arifin, Syarab al-‘Asyiqin, dan al-Muntahi, serta Nur al-Daqa’iq oleh Syamsuddin al-Sumaterani (Pasai).

Dalam kitab Asrar al-Insan dijelaskan bahwa Allah menjadikan Nur Muhammad dari tajalli (manifestasi) sifat Jamal-Nya dan Jalal-Nya, maka jadilah Nur Muhammad itu khalifah di langit dan di bumi; Nur Muhammad adalah asal segala kejadian di langit dan di bumi. Di dalam kitab Asrar al-’Arifin dibincangkan teori wahdah al-wujud yang semula diperkenalkan oleh Abdullah Arif dalam Bahr al-Lahut dan Ibnu Arabi, kemudian dikembangkan lagi oleh Muhammad bin Fadhlullah al-Burhanpuri melalui teori Martabat Tujuh dalam kitab Tuhfah al-Mursalah ila Ruh al-Nabi. Kemudian, dalam al-Muntahi, Hamzah menyatakan bahwa wujud itu satu yaitu wujud Allah yang mutlak. Wujud itu bertajalli dalam dua martabat; ahadiyah dan wahidiyah. Dalam kitab Nur al-Daqa’iq juga dibahas tentang wujudiyah dan martabat tujuh.

Variasi teori Nur Muhammad dalam bentuk martabat tujuh boleh didapati pembahasannya dalam beberapa kitab yang ditulis oleh ulama Melayu Nusantara, antaranya adalah dibahas dalam kitab Siyarus Salikin yang dikarang oleh Syekh Abdul Shamad al-Palimbani; kitab Manhalus Syafi (Uthman el-Muhammady, 2003) yang dikarang oleh Syekh Daud bin Abdullah al-Fathani; Pengenalan terhadap Ajaran Martabat Tujuh yang dikarang atau dinukilkan kepada Syekh Abdul Muhyi Pamijahan; dan kitab al-Durr al-Nafis yang di karang oleh Syekh Muhammad Nafis al-Banjari. Oleh itu, Syekh Muhammad Nafis al-Banjari dengan kitabnya Al-Durr al-Nafis ditegaskan oleh Wan Mohd Shagir Abdullah (2000) sebagai salah seorang ulama Banjar penganjur ajaran tasawuf Martabat Tujuh di Nusantara.

Dalam teori martabat tujuh dipahami bahwa dunia manusia merupakan dunia perubahan dan pergantian, tidak ada sesuatu yang tetap di dalamnya. Segalanya akan selalu berubah, memudar, dan setelah itu akan mati. Oleh karena itulah, manusia ingin berusaha mengungkap hakikat dirinya agar dapat hidup kekal seperti Yang Menciptakannya. Untuk mengungkap hakikat dirinya, manusia memerlukan seperangkat pengetahuan batin yang hanya dapat dilihat dengan mata hati yang ada dalam sanubarinya. Seperangkat pengetahuan yang dimaksud adalah ilmu ma‘rifatullah.

Ilmu ma’rifatullah merupakan suatu pengetahuan yang dapat dijadikan pedoman bagi manusia untuk mengenal dan mengetahui Allah. Ilmu ma‘rifatullah terbahagi menjadi dua macam, yaitu ilmu ‘makrifat tanzih’ (transeden) dan ‘ilmu makrifat tasybih’ (imanen). Tuhan menyatakan diri-Nya dalam Tujuh Martabat, yaitu martabat pertama disebut martabat tanzih (la ta‘ayyun atau martabat tidak nyata, tak terinderawi) dan martabat kedua sampai dengan martabat ketujuh disebut martabat tasybih (ta‘ayyun atau martabat nyata, terinderawi).

Yakni, martabat Ahadiyyah (ke-’ada’-an Zat yang Esa); martabat Ahadiyyah (ke-’ada’-an Zat yang Esa); martabat Wahidiyyah (ke-’ada’-an asma yang meliputi hakikat realitas keesaan); Keempat, martabat Alam Arwah; martabat Alam Mitsal; martabat Alam Ajsam (alam benda); dan martabat Alam Insan.

Ketujuh proses perwujudan di atas, keberadaannya terjadi bukan melalui penciptaan, tetapi melalui emanasi (pancaran). Untuk itulah, antara martabat tanzih (transenden atau la ta‘ayyun atau martabat tidak nyata) dengan martabat tasybih (imanen atau ta‘ayyun atau martabat nyata) secara lahiriah keduanya berbeda, tetapi pada hakikatnya keduanya sama.

Seorang Sâlik yang telah mengetahui kedua ilmu ma‘rifatullah, baik Ma‘rifah Tanzih (ilmu yang tak terinderawi) maupun Ma‘rifah Tasybih (ilmu yang terinderawi), ia akan sampai pada tataran tertinggi, yaitu tataran rasa bersatunya manusia dengan Tuhan atau dikenal dengan sebutan Wahdatul-Wujûd.

Uraian tersebut dapat dianalogikan dengan air laut dan ombak. Air laut dan ombak secara lahiriah merupakan dua hal yang berbeda, tetapi pada hakikatnya ombak itu berasal dari air laut sehingga keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisah.
Ketiga, di Nusantara, Hikayat Nur Muhammad merupakan teks yang  populer sekitar abad ke-14 M. Ini dibuktikan dengan tersebar luasnya kitab yang berjudul Tarjamah Maulid al-Mustafa bertahun 1351 M (Ali Ahmad, 2005), dan disinggungnya wacana ini dalam kitab Taj al-Muluk, Qishah al-Anbiya, Bustan al-Salatin, atau Hikayat Ali Hanafiah.

Membandingkan apa-apa yang digambarkan oleh Guru Sekumpul berkenaan dengan Nur Muhammad dengan uraian-uraian ulama terdahulu tampaknya tidak jauh berbeda sebagaimana pandangan umum para sufi dalam melihat Nur Muhammad sebagai yang terawal diciptakan dan kemudiannya menjadi sumber dari segala penciptaan.

Di samping itu, menurut Guru Sekumpul maqam Nur Muhammad adalah maqam paling tinggi dari pencarian dan pendakian sufi menuju makrifah kepada Allah, tiada lagi maqam atau stasiun paling tinggi sesudah ini. Kesimpulannya, berbahagialah orang-orang yang dapat menyandingkan penyatuan sumber asal mula penciptaannya dalam satu harmoni, yakni Nur Muhammad, sebab ia berada pada satu kedudukan yang tinggi dan terbukanya segala hijab yang membatasinya.

Penciptaan Ruh Kanjeng Nabi Muhammad SAW.

Saat Allah Subhanahu wa Ta’ala mengeluarkan keputusan Ilahiah untuk mewujudkan makhluq, Ia pun menciptakan Haqiqat Muhammadaniyyah (Realitas Muhammad –Nuur Muhammad) dari Cahaya-Nya. Ia Subhanahu wa Ta’ala kemudian menciptakan dari Haqiqat ini keseluruhan alam, baik alam atas maupun bawah. Allah Subhanahu wa Ta’ala kemudian memberitahu Muhammad akan Kenabiannya, sementara saat itu Adam masih belum berbentuk apa-apa kecuali berupa ruh dan badan. Kemudian darinya (dari Muhammad) keluar tercipta sumber-sumber dari ruh, yang membuat beliau lebih luhur dibandingkan seluruh makhluq ciptaan lainnya, dan menjadikannya pula ayah dari semua makhluq yang wujud.

Dalam Sahih Muslim, Nabi (SAW) bersabda bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menulis Taqdir seluruh makhluq lima puluh ribu tahun (dan tahun di sisi Allah adalah berbeda dari tahun manusia, peny.) sebelum Ia menciptakan Langit dan Bumi, dan `Arasy-Nya berada di atas Air, dan di antara hal-hal yang telah tertulis dalam ad-Dzikir, yang merupakan Umm al-Kitab (induk Kitab), adalah bahwa Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam adalah Penutup para Nabi. Al Irbadh ibn Sariya, berkata bahwa Nabi sall-Allahu ‘alayhi wasallam bersabda, “Menurut Allah, aku sudah menjadi Penutup Para Nabi, ketika Adam masih dalam bentuk tanah liat.”

Maysara al-Dhabbi (ra) berkata bahwa ia bertanya pada Nabi sall-Allahu ‘alayhi wasallam, “Ya RasulAllah, kapankah Anda menjadi seorang Nabi?” Beliau sall-Allahu ‘alayhi wasallam menjawab, “Ketika Adam masih di antara ruh dan badannya.”

Suhail bin Salih Al-Hamadani berkata, “Aku bertanya pada Abu Ja’far Muhammad ibn `Ali radiy-Allahu ‘anhu, `Bagaimanakah Nabi Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam bisa mendahului nabi-nabi lain sedangkan beliau akan diutus paling akhir?” Abu Ja’far radiy-Allahu ‘anhu menjawab bahwa ketika Allah menciptakan anak-anak Adam (manusia) dan menyuruh mereka bersaksi tentang Diri-Nya (menjawab pertanyaan-Nya, `Bukankah Aku ini Tuhanmu?’), Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam-lah yang pertama menjawab `Ya!’ Karena itu, beliau mendahului seluruh nabi-nabi, sekalipun beliau diutus paling akhir.”

Al-Syaikh Taqiyu d-Diin Al-Subki mengomentari hadits ini dengan mengatakan bahwa karena Allah Ta’ala menciptakan arwah (jamak dari ruh) sebelum tubuh fisik, perkataan Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam “Aku adalah seorang Nabi,” ini mengacu pada ruh suci beliau, mengacu pada hakikat beliau; dan akal pikiran kita tak mampu memahami hakikat-hakikat ini. Tak seorang pun memahaminya kecuali Dia yang menciptakannya, dan mereka yang telah Allah dukung dengan Nur Ilahiah.

Jadi, Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengaruniakan kenabian pada ruh Nabi sall-Allahu ‘alayhi wasallam bahkan sebelum penciptaan Adam; yang Ia telah ciptakan ruh itu, dan Ia limpahkan barakah tak berhingga atas ciptaan ini, dengan menuliskan nama Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam pada `Arasy Ilahiah, dan memberitahu para Malaikat dan lainnya akan penghargaan-Nya yang tinggi bagi beliau (sall-Allahu ‘alayhi wasallam). Dus, Haqiqat Nabi Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam telah wujud sejak saat itu, meski tubuh ragawinya baru diciptakan kemudian. Al Syi’bi meriwayatkan bahwa seorang laki-laki bertanya, “Ya RasulAllah, kapankah Anda menjadi seorang Nabi?” Beliau menjawab, “ketika Adam masih di antara ruh dan badannya, ketika janji dibuat atasku.” Karena itulah, beliau (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) adalah yang pertama diciptakan di antara para Nabi, dan yang terakhir diutus.

Diriwayatkan bahwa Nabi (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) adalah satu-satunya yang diciptakan keluar dari sulbi Adam sebelum ruh Adam ditiupkan pada badannya, karena beliau (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) adalah sebab dari diciptakannya manusia, beliau (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) adalah junjungan mereka, substansi mereka, ekstraksi mereka, dan mahkota dari kalung mereka.

`Ali ibn Abi Thalib karram-Allahu wajhahu dan Ibn `Abbas radiy-Allahu ‘anhu keduanya meriwayatkan bahwa Nabi (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) bersabda, “Allah tak pernah mengutus seorang nabi, dari Adam dan seterusnya, melainkan sang Nabi itu harus melakukan perjanjian dengan-Nya berkenaan dengan Muhammad (sall-Allahu ‘alayhi wasallam): seandainya Muhammad (SAW) diutus di masa hidup sang Nabi itu, maka ia harus beriman pada beliau (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) dan mendukung beliau (sall-Allahu ‘alayhi wasallam), dan Nabi itu pun harus mengambil janji yang serupa dari ummatnya.

Diriwayatkan bahwa ketika Allah SWT menciptakan Nur Nabi kita Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam, Ia Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan padanya untuk memandang pada nur-nur dari Nabi-nabi lainnya. Cahaya beliau melingkupi cahaya mereka semua, dan Allah SWT membuat mereka berbicara, dan mereka pun berkata, “Wahai, Tuhan kami, siapakah yang meliputi diri kami dengan cahayanya?” Allah Subhanahu wa Ta’ala menjawab, “Ini adalah cahaya dari Muhammad ibn `Abdullah; jika kalian beriman padanya akan Kujadikan kalian sebagai nabi-nabi.” Mereka menjawab, “Kami beriman padanya dan pada kenabiannya.” Allah berfirman, “Apakah Aku menjadi saksimu?” Mereka menjawab, “Ya.” Allah berfirman, “Apakah kalian setuju, dan mengambil perjanjian dengan-Ku ini sebagai mengikat dirimu?” Mereka menjawab, “Kami setuju.” Allah berfirman, “Maka saksikanlah (hai para Nabi), dan Aku menjadi saksi (pula) bersamamu.”(QS 3:81).

Inilah makna dari firman Allah Subhanahu wa Ta’ala. “Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi: `Sungguh, apa saja yang Aku berikan kepadamu berupa kitab dan hukmah, kemudian datang kepadamu seorang Rasul yang membenarkan apa yang ada padamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya.’” (QS 3:81).

Syaikh Taqiyyud Diin al-Subki mengatakan, “Dalam ayat mulia ini, tampak jelas penghormatan kepada Nabi (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) dan pujian atas kemuliaannya. Ayat ini juga menunjukkan bahwa seandainya beliau diutus di zaman Nabi-nabi lain itu, maka risalah da’wah beliau pun harus diikuti oleh mereka. Karena itulah, kenabiannya dan risalahnya adalah universal dan umum bagi seluruh ciptaan dari masa Adam hingga hari Pembalasan, dan seluruh Nabi beserta ummat mereka adalah termasuk pula dalam ummat beliau sall-Allahu ‘alayhi wasallam. Jadi, sabda sayyidina Muhammad (sall-Allahu ‘alayhi wasallam), “Aku telah diutus bagi seluruh ummat manusia,” bukan hanya ditujukan bagi orang-orang di zaman beliau hingga Hari Pembalasan, tapi juga meliputi mereka yang hidup sebelumnya. Hal ini menjelaskan lebih jauh perkataan beliau, “Aku adalah seorang Nabi ketika Adam masih di antara ruh dan badannya.” Berpijak dari hal ini, Muhammad (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) adalah Nabi dari para nabi, sebagaimana telah pula jelas saat malam Isra’ Mi’raj, saat mana para Nabi melakukan salat berjama’ah di belakang beliau (yang bertindak selaku Imam). Keunggulan beliau ini akan menjadi jelas nanti di Akhirat, saat seluruh Nabi akan berkumpul di bawah bendera beliau.

Barokallah.

To Be Continue……………………………………

 

kaligrafi-asyhadu

 

Cahaya illahi,,,

Iklan

946 thoughts on “Dzikir Syariat-Tarekat-Hakikat-Ma’rifat

    • Assalamualikum warrahmatullah mas..sy baru lihat2 di blognya mas ini dan rasanya cocok ijin buat saya belajar dan mengcopy lampiran yang tersedia buat renungan dan pembelajaran ya..

    • BISMILLAH

      Hukum Dzikir dengan Lafaz: Allah… Allah.. atau hu…hu…

      Tanya:

      Tadz, bgmn hukum dzikir dg cuma baca: Allah… Allah.. atau hu.. hu… Krn ada beberapa thoriqat yg aku tahu mempraktekkan dzikir sperti itu.

      Trim’s

      Jawab:

      Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

      Ada beberapa prinsip yang perlu kita pahami terkait dzikir kepada Allah.

      Pertama, hakekat dzikir kepada Allah adalah memuji Allah dengan pujian yang layak untuk Allah. Karena itu, kita tidak boleh memberikan pujian yang tidak layak untuk Allah, sekalipun itu pujian yang baik untuk makhluk. Misalnya: sifat subur, dalam arti: berpotensi memiliki anak dan keturunan. Bagi makhluk, ini sifat sempurna. Karena mandul adalah sifat yang buruk bagi makhluk. Sebaliknya, bagi Allah, ini sifat yang tidak layak diberikan kepada Allah, karena Allah Maha Suci dari memiliki anak dan keturunan.

      Karena itu, yang paling tahu tentang cara memuji Allah yang benar Allah sendiri, dan bentuk memuji Allah yang paling sempurna adalah dengan cara dan lafal yang Allah ajarkan. Dalam salah satu doanya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengutarakan pujiannya,

      …وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِك

      Aku berlindung kepada-Mu dari hukuman-Mu, aku tidak mampu menyebut semua pujian untuk-Mu, sebagaimana Engkau memuji diri-Mu sendiri..(HR. Muslim 486, Nasai 169, Abu Daud 879, dan yang lainnya).

      Kedua, dalam bahasa arab, satu kalimat disebut memiliki makna sempurna jika dia berbentu kalam atau jumlah mufidah (kalimat sempurna).

      Jumlah mufidah ada 2:

      Jumlah ismiyah: kalimat yang diawali isim, yang membentuk susunan mubtada’ – khabar (subjek – prediket). Misalnya: Ahmad seorang guru. Ahmad: mubtada’ (subjek), dan seorang guru: khabar (prediket).
      Jumlah fi’liyah: kalimat yang diawali fi’il (kata kerja), yang membentuk susunan fi’il – fa’il (pelaku). Susunan semacam ini mungkin tidak lazim dalam bahasa indonesia, namun ini ma’ruf dalam bahasa arab. Misalnya: Telah datang Ahmad. Telah datang: fi’il (kata kerja), dan Adi: fa’il (pelaku).
      Karena itu, bukan termasuk kalimat sempurna ketika hanya tersusun dari SATU kata, tanpa kata lainnya. Misalnya, ada orang yang mengucapkan: Ahmad… Ahmad…

      Orang yang mendengar tidak akan memahami apapun. Ada apa dengan Ahmad? Ahmad kenapa? Kecuali jika dia mengucapkan kata ‘Ahmad’ karena menjawab pertanyaan. Misal, “Siapa yang datang?” kemudian ada orang menjawab, “Ahmad.”

      Kemudian, kalimat semacam ini juga bukan pujian untuk Ahmad.

      Berbeda ketika ada orang mengatakan: Ahmad pinter, Ahmad dermawan, Ahmah Cah bagus, dst. Pendengar akan memahami apa yang diucapkan dan dia juga menyadari bahwa itu pujian.

      Zikir dengan lafal: Allah… Allah…

      Dengan memahami dua pengantar di atas, kita bisa mengetahui status zikir dengan lafal Allah… Allah… atau hu… hu… Para ulama menyebutkan dengan zikir dengan isim mufrad (dzikir dengan satu kata).

      Syaikhul Islam mengatakan

      والذكر بالاسم المفرد مظهرا ومضمرا بدعة في الشرع وخطأ في القول واللغة فإن الاسم المجرد ليس هو كلاما لا إيمانا ولا كفرا

      Zikir dengan isi mufrad (satu kata), baik lahir (diucapkan) maupun batin (dalam hati) adalah bid’ah dalam syariat, salah secara etika berbicara dan keliru secara bahasa. Karena satu kata, bukan kalam (kalimat sempurna), bukan iman dan bukan pula kekafiran. (Majmu’ Al-Fatawa, 10/396).

      Syaikhul islam menyebut zikir ini sebagai tindakan bid’ah karena tidak ada satupun dalil yang menyebutkannya. Tidak pula dipraktekkan para sahabat dan orang soleh masa silam.

      Kemudian beliau menegaskan bahwa zikir semacam ini kesalahan dalam etika bicara dan tinjauan bahasa. Karena satu kata, tidak bisa disebut kalimat sempurna. Orang mengatakan Allah.., Allah.., tidak bisa disebut memuji maupun mencela Allah. Karena dalam kalimat ini tidak mengandung unsur pujian maupun celaan.

      Berbeda ketika seseorang mengatakan, Allahu Akbar., Allahu Ar-Rahman., Allah Yang Maha Esa, dst. kalimat semacam ini sempurna dan mengandung unsur pujian.

      Kemudian Syaikhul Islam menyebutkan beberapa dalil tentang zikir yang paling utama dalam syariat,

      وقد ثبت في الصحيح عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: أفضل الكلام بعد القرآن أربع وهن من القرآن: سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر

      Terdapat dalam hadis shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Ucapan yang paling afdhal setelah Al-Quran ada 4, dan semuanya dari Al-Quran: Subhanallah, Alhamdu lillah, Laa ilaaha illallah, dan Allahu akbar. (HR. Ahmad 20223 dan sanadnya dinilai shahih oleh Syuaib Al-Arnauth)

      Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

      أفضل الذكر لا إله إلا الله

      Zikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallah (HR. Turmudzi 3383, Ibn Majah 3800 dan dinilai hasan oleh Al-Albani)

      Dalam hadis lain, beliau bersabda,

      أفضل ما قلت أنا والنبيون من قبلي: لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير

      Kalimat terbaik yang kuucapkan dan diucapkan para nabi sebelumku adalah Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa ‘ala kulli syaiin qadiir.

      (Majmu’ Al-Fatawa, 10/396).

      Dalam Al-Quran maupun hadis, Allah tidak pernah mengajarkan kepada kita zikir dengan lafal Allah… Allah…, namun dengan lafal lengkap yang mengandung pujian: Subhanallah.., alhamdulillah, Allahu Akbar, atau Laa ilaaha illallaah, dst.

      Zikir Bilal

      Anda yang pernah membaca sirah nabawiyah tentu pernah mendengar ini. Bilal bin Rabah, sahabat mulia yang ketika masuk islam masih menjadi budak Umayah bin Khalaf. Belliau disiksa dengan sangat sadis oleh sang majikan. Di terik padang pasir yang sangat panas, ditindih batu besar yang panas, dipaksa untuk mengucapkan Lata.., Uzza, namun Bilal hanya mengucapkan, Ahad…Ahad. Tidak mempan disiksa di padang pasir yang panas, lehernya diberi tali dan diseret, diarak di kota Mekah, namun Bilal hanya menjawab: Ahad…Ahad.

      Sebagian orang berdalil dengan zikir Bilal ini untuk melegalkan zikir dengan lafal mufrad: Allah..Allah.. Tentu saja ini adalah pendalilan yang tidak pada tempatnya. Karena beberapa alasan,

      Apa yang diucapkan Bilal adalah pujian untuk Allah. Bilal mengucapkan Ahad, Ahad, Dzat Yang Maha Esa, dan ini kalimat pujian untuk Allah.
      Bilal mengucapkan Ahad, Ahad, sebagai jawaban untuk paksaan orang musyrik agar Bilal menyekutukan Allah, dengan memuji Lata dan Uzza. Karena itu, sejatinya ucapan Bilal ini bukan kata tunggal, tapi jawaban untuk paksaan orang musyrik.
      Allahu a’lam

      • Apa yang anda sampaikan adalah benar hadisnya. Tetapi kemudian anda hanya bersandar pada pendapat ibnu taimiyah dalam menafsirkannya. Mentok.
        Kenapa anda tdk mencari rujukan pendapat para ulama yg lebih salaf? Itu kalau anda mau mengikuti para salafunasholih.

        Sedangkan dzikir sahabat Bilal RA, anda tafsiri pakai akal anda sendiri yg jelas sangat terbatas.
        Iman itu bukan dengan akal pikiran, tapi dengan qolbin saliim.

        • Terimakasih respon sdr…

          Saya lebih baik dianggap bodoh dihadapan manusia, daripada dihadapan Tuhan-Ku ALLAH…

          Karena DIALAH ALLAH sendiri yg lebih mengetahui aku ini bodoh atau sudah pintar… dan biarpun kita sudah merasa pintar dihadapan ALLAH, Tapi tetap bodoh namanya, karena ilmu manusia gak ada apa2nya…

          Biarpun banyak ilmu2 ISLAM mu tapi satupun tak ada yg diridhoi-Nya hanya membawa keangkuhan itu sama saja bodoh namanya, jadi gak berakhlak, menimbulkan penyakit2 hati, suka membuat perbandingan2 paham aliran islam… lalu menyudutkannya. Akhirnya kamu makin jauhh dari AKHLAK KEFITRAHANMU SENDIRI.

          Namun biarpun sedikit ilmu islam tapi Diridhoi-Nya, itu sudah bisa mendapatkan karomah keberkahan-Nya selama didunia…

          KARENA SEMUA ORG YG BELAJAR ISLAM MENUJU KPD AKHLAK KARIM (Ikhsan kamil) & KEFITRAHANNYA SENDIRI.

          Katanya bicara pake Qalbin salim (hati yg berakhlak) tapi masuk gak beri salam…

          Lainkali kalo masuk komen beri SALAM sdr, itu ciri org berakhlak, beriman & beradab…

          INNA DINA INDALLAHIL ISLAM… Aliran Agama yg diterima ALLAH adalah ISLAM (Namanya)… bukan aliran2, komunitas2, organisasi2.

          Kepahaman ilmu sahabat nabi BILAL RA, & Ibnu Taimiyah adalah benar.
          Semua Aliran yg sdr sebutkan adalah benar, selama orgnya itu berakhlak, beradab & paham tentang TAUHID ISLAM…

          Sdr terlalu membuat perbandingan2 paham aliran akhirnya sdr tidak sadar sendiri bahwa sdr secara halus mencari2 kekurangan2 aliran (org) tsb… Hati2lah itu bisa membuat penyakit2 hati yg bisa menggugurkan amalan sdr sendiri…

          Lebih baik kita belajar terus memperbaiki diri, memperbaki ilmu & memperbaiki akhlak… itu jauh lebih baik daripada membuat perbandingan2….

          Sekali lagi SALAM yaa… itu ciri2 org beriman lagi beradab.

          Trims Broo…

          • assalamu ‘ala manittaba’al huda……
            mantab kang edwin. biasalah kritik, kalau sebuah tulisan berbagi ilmu didunia maya itu dah resiko kang, ada yang pro dan ada yang kontra, ada setuju dan ada yang tidak, ada yg cocok dan juga ada yang tidak cocok dan pas. so, saran aja..tanggapi aja dengan baik dan santun, atau kalau perlu diamin aja. jgn dibalas dengan bahasa rada kesel. ntar klo ada yang ngoment yang sependapat dgn mas herry, tambah panjang lagi daftar kritik dan kontranya…he..he..ngga abis-abis….

      • Wa alaikum salam sdr Wildan.

        Dzikir syariat-tarekat-hakikat-makrifat ini sudah ada dari dulu dizaman para sufi dari Tarekat Sattariyah… Bukalah kisahnya.

        belajarlah naik ke tarekat sampai Hakikat. biar kamu tidak capek cari2 hadist untuk menangkis dzikir para sufi2 yg dulu….hehehe

        karena biarpun apa yg kamu baca dzikir…”Jika Allah belum meridhoi dzikirmu”…kamu takkan mendapatkan petunjuk (paham) hidayah-Nya…

        “Jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tidak ada yang dapat menolak karuina-Nya, DIA memberikan kebaikan itu (Paham) kepada siapa yg dikehendaki-Nya”….(Yunus;107)

        Maksudnya, sdr diberikan pemahahan yang baik dalam memaknai HAKIKAT DZIKIR tsb… karena Hakikat Dzikir itu adalah ” Suatu Perjalanan Bathin menuju Al-Bathinu” didalam mengingat-Nya…

        Ketahuilah sdr, Dzikir Bilal itu adalah Dzikir tersingkat, menurut suasana hatinya sendiri…”AHAD”.didalam memuji-Nya… Karena posisi dia lagi disiksa/kesakitan yg sangattt, hingga tak mampu mengucapkan kata2 lagi…

        Mungkin sdr sudah mengerti jika orang lagi kesakitan….

        apalagi, orang yg lagi sakratul maut pun tak mampu berkata2 lagi, hingga kata2nya makin pendek/gak jelass…

        Jadi.. dzikir ALLAH, ALLAH…HU’HU…AH’AH…adalah dzikir singkat bagi orang2 yg dimabukk dzikir & penikmat2 dzikir… atau orang2 yg lagi sekarat..

        Jadi kalimat dzikir itu hanya perasaan HATI lah yang mampu menjawabnya…

        Karena ALLAH lebih melihat HATI bukan hanya ucapan lisan saja…

        Syukron.

  1. membaca urian anda itu sangat cocok , karena saya sudah melaksanakanya, ketika kita dzikir HU (masuk nafars) ALLOH (keluar nafas) dengan tenang dan dengan nafas yang haluuuuuus apa yang terjadi ada rasa kenikmatan yang luar biasa menyelimuti seluruh jiwaraga , maka hai ……………..seluruh saudara ku muslimin muslimah amalkan dzikir tersebut diatas……….anda semua akn tenteraaam………….aaamin. hubungi aku di 0856947397 atu di xlku 087 759 837 517

    • Saya setuju dengan dzikir yang anda lakukan. Saya pernah memcobanya antara percaya atau tidak tubuh saya terangkat keatas setinggi 1 meter, saat itu saya tidak percaya dengan semua itu, disaat timbul tidak kepercayaan itu tubuh saya yang terangkat 1 meter pada saat itu terhempas kebawah dan tangan saya tertindih tubuh saya. Sakit sekali, Lalu saya meminta ampun kepada Allah atas tidak kepercayaan saya kepada kuasa Ya (Allah) sekejap sakit di tangan saya hilang. Allah Hu Akbar……..

    • Ass…..Wr Wb. Janganlah berpegang pada napas, Karna Allah tidak hidup beserta napas. Allah adalah zat laisya kamislihi syaiun (QS Asura 11) dan jangan pula berpegang kepada rasa , karna rasa itu akan hilang nantinya…”Ingat” Apa yang ada padamu, hilang sirna, apapun yang ada disisi Allah, kekal abadi” (Qs. An-Nahl 96)

      • Wa alaikum salam.
        Jika saya balik bertanya kpd sdr…”Jadi apakah yg tidak hilang pd diri sdr sendiri”….?

        Lainkali salamnya harus lbh lengkap broo… supaya ente dpt amalnya lbh buuanyak.

        Terimakasih.

        • Wa alaikum salam mas bram…
          Mohon maaf itu kesalahan teknis tulisan dari admin kami.
          Dan kentara mas ini orgnya temperamen…
          Hati2 dgn temperamen mas sendiri, bisa meledak pembuluh darah diakibatkan selalu menyimpan yg negatif…
          Dan Tahukah Sifat negatif itu dari mana asalnya…
          Dan kentara jg sdr gak mengenal arti tata krama seorang muslim yg baik lagi berakhlak, gak memberi salam yg benar,

          Salam Santun.

  2. bagus banget artikelnya… makasih.

    saya mau tanya ….. bagaimana dengn yang ini.. :

    HU (tarik nafas tahan) dan dilanjut dengan HAQ dan AH, baru hembuskan nafas dengan Allah.
    zikir ini saya di kasih tau oleh temen saya, cuma saya belum pernah mencobanya.

    • saya pernah belajar pukulan jarak jauh dg prinsip bahwa manusia didalam perut sudah bisa bergerak,apalagi setelah diluar kandungan dengan cara belajar tarik napas dan tahan caranya :1.tariknapas melalui hidung besamaan bacaan ALLAH ………………… dan tahan dalam perut selama 1 menit /lebih sesuai kemampuan ,keluakan melalui mulut secara pelan-pelan dengan besamaan bacaan HU……………………..lakukan setiap saat Insya Allah betapa besar mamfatnya ,nanti akan tau sendiri.

      • bila kau mampu menahan nafas dan bisa menarik full maka kamu akan mampu pakai pukulan jarak 50 meter..

        bila kau sering melakukan berzikir sambil menahan nafas Insya Allah anda akan mendapatkan atau mengalami hal2 baru,,ada tidak yang tahu zikir 4..??jika ada maka cobalah sering membaca ZIKIR 4 itu

  3. Asskum…bro mau tanya,utk dzikir nafas”HU”ada yg mgatakan bhw saat nafas masuk”HU”dan dsaat nafas keluar”ALLAH”tp ada jg yg mgatakan terbalik jd ALLAH HU. Sebenarnya hakikat HU dan ALLAH dlm dzikir nafas itu apa? Ada yg mgatakan bhw HU brarti kita memuji NYAWA kita dan ALLAH brarti kita memuji kpd RUH kita…mohon penjelasannya bro biar saya tidak bingung dan salah jalan…sebelumnya Trima kasih.

  4. Asskum…thanks bro atas jwbnya mggu kmrin.mau tnya lg nih bro… Msh ttg dzikir pernafasan HU ALLAH…bro,nafas kita sbnrnya ada brp macam?krn ada yg keluar dan masuk melalui mulut dan hidung serta ada jg yg NAIK dan TURUN yg bs kita rasakan pd daerah SULBI.trz…ada org yg blg kalo pd dzikir nafas,klmat HU itu yg masuk tmpatnya di PUSAR dan klmat ALLAH yg kluar tmptnya di HULUKUM/JAKUN.trz apakah dzikir nafas HU ALLAH ini tdk ada Khodam?klo ada bgmna cara mengatasi agar kita tdk salah jalan gitu bro?yg trakhir…ada jg yg mengajarkan kpd sy ttg dzikir nafas YAA HU…apa ada prbedaan dgn HU ALLAH?thanks bro.

    • Wassalam brothers, Dalam ilmu pernapasan ada 4 Tingkatan, biasa jg digunakan dlm ilmu tenaga dalam apalagi jika digabungkan dgn Zikir Nafas, 1) Masuk,& tertahan di perut 2) Keluar, msh tetap tetahan di perut 3)masuk, tdk tertahan di perut( kosong) 4) Keluar, tdk tertahan di perut (kosong). dan semua gerakan trsebut ada ilmunya, disertai Zikir Latifah (Halus laksana angin) & disertai Huruf, sm saja kt menggunakan Ilmu gerakan Angin pd perguruan tenaga dalam, bagi para org berilmu ini dikatakan Ilmu 8 penjuru mata Angin (Tingkat Tinggi), bahkan ada wali2 allah mnggunakan ini dlm kebaikan, bisa mnjdi kesaktian, jati diri sejati muslim, kekayaan lahir(materi) & batiniah. Trims Bro….

  5. Assalamu’alaikum…Bro,Alhamdulillah…stelah mmbca tulisan Anda saya bnyak dpat tambahan Ilmu bru.tpi,saya ada sdkit pertanyaan..BgaImnakh yg di maksd Dua kalimat Syahadat yg artinya Tunggal(Allah dan Hamba tdk brcerai),dan bgaimnakh cra Amaliah/pakaian nya???Trimk,..

    • Wassalam, Pada dasarnya Allah & Hambanya tak pernah berpisah dan ini Di akadkan dlm Syahadat, ayat mengatakan : sesungguhnya AKU berada di dlm hatinya Hamba2ku yg beriman, makin kamu yakini DIA mkn berada & akan membukakan Tabir Hijab RahasiaNYA bagi Bathiniahmu sendiri. Makna Rahasia Syahadat ialah Allah SWT adalan penguasa alam semesta, api,angin air, tanah, gunung, laut, bulan, Matahari, bintang dan Muhammad adalah Hamba Insan yang yg sangat mulia nan sempurna dibandingkan makhluk lainnya di segala alam semesta.
      amalkanlah : La ilaha Illallah malikul haqqul mubin muhammad rasulullah syahidul wadul Amin.
      DIA ALLAH maha memilki kerajaan Maha Benar di dlm kitab nyata (lauhim Mahfudz), & muhammad utusanNYA yg menyaksikan keindahan alam semesta. /setiap shalat fardhu. AMIN. Trims Brothers……….

      • Asslamu alaikum mass Edwin
        Setelh saya mmbca artikel diatas timbul pertanyaan ‘
        ” mana duluan Allah ato Muhammad”?
        Mohon pencerahan nya kalo mungkin saya salah mengartikan artikel mas Edwin

        Wasalam

  6. Asskum…thanks bro atas jwbannya. Ada yg prlu sy tanyakan lg bro ttg mengenal diri.ada klmat yg mngtakan “kenalilah dirimu mk engkau akan mengenal Tuhanmu”.ada teman sy mengatakan bhw,utk mengenal diri, kita hrz mengenal Adam dan Muhammad.trz trang sy msh bingung ttg mengenal diri.yg sy tahu dan yg kita kenal,Adam adl manusia yg prtama kali diciptakan Allah.sedangkan Muhammad adl penutup para Nabi dan Rasul.itu scra lahir/dzahir tp secara bathin, siapakah sebenarnya Adam dan Muhammad?adakah kaitan antara diri kita dgn Adam dan Muhammad? sehingga dikatakan bhw utk mngenal diri hrz tahu dan kenal dulu Adam dan Muhammad!mohon penjelasannya bro.dan kalau pernyataan sy diatas salah,tolong diluruskan.terima kasih sebelumnya wassalam.

    • Hadist Qudsi :”Man arafa Nafsahu Fakade Arafa Rambahu” Barangsiapa mengenali dirinya niscaya sudah pasti mengenali TuhanNYA”
      Mengenali adam sm jg dengan mengenali muhammad
      Adam tercipta dari tanah langsung dgn Cahaya Tanah (Nur Turab) tanah surga & bumi, & tak memilki lubang pusar
      sedangkan adam pd dirimu ialah jika engkau memakan hasil bumi ( dari tanah ) dan menjadikan fisikmu tumbuh berkembang dgn cahaya tanah Bumi (Nur MinThin)
      Muhammad tercipta dari Nutfah/ Manni Hitani (sperma/Mani) sm dengan manusia biasanya dgn cahaya manusia (Nur Insan) dan menciptakan cahaya akhlak, dan manusia yg dapat dipercaya & menjalin silahturahmi ( Al Amin & Al Jama’ah )
      Jadi itulah Pengenalan diri antara Adam & Muhammad, & masih banyak yg perlu dikenali lagi.
      Wassalam,…………

    • Assalamualaikum..

      SUBHANNALOH..ALLOHUAKBAR..7 x (tubuh saya bergetar,air mata terurai ketika mengetik tulisan ini…

      ada tambahan artikal sedikit dibawah ini semoga menambah ketaqwaan kita kepada ALLOH SWT.. :

      Penciptaan Ruh Kanjeng Nabi Muhammad

      Saat Allah Subhanahu wa Ta’ala mengeluarkan keputusan Ilahiah untuk mewujudkan makhluq, Ia pun menciptakan Haqiqat Muhammadaniyyah (Realitas Muhammad –Nuur Muhammad) dari Cahaya-Nya. Ia Subhanahu wa Ta’ala kemudian menciptakan dari Haqiqat ini keseluruhan alam, baik alam atas maupun bawah. Allah Subhanahu wa Ta’ala kemudian memberitahu Muhammad akan Kenabiannya, sementara saat itu Adam masih belum berbentuk apa-apa kecuali berupa ruh dan badan. Kemudian darinya (dari Muhammad) keluar tercipta sumber-sumber dari ruh, yang membuat beliau lebih luhur dibandingkan seluruh makhluq ciptaan lainnya, dan menjadikannya pula ayah dari semua makhluq yang wujud. Dalam Sahih Muslim, Nabi (SAW) bersabda bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menulis Taqdir seluruh makhluq lima puluh ribu tahun (dan tahun di sisi Allah adalah berbeda dari tahun manusia, peny.) sebelum Ia menciptakan Langit dan Bumi, dan `Arasy-Nya berada di atas Air, dan di antara hal-hal yang telah tertulis dalam ad-Dzikir, yang merupakan Umm al-Kitab (induk Kitab), adalah bahwa Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam adalah Penutup para Nabi. Al Irbadh ibn Sariya, berkata bahwa Nabi sall-Allahu ‘alayhi wasallam bersabda, “Menurut Allah, aku sudah menjadi Penutup Para Nabi, ketika Adam masih dalam bentuk tanah liat.”

      Maysara al-Dhabbi (ra) berkata bahwa ia bertanya pada Nabi sall-Allahu ‘alayhi wasallam, “Ya RasulAllah, kapankah Anda menjadi seorang Nabi?” Beliau sall-Allahu ‘alayhi wasallam menjawab, “Ketika Adam masih di antara ruh dan badannya.”

      Suhail bin Salih Al-Hamadani berkata, “Aku bertanya pada Abu Ja’far Muhammad ibn `Ali radiy-Allahu ‘anhu, `Bagaimanakah Nabi Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam bisa mendahului nabi-nabi lain sedangkan beliau akan diutus paling akhir?” Abu Ja’far radiy-Allahu ‘anhu menjawab bahwa ketika Allah menciptakan anak-anak Adam (manusia) dan menyuruh mereka bersaksi tentang Diri-Nya (menjawab pertanyaan-Nya, `Bukankah Aku ini Tuhanmu?’), Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam-lah yang pertama menjawab `Ya!’ Karena itu, beliau mendahului seluruh nabi-nabi, sekalipun beliau diutus paling akhir.”

      Al-Syaikh Taqiyu d-Diin Al-Subki mengomentari hadits ini dengan mengatakan bahwa karena Allah Ta’ala menciptakan arwah (jamak dari ruh) sebelum tubuh fisik, perkataan Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam “Aku adalah seorang Nabi,” ini mengacu pada ruh suci beliau, mengacu pada hakikat beliau; dan akal pikiran kita tak mampu memahami hakikat-hakikat ini. Tak seorang pun memahaminya kecuali Dia yang menciptakannya, dan mereka yang telah Allah dukung dengan Nur Ilahiah.

      Jadi, Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengaruniakan kenabian pada ruh Nabi sall-Allahu ‘alayhi wasallam bahkan sebelum penciptaan Adam; yang Ia telah ciptakan ruh itu, dan Ia limpahkan barakah tak berhingga atas ciptaan ini, dengan menuliskan nama Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam pada `Arasy Ilahiah, dan memberitahu para Malaikat dan lainnya akan penghargaan-Nya yang tinggi bagi beliau (sall-Allahu ‘alayhi wasallam). Dus, Haqiqat Nabi Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam telah wujud sejak saat itu, meski tubuh ragawinya baru diciptakan kemudian. Al Syi’bi meriwayatkan bahwa seorang laki-laki bertanya, “Ya RasulAllah, kapankah Anda menjadi seorang Nabi?” Beliau menjawab, “ketika Adam masih di antara ruh dan badannya, ketika janji dibuat atasku.” Karena itulah, beliau (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) adalah yang pertama diciptakan di antara para Nabi, dan yang terakhir diutus.

      Diriwayatkan bahwa Nabi (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) adalah satu-satunya yang diciptakan keluar dari sulbi Adam sebelum ruh Adam ditiupkan pada badannya, karena beliau (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) adalah sebab dari diciptakannya manusia, beliau (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) adalah junjungan mereka, substansi mereka, ekstraksi mereka, dan mahkota dari kalung mereka.

      `Ali ibn Abi Thalib karram-Allahu wajhahu dan Ibn `Abbas radiy-Allahu ‘anhu keduanya meriwayatkan bahwa Nabi (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) bersabda, “Allah tak pernah mengutus seorang nabi, dari Adam dan seterusnya, melainkan sang Nabi itu harus melakukan perjanjian dengan-Nya berkenaan dengan Muhammad (sall-Allahu ‘alayhi wasallam): seandainya Muhammad (SAW) diutus di masa hidup sang Nabi itu, maka ia harus beriman pada beliau (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) dan mendukung beliau (sall-Allahu ‘alayhi wasallam), dan Nabi itu pun harus mengambil janji yang serupa dari ummatnya.

      Diriwayatkan bahwa ketika Allah SWT menciptakan Nur Nabi kita Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam, Ia Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan padanya untuk memandang pada nur-nur dari Nabi-nabi lainnya. Cahaya beliau melingkupi cahaya mereka semua, dan Allah SWT membuat mereka berbicara, dan mereka pun berkata, “Wahai, Tuhan kami, siapakah yang meliputi diri kami dengan cahayanya?” Allah Subhanahu wa Ta’ala menjawab, “Ini adalah cahaya dari Muhammad ibn `Abdullah; jika kalian beriman padanya akan Kujadikan kalian sebagai nabi-nabi.” Mereka menjawab, “Kami beriman padanya dan pada kenabiannya.” Allah berfirman, “Apakah Aku menjadi saksimu?” Mereka menjawab, “Ya.” Allah berfirman, “Apakah kalian setuju, dan mengambil perjanjian dengan-Ku ini sebagai mengikat dirimu?” Mereka menjawab, “Kami setuju.” Allah berfirman, “Maka saksikanlah (hai para Nabi), dan Aku menjadi saksi (pula) bersamamu.”(QS 3:81).

      Inilah makna dari firman Allah Subhanahu wa Ta’ala. “Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi: `Sungguh, apa saja yang Aku berikan kepadamu berupa kitab dan hukmah, kemudian datang kepadamu seorang Rasul yang membenarkan apa yang ada padamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya.'” (QS 3:81).

      Syaikh Taqiyyud Diin al-Subki mengatakan, “Dalam ayat mulia ini, tampak jelas penghormatan kepada Nabi (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) dan pujian atas kemuliaannya. Ayat ini juga menunjukkan bahwa seandainya beliau diutus di zaman Nabi-nabi lain itu, maka risalah da’wah beliau pun harus diikuti oleh mereka. Karena itulah, kenabiannya dan risalahnya adalah universal dan umum bagi seluruh ciptaan dari masa Adam hingga hari Pembalasan, dan seluruh Nabi beserta ummat mereka adalah termasuk pula dalam ummat beliau sall-Allahu ‘alayhi wasallam. Jadi, sabda sayyidina Muhammad (sall-Allahu ‘alayhi wasallam), “Aku telah diutus bagi seluruh ummat manusia,” bukan hanya ditujukan bagi orang-orang di zaman beliau hingga Hari Pembalasan, tapi juga meliputi mereka yang hidup sebelumnya. Hal ini menjelaskan lebih jauh perkataan beliau, “Aku adalah seorang Nabi ketika Adam masih di antara ruh dan badannya.” Berpijak dari hal ini, Muhammad (sall-Allahu ‘alayhi wasallam) adalah Nabi dari para nabi, sebagaimana telah pula jelas saat malam Isra’ Mi’raj, saat mana para Nabi melakukan salat berjama’ah di belakang beliau (yang bertindak selaku Imam). Keunggulan beliau ini akan menjadi jelas nanti di Akhirat, saat seluruh Nabi akan berkumpul di bawah bendera beliau.

      Allaahumma salli afdalas salaati ‘ala habiibikal Mushtofa Sayyidina Muhammadin wa ‘ala aalihi wasahbihi wasallaam

      WASSALAMUALAIKUM…

  7. Trimk…bnyak ats pnjelasan nya Bro…q ada pertanyaan lg.n mint tlong pnjelasan nya???1.ad nya kamu,ada nya Dia.ada nya Dia di adamu..2.pandang satu lhat yg bnyak,pandang bnyak lht yg satu,3.apakh mksud dri ayat.LAISYA QAMASLIHI SAY’UN???Trimk Banyak…mudahan Allah SWT Meridhoi kita smua,Amiiin…

    • Wassalam Brothers….1.)Kalimat dlm Kitab Syech Abdul Qadir Al jaelani (Risalah Al-Ghautsiyah) ” Tiada yg nyata dariKU kecuali nyataKU kepada Manusia”
      2). AKU adalah (Al Wujud) Tunggal/satu diantara seribu wujud yg ada, AKU adalah Al Wujud (Maha Berwujud) Berada disemua wujud yg ada, AKU tidak bertempat tapi AKUlah yg menciptakan tempat 3.)Laisa kamitslihi syaiun (Tiada yang sebanding, serupa & semisal Dengan-KU). Trims…………..

      • assalamiaalaikum begitu indah jika jiwa dan hati yg berbicara dan begitu indah jika tasawwuf yg kta bincangkan,sekedar shering…..tuk menuju tuhan, pd saat azali abadi ROBBY dngan ktunggalanNYA menciptakan dua nur (nur robbi di alam la taayyun)dan lauh KUN (tempat pemyimpanan rahasia dua nur tersebut)dengan wahidatul af’alNYA,dri salah satu nur tersebut terpancar nur yg terang benderang yg setelahnya di beri nama nurulloh/sir(asal muasal insan) dan yg satunya lgi terpancar nur jga dan di beri nama nur muhammad(asal muasal mahluk alam semesta)sederhananya adlah asal muasalnya in materi dan materi SIRRIL HAYATIL WUJUDI WASSABABIL A’DHOMI LIKULLI MAUJUD(ilmu dan hayat) di mulai dri sinilah khidupan mahluknya d mulai,shingga robb menyatakan dirinya dngan nama ALLAH,dn nma ALLAH adlah ismuddzat(bkan ISMUZZAT) artinya dzat tuhan yg menciptakan sgala sesuatu yg blum pernah ada,ISMU ROBBY WUJUDUHU QOBLAL WUJUDIL ASYAK WA ISMULLOH WUJUDUHU BA’DAL WUJUDIL ASYAK…….maaf bersambung..

  8. mas bro, kmrn ada yg bilang sama aq kalo sudah melafalkan dzikir tersebut sudah tidak perlu melakukan shalat lagi, karena sebenarnya shalat itu adalah ketetapan yang tersurat, yang tersiratnya adalah untuk selalu berbuat baik. nah karena dia merasa sudah menyatu dengan Allah (berpegang kepada hadist seperti di atas) makanya dia ga mau melakukan shalat. gmn tu mas bro ya?mohon pencerahannya, trims

  9. kapan saatnya seseorang harus belajar ilmu tarikat hakikat dan ma’rifat apakah kalau sudah mantap dibawahnya atau secara bersamaan

  10. As.wr.wb smoga ALLOH slalu memberikan rahmat pada kita smua serta mengampuni dosa dosa kita Amin.terima kasih atas rahasia zikir rahasia yang telah dijabarkan.ijn mengamalkan wassalam

  11. Assalamu’alaikum. buat sdr2ku klu benar2 ingin ngamalkan ilmu sebaiknya ada gurunya yg waskita. apalagi ilmu bathin. dan menurut saya tdk ada ilmu yg paling tinggi kecuali ilmu SEKARAT PATI.kalau ada kata diatas langit ada langit itu menurut saya itu ilmu syareat / ilmu dhohir/ ilmu yg menyangkut urusan dunia. terima kasih. wassalamu’alaikum Wr.Wb

      • kalau memang ilmu yg paling baik adalah meneladani akhlak Rasulullah SAW & mengikuti syariat, kenapa kita mesti berdzikir yg Rasulullah tidak pernah lakukan (tidak ada hadits yg memapakarkan cara dzikir yg dijelaskan seperti di atas). mohon pencerahannya. wassalam

        • Wassalam sdr Wawank.
          Ini ad/zikir ahli2 tarekat (pendalaman spritual-kebatinan ISLAM) yg digali-dikaji dari ayat2 & ilmu2 Al’quran yg mengandung banyak faedah, karomah, & berkah. memang tdk terdapat dlm Al’quran-Al Hadist, tapi banyak terdapat di dlm kitab2 ahli sufi (kewalian), ahli tarekat, ahli makrifat.

          berarti kentara sdr belum pernah belajar (masuk) majelis tarekat. jadi kenalilah luasnya pemahaman ilmu agamanu sendiri.

          Terimakasih.

  12. ass, gimana asalamualaikum pembukaan dan kita tunjukukan sebelum dzikir la ilah haillah…..?
    dzikir seperti hu selain yg dimengerti apakah boleh tidak ada gurunya dan di izazah kan mas bro , saya sering dengar orang berdzikir hu hu hu saya rasa ini bkn dzikir orang biasa dan kasih mereka petunjuk sebelum mereka celaka, harus ada pengertianya dulu yg lebih rinci dan lebih dala baru mereka mengamalkanya.

    • HUWA (DIA ALLAH BERSAMAKU DIMANAPUN AKU BERADA). Ijasahnya SHOLAT, PUASA, SEDEKAH, & SILAHTURAHIM. serta Allah SWT sbg SaksiNYA.
      “Wa huwa maa’kum ainama kuntum wallahu bima ta’maluna Bashir”
      DIA Lah ALLAH, berada dimanapun kamu berada, & DIA maha menyaksikan segala tiap2 sesuatu. Q.s (AL-Hadid:4)

      • mas saya mau tanya disaat baginda rasulullah dilahirkan menurut penjelasan orang pintar yang pernah saya dengar.Beliau tidak menangis seperti bayi lain pada umumnya.Tapi ada kata yang diucapkan, yang orang bilang awal kata baginda Rasulullah.Tolong dijelaskan?

        • Maaf SAUDARA. sy tdk bisa menjawab pd BLOG web saya ini. karena BAHASA anda gunakan HAKIKAT. krn saya mencegah respon dari org syariat yg belum paham. akhirx perdebatan. Itulah maknax RASULULLAH hanya DIAM. maknai & pahamilah pertanyaan anda sendiri.

  13. assalam… disetiap tingkatan pasti ada batasnya, yang mau saya tanyakan gmna caranya supaya qt bisa tau kpan qt bisa naik tingkat dari dzikir syariat naik ke tarikat dan seterusnya… mohon penjelasannya yaa saudaraku..

  14. jauh tak ada antara dan dekat tak tersentuh. pak bos,,,, kenapa kalau kita bilang diri ini allah, maka kita kafir dan kenapa kalau kita bilang kita hamba allah kita kufur.

    • “Man Arafa nafsahu fakade arafa rambahu” Brgsiapa mngenali dirinya niscaya sudah pasti mengenali TuhanNYA.
      Allah bersifat Awwalu Wal Akhiru (Awal & Terakhir), Zhahir (nampak)dan Bathinu (Tak nampak). Kenalilah sesuatu apa yg ada pd lahir & batinmu.

  15. jauh tak ada antara dan dekat tak tersentuh, kata kata yang di utarakan oleh saudaraku diatas, sudah lama saya ingin tahu penerapannya, dan bagaiman cara kita untuk memahaminya.

  16. asslmualikm……
    mas sya mw bertnya, sya pernah dengar ALLAH SWT itu ingat kita jika kita ingat pula dengan NYA. yang menjadi pertanyaan saya bagaimana cara kita mengingat NYA baik dalam keadaan sholat, bekerja, berkegiatan yang lain maupun disaat kita tidur.
    mohon arahannya mas…….
    waslamualikm…………

    • Wassalam. Yakinilah dalam setiap ingatan bahwa ada ALLAH SWT bersamamu, yg menggerakkan Jantungmu & tubuhmu. “Wahuwa Ma’akum Ainama Kuntum Wallahu bima ta’maluna bashir” -Sesungguhnya DIA berada dimana saja kamu berada lagi MAHA menyaksikan ats segala sesuatu. (Q.s Al-Hadid:4). “Innahu alimun bizatish shudur” Sesungguhnya DIA MAHA mengetahui segala isi hati manusia. (Q.s. Al Mulk 13).

      ________________________________

    • Wassalam. Makna pencerahan Al Fatihah & pengenalan Ma’rifat pada diri bahwa al-fatihah terdiri dari 7 ayat : Lihatlah bagaimana Allah menciptakan 7 lapis langit & 7 lapis bumi & perhitungan 7 hari, Senin, selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu. semua ada maknanya pada alam.
      Untuk pengenalan secara Makrifat. Maaf, saya tak bisa jelasakan disini. saya akan bahas di KITAB HIJAU & KITAB Risalah Al-Ghautssiyah dr (Syech Abdul qadir Al Jaelani). dan itu ad/ Khusus bagi orang2 yang saya tahu jelas. Trims

      • Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh,
        hanya ingin tahu saja,akang ini alumni pesantren mana?apakah juga pernah menuntut ilmu di saudi arabia?

  17. assmualaikm…….. mas saya mau bertanya lagi ne……
    saya pernah mendengarkan seseorang berkata ” carilah engkau pahala sebanyak-banyaknya agar engkau mendapatkan surga (jangan mendapat kan neraka)”. dan yang satu lagi berkata “tujuan kita hidup adalah agar kita mendapatkan ridho ALLAH SWT”. yang menjadi pertnyaan saya adalah mana yang lebih penting kita mendapatkan surga(neraka) atau kita mendapatkan Ridho ALLAH SWT?

    • Jika anda diridhoi-NYA jelas anda pasti mendapatkan kebaikan-NYA & Rahmat-NYA selama anda hidup & setelah mati. Sesungguhnya Allah adalah AL HAQ (MAHA BENAR janji-NYA) dan selalu membimbing Hamba-NYA dijalan kebenaran utk menggapai kebaikan Dunia & di Akherat kelak (SURGA).

    • Ridho Allah lah bro…

      Bahkan Sang tokoh tasawuf terkenal ” Robi’ah Al-Adawiyah ” berkata dlm do’anya : Ya Allah, jika ada dosa yg engkau takdirkan padaku maka berikanlah pada orang kafir. jika ada pahala yg engkau takdirkan padaku berikanlah pada kaum muslimin. karena aq tidak mengharapkan neraka dan syurga-Mu. yg kuharapkan hanyalah Ridho-Mu.

      jika Allah Ridho, maka apapun yg engkau pinta dan pantas untukmu akan engkau dapatkan dari Allah.

      saya rasa begitu. mohon dibetulkan klu salah (hehehe). walluhu ‘allam bisshawab!

      • Wassalam. sdr Andi.

        Utk mencapai level Ridho-NYA, sgt susah mas, anda harus mau dgn niat bersungguh2 menjadi org beriman-berilmu-bertaqwa-berakhlak santun-bersilaturahim sm muslim, baru boleh dikategorikan org2 yg akan mendapat barokah-NYA, menjadi org2 tsb diatas tidak gampang Broo… tdk semudah membalikkan telapak tangan.
        Lebih baik anda mencari kebaikan hidayah sendiri kepada Allah dgn amalan2 baik, daripada anda selalu membanding-bandingkan seseorang, karena setiap Makhluk yg Allah swt ciptakan di muka bumi memiliki kebaikan hidayah masing2…
        Trim’s.

  18. BISMILLAHHIRROHMANNIRRHIM…

    Sorga atau neraka adalah reflexi ketika kita berada didunia..sorga yg didapt adalah reflxi dari pada RidhoNya..RidhoNYa adalah segala-galanya..cari lah RidhoNya dgn Zikir..dan kenalilah ALLOH dgn zikir tersebut hingga meresap dalam qolbu kau akan merasakan getaran kenikmatan yg tiada tara..ALLOH HUAKBAR..

  19. asslm mu’alikum wr wb. untuk mas bro dan mas ekaputra saya mengucapkan terima kasih, karena saya telah dibimbing. sekarang saya jadi paham untuk apa kita hidup.
    wasslam mu’alikm wr wb

    • SaudaraKu jika anda paham bahwa kehidupan sangat bermakna & berarti. Maka berbahagialah itulah suatu kesadaran keimanan anda yg terdalam kepada-NYA. “Sesungguhnya Langit & bumiku hanya kuwariskan kepada Hambaku yg bertaqwa saja” (Al-Anbiya : 105)

  20. assalamualaikum mas bro
    terima kasih banyak atas materinya….saya ingin menyakan mengapa pada saat saya mendalami zikir Laillahaillallah saya mendapati penomena yg luar biasa tetapi setelah beralih ke zikir Allah hu belum merasakan apa.apa .jadi apa yg salah……mohon penjelasan

    • BISMILLAHIRROHMANNIRROHIM..

      Segala puji bagi ALLOH seru sekaliah alam..kenali lah kemudian tasdiq kan dalam qolbu arti dan makna zikir tersebut setiap ada perpindahan zikir…sebagaimana engkau kenali lafaz Tahlil tersebut…Saudara ku hamba ALLOH semua perlu latihan..latihan adalah proses..proses adalah engkau sedang menghampiri ALLOH, jika engkau berlari maka ALLOH lebih cepat menghampiri mu,jika engkau berjalan maka ALLOH berlari menghampirimu dan jika engkau berniat(belum mengerjakan) maka ALLOH akan berjalan menghampirimu..WA BILTAUFIK WAL HIDAYAH WASSALAMUALAIKUM WBR……

        • Yap. Benar Brothers. Makanya saya bahas hanya garis besar (kulit) aja. belum arti makna sesungguhnya (isi). itu ad/ Ikrar janji kt kpd kaum awam. takkan mengatakan (membuka) sebelum ada KENYATAAN dari allah SWT. & saya membalas email anda sesuai pemahaman saya. serta tdk membahas kepada org siapa saja kecuali kpd org yg KHUSUS sy ketahui. Wassalam.

          • Assalamuallaikum wr wb.
            Blog ini sangat bagus pengunjung semuanya sangat sopan_sopan dengan pengelola bagus pengunjung jg bagus,ini yg saya nantikan kedamayan kerukunan. Menurut cerita waliallah yg tnggal ditatakan beliau setiap sholat jum’at dimekah, menurut cerita beliau meninggal saat mau dimandikan diperiksa jasadnya hilang cuma ada sisa air trliat sediki ditempat,semasa hidup beliau pernah ditanya oluh guru sekumpul dimekah saat guru sekumpul banjarmasin lg menuntut ilmu,apa amalan sehingga bs sholat jum’at dengan sekejab dr banjarmasin kemekah dengan sekejap,jwb beliau saya tdk punya amalan tetapi saya hanya menjaga nafas dan atas kekuasaan allah, menurut cerita beliau meninggal jasadnya pun hilang.saya curiga walialah yg bernama datu sanggul itu mengamal kal masuk nas hu keluar allah.. Ingin lebih jelas cerita beliau semasa hidupnya kitik saja datu sanggul tatakan.

          • Barokallah buat anda saudara Kasran. Memang itulah yg dibutuhkan terakhir dr org2 yg beriman…Kedamaian & Kesejahteraan pd akhir hayatnya. Logikanya “Dimanakah tempat org2 yg TENANG…?” & “Dimanakah tempat org2 yg TEGANG…?”..Anda sendirilah yg bisa menjawab & melakukannya. Trims

          • Ass.wr.wb
            Ada sedikit prtanyaan pa,
            1.saya suka membaca dr buku dan internet tentang ISLAM,yang saya pahami saya praktekkn. Tanpa guru,apakan guru saya setan pa?
            2.saya tidak bisa membaca tulisan arab pa,dan saya membaca Al Qur’an hanya terjemah bahasa Indonesia saja,apakh boleh pa/sesat?
            3.saya suka mengucilkan diri krn buta hurup/aksara arab. Adakh cara cepat agar bisa membaca arab? Krn umur saya sudah 27thn,he,he,he,,,
            Bismillah,rahmadNya berserta dalam diri kita sekalian. Wss.wr.wb

          • wassalam Sdr. 1. Bukan setan. tapi tergantung pd siapa anda belajar…Jika anda BERGURU pada IBLIS pasti muridx juga SETAN.
            2. Bisa. Anda bisa belajar pd guru2 ngaji dekat dari rmh anda.
            3. Bisa. “Semua Tergantung dari NIAT & USAHA”…
            Barokallah…semoga SUKSES Brothers…………..

          • istiqfar mas brow….
            Ilmu bkan untk ajang cari sensasi saja karna Ilmu pasti ada gurunya
            Ilmu yg barokah ilmu yg di ridho’i gurunya…

          • Wassalam sdr. Hamba Allah…… Dzikir ini sebenarnya belum sesuatu yg rahasia.. karena bisa dipahami oleh org2 yang yakin-beriman.. Yang Rahasia itu adalah Ilham-NYA, Ilmu-NYA, Sifat-NYA, Wujud-NYA, Zat-NYA,.. Dgn mengetahui dzikir ini saja masih panjang dalam perjalanan pemahaman anda, penyaksian anda, pengenalan diri yg anda butuhkan… Anggaplah dzikir ini sbg pengantar & dasar keyakinan saja dalam penyaksian & pengenalan anda kepada-NYA… jika dengan adanya dzikir ini anda benar2 org yg diridhoi-NYA, Maka anda akan merasakan sendiri khasiat & Faedahnya pd diri sendiri… Trim’s.
            Barokallah.

          • aslm,mlkm mas edwin sy sngat snang dngan adanya forum ini tntng pengenalan diri, CONTOH: SAYA BERBUAT KEJAHATAN –> artinya sy yg melihat dan melakukannya = kesaksian sy dan yg menyaksikan sy, dan akan kembali kepada innalillahi wa …. (berbuat baik/jahat akan kmbli kepda diri kita sndiri).. nantinya kita akan mengenal dan mengetahui siapa diri kita (nm yg sbnrnya) .mohon dikoreksi dan mohon dijelaskan.wslm.

          • Wassalam Tyo.

            Dasarnya ada pada ayat “WAHUWA MA”AKUM AINAMA KUNTUM WALLAHU BIMA TA”MALUNA BASHIR”
            Sesungguhnya ALLAH berada dimana saja kamu berada & DIA Maha Menyaksikan segala apa2 yg kamu kerjakan (Q.s. Al-Hadid:4).

          • Assalamualaikum.. mas edwin, sekiranya antum bisa mengirimkan alamat email antum atau antum bisa mengirim email terlebih dahulu ke bphungky@yahoo.com.
            Maaf karena saya baru belajar dan pertanyaan2 saya yg takutnya mengganggu atau menyimpang dlm blog ini.. terima kasih.. wassalamualaikum.

    • Wassalam Brothers Mursid. memang hakikatnya ALLAH SWT yg sangat berperan penuh pd Sakratul Maut, namun ALLAH SWT memiliki Pemerintahan yg Maha Solid & mempunyai banyak petugas perantara malaikat Muqarrabin & Malaikat Arsyi (Samaniyah) yg berjumlah Delapan & Malaikat Arham ( tempat Kelahiran & Kematian ) & malaikat Izra’il. sebelum sampai kepada-NYA langsung. itupun tergantung dari tingkatan Makam (derajat) anda disisi-NYA. Semuanya akan kembali kepaa-NYA dgn perlahan melalui penglihatan, pendengaran, pengecap rasa ( mulut) terakhir penciuman (hidung), ke-empat tersebut kembali terakhir setelah tubuh anda tak dapat bergerak sm sekali. & hanya tinggal 4 pintu tersebut. Namun jika anda seorang Hakikat & Makrifat kepada-NYA dengan makna Alif, Lam awal, Lam akhir, & HA. pasti anda tahu pintu trsbut dgn makna huruf BA (ba’bun), krn disanalah pintu awal kita Masuk sama halnya dengan keluarnya nanti. Maaf Saudara, sy tdk bisa menjelaskan dsini lebih panjang lg. Semoga pemahaman ini menjadi berkah & hidayah kita bersama dari Gusti ALLAH Subhanahu Wa Ta’Ala…… Amin.

  21. Assalamu’alaikum….. mas saya mau bertanya. dalam saya belajar saat ini saya dengar dari bapak (guru) saya dia berkata bahwa ada ilmu yang mempelajari tentang kematian, yang dia sebut ilmu sakaratill maut. yang mau saya tanyakan apakah benar ada ilmu tentang ini? dan jika memang benar ada mohon penjelasannya………

      • assalamu’alaikum ms edwin
        sy sgt brsyukur dg menemukan blog ms edwin.
        sy trmasuk orang awam yg masih dlm proses pencarian & ada teman pernah mengatakan ttg guru mursyid sejati,sy tanya dia dmana sy bs brtemu guru mursyid sejati untuk bs membimbing sy dia tdk jawab,sekiranya mohon ms edwin bs memberi bimbingan & petunjuk utk sy,secara naluri sy merasa dg brtanya k ms edwin bs menemukan apa yg sy cari
        mohon ma’af sbanyak2nya,dan semoga apa yg kita ucapkan & perbuat menjadikan kebenaran yg di ridhoi oleh ALLAH SWT.amin

        • Wassalam Saudara Tiara. MURSYID yg anda maksug ad/GURU. jd ada guru scara nyata (di Duniawi) & ada guru dr alam gaib (Tak Nampak). Pada dasarnya Dua2x sangat bermanfaat krn bisa membuka wawasan akal pikiran ( utk duniawi) kpd pengenalan-NYA & membuka NURANI HATI kpd SANG KHALIQ (Gaib-Tak Nampak) kpd kekuasaan-NYA.

        • Saudaraku TIARA. Mursyid atw GURU sejati yg anda cari sdh ada dari dulu dlm DIRI anda sendiri. kenapa sy memberikan jawaban demikian. krn sy ingin anda lebih percaya diri & Mengenal DIRI, Berakhlak & Berakal jernih. bahwa PETUNJUK ALLAH SWT selalu ADA. agar HAQQUL YAKIN anda di dalam HATI tdk mudah goyah biarpun badai melanda.
          Peganglah ayat al’quran ini sbg PEDOMAN anda.

          “WAHUWA MA’AKUM AINAMA KUNTUM WALLAHU BIMA TA’MALUNA BASHIR”.’DIA ALLAH berada dimana saja kamu berada & DIA maha menyaksikan atas sgala tiap2 sesuatu”.(Q.s.Al-hadid:4)

          “Innahu Alimun Bizatish Shudur” Sesungguhnya DIA ALLAH MAha mengetahui segala isi hati manusia (Q.s.Al-Mulk:13)

      • Ass om Edwin..semoga sll dalam lindunganNYA..Amin
        Tertarik dg tulisan om..sangat…dan mudah2an saya di beri kemudahan2 oleh Allah untuk berbuat..
        Saya ingin tanya tentang pengenalan diri dg segala ritualnya itu..bagai mana dg awalan Ilahadoroti para nabi,rasul,malaikat dll syaiunlillahilahumul alfatihah..om Edwin mohon di jelaskan makna kesemuanya ini..salamun..terimakasih

        • Wassalam Sdr. Dindi… Jika anda ingin berdzikir (tafakkur) kosongkanlah (fana) sejenak dulu dari pikiran2 urusan duniawi lalu dilanjutkan, pertama
          1). Ta’awudz minta perlindungan dari Allah dr godaan setan yg menyesatkan,
          “Audzu billahi minas syaithanir rajim” & “Audzu bikalimatillahi tammati min syarri ma khalaq”
          2). Syahadat,
          3). Shalawat,
          4). Al-Fatihah & juga hadiahkan surah Al-fatihah kpd kedua org tua anda, para nenek leluhur, & para wali2 Allah, 5). Surah Tri-Qul/Al-ikhlas, An-naas, al Falaq,
          6). Ayat Kursi.
          7). Duduk diantara sujud dgn Ketenangan.
          8) berzikirlah “laa ilaha illallah” karena zikir ini lebih berat dr bumi se-isinya.
          9) Yakinlah bahwa Allah yg langsung membimbing & memberikan petunjuk kpd sdr.

  22. ass. skrg saya br sadar bhwa ternyata dulu nenek saya ikut pengajian tarekat, tp sblm wafat blum smpt menurunknny sdg beberapa org yg pnya mata bathin saya yg mewarisinya. bgaimana sy bisa mendalami kharomah ini?

    • Ya. pelajarilah secara bertahap sesuai kemampuan pemahaman anda. Mulai Syariat, Tarekat, Hakikat, Makrifat, Musyahadah (penyaksian), Mukasyaf (terbuka Hijab Allah), Mahabbahtullah (Kecintaan kpd Allah SWT).

    • Laksanakan ISLAM (Ingin Selamat Lakukan Ajaran Muhammad) Sholat, Puasa, Dzikir, Sedekah & Silahturahim. Maknai yg tersurat & yg tersirat dari Al’Quran & Hadist. Insya Allah dengan begitu batinmu akan terikut & terbimbing sendiri dari ALLAH SWT.

    • Wasssalam sdr Yossi.
      Maka dari itu temukanlah WASILAH mu sendiri dari kakek buyut keturunanmu dgn memmperluas pemahaman2 islam (syariat-tarekat-hakikat-makrifat)
      dan dgn melaksanakan ibadah2 hanya khusus kepada ALLAHU SHAMAD (Dia Allah tempat bergantung harapan).

      Barokallah.

  23. ass. saya hanya org biasa yg tkadang juga lalai dlm mengingat ALlah, tp blakangan ini kerap sy berinteraksi goib sebatas merasakn. dan baru2 ini ada beberapa hamba ALlah yg mprediksikn saya mewarisi kharomah tarekat dr nenek sedangkn sbelumny saya belum pernah mempelajarinya. apa yg baeknya saya lakukan pak? mohon bimbingan

  24. Trm kasih ms ats penjelasanya,trs apa yg harus sy lakukan spy bs menemukan seorang mursyid sejati yg benar2 dpt membimbing sy,mohon bimbingannya mas

  25. Mas Bro, maaf ketidak tahuan saya
    yang saya tanyakan untuk dzikir tarikat lafaz nya La ilahaillah atau laa ilaha ill allah.
    mohon pencerahannya. wassalam

    • Semua DZikir punya arti & makna pada kalimatx. GUnakanlah LAA ILAHA ILLALLAH yg mudah dipahami bagi anda sendiri. Sesungguhx kalimat Ini lebih BERAT timbanganx dari dunia se-isinya.

  26. mengutip dari blog lain… proses bahwa perjalanan spiritual itu justeru tidak dimulai dari syari’at, tarekat, hakikat, hingga ma’rifat. Namun lihatlah perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW, teladan umat muslim justeru yang terjadi adalah kebalikannya:

    Perjalanan spiritual justeru dimulai dari MA’RIFAT, TAREKAT, HAKIKAT dan akhirnya sampai pada SYARIAT.

    MAKRIFAT adalah bertemu dan mencairnya kebenaran yang hakiki: yang disimbolkan saat Muhammad SAW bertemu Jibril, HAKIKAT saat dia mencoba untuk merenungkan berbagai perintah untuk IQRA, TAREKAT saat Muhammad SAW berjuang untuk menegakkan jalanNya dan SYARIAT adalah saat Muhammad SAW mendapat perintah untuk sholat saat Isra Mikraj yang merupakan puncak pendakian tertinggi yang harus dilaksanakan oleh umat muslim. Itulah sebabnya, SYARIAT SHOLAT ADALAH PUNCAK PENDAKIAN SPIRITUAL yang terkadang justeru dilalaikan oleh kaum sufi dan para ahli spiritual. Padahal, Nabi MUHAMMAD SAW memberi tuntunan tidak seperti itu. tanggapannya bagaimana

    • Ya sudah benar…awal dari kehidupan Manusia adalah Ma’rifat kpd Allah SWT.& sekarang tergantung niat anda mau memulai darimana…?? agar bisa memahami Makna & arti pd sifat Lahir dan Bathin anda sendiri.

    • Wahai Saudara. Syariat tanpa Makrifat adalah BUTA, Makrifat tanpa
      Syariat adalah PINCANG.

      Kedua-Duanya sangat dibutuhkan dan berperan sekali utk membentuk AINUL YAKIN &
      HAQQUL YAKIN, serta membentuk kepribadian jati diri yg berakhlak, Taqwa
      dan beriman.

      Banyaklah belajar Ilmu PENGENALAN DIRI sama org yg benar2 PAHAM,
      supaya anda tidak BUTA dgn makrifat & PINCANG dgn syariat.

    • Wahai Saudara. Syariat tanpa Makrifat adalah BUTA, Makrifat tanpa
      Syariat adalah PINCANG.

      Kedua-Duanya sangat dibutuhkan dan berperan sekali utk membentuk AINUL YAKIN &
      HAQQUL YAKIN, serta membentuk kepribadian jati diri yg berakhlak, Taqwa
      dan beriman.

      Banyaklah belajar Ilmu PENGENALAN DIRI sama org yg benar2 PAHAM,
      supaya anda tidak BUTA dgn makrifat & PINCANG dgn syariat.

      • Dari sekian kelebihan kita diantara makhluk hidup lain, salah satunya adalah kemampuan kita untuk merenung dan berpikir secara mendasar Sehingga kita menemukan sebuah pertanyaan yang akan menggiring kita untuk bersikap sabar dan bijaksana. yang dimaksud merenung dan berpikir secara mendasar disini ialah kita belajar mempertanyakan diri kita secara keseluruhan. Seluruh perbuatan, pencapaian, dan peran yang kita mainkan, akhirnya diperuntukkan kepada siapa ? Betapa tinggi nilai sebuah renungan.sehingga Rasulullah SAW bersabda, “merenung sesaat sama nilainya dengan ibadah setahun”.

        untuk mendapatkan satu kesimpulan yang menghasilkan sebuah kepastian dalam mengayun langkah kedepan yang jauh lebih sempurna dari sebelumnya yaitu cobalah kita merenung dan memikirkan tentang diri kita sendiri, inilah yang kita maksudkan dengan jalan untuk mengenal Allah (Ma’rifatullah). Sebagaimana perkataan Rasulullah SAW “kenalilah dirimu dengan bersungguh sungguh niscaya engkau akan mengenal tuhanmu”.Itulah yang harus kita lakukan dengan sisa usia kita didalam menjalani hidup didunia yang sementara dan penuh dengan kekotoran ini.

        Mengenal diri akan mendapatkan iffah (kesucian diri) dan zauq (getaran rasa) yang mendorong kita sebagai seorang manusia bertekad dan berjuang dengan segala apa yang telah diamanahkan kepada diri kita agar kita dapat meraih kesempurnaan dalam menjalani perjalanan akhir kalam.

        Dalam renungan itu berpikirlah TENTANG AWAL KEJADIAN, TENTANG DARI MANA DATANGNYA DIRI KITA INI, TENTANG BAGAIMANA ASAL KEJADIAN DIRI KITA INI, dan TENTANG SIAPA SEBENARNYA DIRI KITA INI. kata hati kita sangat sensitif lalu menggetarkan kekuatan akal yang pada akhirnya mata bathin kita dapat memandang segala kerahasiaan dan kegaiban ilmu Allah dan membimbing kita untuk senantiasa mengingat Sang Kekasih Rabbul alamin. Orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring. Mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata, “ Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia.” (Ali Imran : 191)

        kita memang sungguh menyadari bahwa sebagai makhluk, tidak mungkin menangkap dan memperoleh gambaran utuh mengenai Kun Hizat Allah. Bagi kita Kun Hizat Allah Itu tidak mampu untuk dihurufkan, disuarakan dan dikatakan. kita tidak mungkin menceritakan pandangan kita secara utuh, seakan seluruh perbendaharaan kata yang ada diseluruh alam semesta ini menjadi lumpuh.

        Walaupun milyaran untaian kata dan kalimat kita zahir lisankan, tetap saja tidak mewakili gambaran Allah yang sebenarnya. Mana mungkin Allah yang tidak terjangkau dan tidak setara dengan apapun dapat dijabarkan menurut akal pikiran kita yang terbatas. Allah itu Maha diatas maha sehingga bergelar Aza Wazalla karena Dia tiada banding tiada seumpama tiada barang sesuatupun yang menyerupai-Nya (laisya kamislihi Sai’un),Walaupun kita dapat memandang melalui pengalaman mata bathin. Kalau sang qalbu berkata dalam bentuk pernyataan,kita mengakui bahwa pernyataan itu hanyalah percikan dari sifat diri kita yang fana.

        Menyadari keterbatasan, kita serahkan diri kita kepada kelebihan dari Muhammad yang dijuluki pedang bermata dua, melalui Al–Qur’an dan Al–Hadist. Dengan panduan Ilmu Allah dan pedoman Safaat Rasulullah, kita merasakan kedamaian dan kefanaan diri kita serta itu adalah gambaran dari kemenangan diri kita karena lebur dan lenyap kedalam misi seorang pembawa rahmat bagi semesta sekalian alam.

        kaum ateis berpendapat bahwa sia-sia orang yang percaya kepada Tuhan, mendengar pendapat itu saya juga mencoba mengemukakan satu pendapat dan pendapat saya ini saya anggap cukup sederhana bahwa saya juga sependapat dan mengakui bahwa memang tidak ada Tuhan…….

        ADA ITU MUNCUL DARI TIADA
        APA MUNGKIN MENCARI SUMBER TIADA
        MENGAPA MENCARI UJUNG SEBUAH MANGKOK
        KENAPA MENCARI TITIK AWAL DAN AKHIR SEBUAH BOLA
        SESUNGGUHNYA TIADA APA – APA
        SEMUANYA ITU KOSONG DAN HAMPA ……….

        SOAL DZIKIR.
        SEMUA MAKHLUK MENJADI HIDUP KARENA DZIKIR
        DZIKIR ITU ADALAH PUJI, MUSTAHIL AKAN HIDUP TANPA DZIKIR
        OLEH KARENA ITU KITA ADALAH MAKHLUK YANG PALING MULIYA,
        DIKALA KITA BERDZIKIR, BUKAN TINGKATAN DZIKIR ATAU MACAM DZIKIRNYA YANG KITA TILIK. TETAPI KEBERSIHAN DAN KESUCIAN DIRI KITALAH YANG DIDAHULUKAN
        APAKAH SUDAH PANTAS KITA MELAPATKAN ASMA – ASMA YANG MAHA SUCI ITU SEMENTARA DIRI KITA BELUM TERBEBAS DARI SEGALA KEKOTORAN.
        BERSIHKAN DULU DIRI KITA YANG ZAHIR DAN SUCIKAN DIRI KITA YANG BATHIN BARULAH PANTAS KITA BERDZIKIR ATAU MEMUJI KEPADA SANG HALIK…..

        Semoga bermanfa’at, Amin

    • ingat saudaraku ketika nabi Muhammad menerima wahyu pertama di gua hiro’ adalah setelah nabi berulang-kali berdiam diri di situ. apakah yang dilakukan nabi setiap kali berdiam diri di gua itu, yang kemudian didatangi malaikat Jibril dengan wahyuNya. bukankah Muhammad ketika itu bertafakkur ………

  27. Assalamu ‘alaimu warahmatullah wabarakatuh,

    Tingkatan syariat, tarekat, hakikat dan makrifat itu adalah idiom-idiom yang biasa digunakan kalangan tasawwuf atau ahli tarekat. Apa yang mereka ajarakan itu sebagiannya ada yang benar, namun tidak ada jaminan semuanya benar.

    Sebab kalangan ahli taawwuf dan tarikat itu sendiri ada banyak ragamnya. Dari yang paling bersih hingga yang paling kotor. Paling bersih maksudnya adalah bersih dari beragam bentuk bid’ah dan syirik. Di mana semua yang diajarkannya selalu dilandaskan kepada riwayat dan sunnah-sunnah Rasulullah SAW dan masih konsekuen dengan hukum-hukum syariah.

    Namun tidak sedikit di antaranya yang justru sudah menginjak-injak syariah itu sendiri serta sulit menghindarkan diri dari khurafat, bid’ah dan fenomena syirik. Bahkan boleh dibilang sudah keluar dari syariah Islam yang telah ditetapkan oleh para ulama. Sehingga idiom syariah, tarekah, makrifat dan hakikat itu hanya sekedar pemanis di bibir. Namun pada hakikatnya tidak lain merupakan sebuah pengingkaran terhadap syariah serta merupakan penyimpangan dari manhaj salafus shalih.

    Kalau syariah diletakkan paling rendah, akan muncul kesan bahwa demi kepentingan tarekah, makrifat dan hakikat, syariah bisa dikesampingkan. Dan paham seperti ini berbahaya bahkan sesungguhnya merupakan bentuk pengingkaran terhadap agama Islam.

    Jangan sampai ada anggapan bahwa bila orang sudah mencapai derajat makrifat apalagi hakikat, lalu dia bebas boleh tidak shalat, tidak puasa atau melakukan hal-hal yang bertentangan dengan syariat itu sendiri. Kalau ajaran yang Anda tanyakan itu cenderung berpikiran seperti itu, ketahuliah anda telah salah dalam memilih ulama. Kalau makrifat dan hakikat boleh menyalahi syariah, maka ulama yang Anda sebut itu tidak lain adalah syetan yang datang merusak ajaran Islam.

    Sebab Rasulullah SAW tidak pernah mengajarkan makrifat dan hakikat, beliau hanya meninggalkan Al-Quran dan Sunnah sebagai pedoman dalam menjalankan syariah. Dan tidaklah seseorang bisa mencapai derajat makrifah dan hakikah, manakala dia meninggalkan syariah.

    Wallahu a’lam bishshawab,
    Wassalamu ‘alakum warahmatullahi wabarakatuh

    • Wahai Saudara CEbok yg Bersih.
      Memahami agama jgn stengah2 harus memaknai yg tersurat & Tersirat dari AL Quran & hadist. Seperti pd posisi lahir & batin pd diri anda.
      Hadist Qudsi : MAN ARAFA NAFSAHU FAKADE ARAFA RAMBAHU” brgsiapa mengenali dirinya niscaya sudah pasti mengenali tuhanNYA”. ini adalah posisi batin pd diri anda sendiri. jika anda tdk menerima berarti anda ingkar pd penciptaan-NYA Tuhan anda sendiri.
      Firman-NYA : “Inni wajahtu wajahiya” Hadapkanlah Wajahmu kpd-KU. Maksudnya anda melihat-menghadap batin anda sendiri, ini kt kenal dlm doa iftitah.

      “All insanu sirrihu, Wa Anallahu Sirrihu” Manusia ad/rahasia-Ku, & Aku pun Allah rahasia baginya.

      Batin kita sesuatu yang rahasia bagi diri kita sendiri, Makanya ada asma sifat ALLAH AL-Bathinu ( Maha Tersembunyi/Gaib). Jika saya jelaskan lebih detail, mulai akal pikiran anda, hati perasaan anda, nafsu keinginan anda, semua bersifat pinjaman Dari-NYA & rahasia bagi diri anda sendiri, sdr yg melakukan sdr merasakan, sdr sendiri yg akan dimintai pertanggung jawaban dari Allah semuanya & ketahuilah sdr akan kembali semua.nya kepada ALLAH SWT sang Pemilik segala Sesuatu sampai hayat dikandung badan.

      sedangkan Syariat adalah ISLAM (Ingin selamat lakukan ajaran muhammad) ialah sholat,puasa, sedekah, silahturahim. Sholat ad/bentuk pengakuan diri sbg Hamba-NYA.
      Kedua2.nya pemahaman mulai dari SYARIAT Sampai MAKRIFAT sangat diharuskan & dibutuhkan bagi kaum yg beriman. karena agar lebih memahami diri (Lahir) & menyadari diri sendiri (batin).

      jika anda menolak syariat berarti anda bukan sbg Hamba-NYA. jika anda menolak makrifat berarti anda menolak awal penciptaan anda sendiri. “Al Awaluddin ma’rifatullah”: Awal mengenal agama adalah mengenal ALLAH.

      Banyak org berbuat maksiat, dosa. karena kurang pengenalan MAKRIFAT.nya makanya dia sewenang2 dalam bertindak. jika di pahami ayat ini:
      “WAHUWA MA’AKUM AINAMA KUNTUM WALLAHU BIMA TA’MALUNA BASHIR’ ‘sesungguhnya DIA ALLAH berada dimana saja kamu berada & DIA maha menyaksikan atas segala sesuatu. (Al-Hadid:4).

      maka dia akan takut pada dirinya sendiri & merasa benar2 bahwa selalu ADA Allah bersamaku.

      Wassalam & Barokallah………….

    • Hai Saudara. Syariat tanpa Makrifat adalah BUTA, Makrifat tanpa
      Syariat adalah PINCANG.

      Kedua-Duanya sangat dibutuhkan dan berperan sekali utk membentuk
      HAQQUL YAKIN, & membentuk kepribadian jati diri yg berakhlak, Taqwa
      dan beriman.

      Banyaklah anda belajar Ilmu PENGENALAN DIRI sama org yg benar2 PAHAM,
      supaya anda tidak BUTA dgn makrifat & PINCANG dgn syariat.

      • Assalamu ‘alaimu warahmatullah wabarakatuh,
        minta tlg pencerahannya, apakah orang yg tingkatannya sdh ditingkatan ma’rifat klo sholat lebih mengutamakan sholat sedirian daripada sholat berjamaah ke mesjid alasannya sholat berjamaah itu hanya utk org2 syariat sj. padahal ma’rifat tanpa syariat adalah pincang.

        • Wassalam Sdr. Ressa.

          Kedua2nya Benar & kedua2nya Dibutuhkan. cuma terkadang bagi org2 makrifat lebih memilih sholat sunnah sendirian dalam PERTEMUAN dgn TUHAN-NYA ALLAH SWT, karena dirasa lebih mengasyikkan, dirasa lebih khusyuk, dirasa lebih dekat-tenang-bahagia krn gak ada yg mengganggu, dirasa lebih fana-hampa, sehinngga lebih cepat fokus-konsen & Mi’raj kepada-NYA… Karena Sholat.x org2 yg bermakrifat kpd-NYA lebih baik daripada org2 syariat perbandingan.nya dintara langit & Bumi.

          Trims.

      • Assalamualaikum..
        Sya sdg belajar tassawuf tp msh punya sdikit uneg2.. knpa Rasulullah tdak mngajarkn ilmu tarekat-hakikat-makrifat secara gamblang?? dimna qt berupaya mngenal Allah lbh dalam??
        Sya dgar ktika Sunan Giri mngajarkn ilmu makrifat, bliau hany memilih sbgian kcil muridnya saja, apakah artiny apabila kita org bysa beresiko utk bljr ilmu ini??
        Lalu knapa byk media yg dgn gamblang mngajarkn ilmu tarekat-hakikat-makrifat?? apakah tdk beresiko bgi qt yg blm pham syariat akan tersesat??

        • Wassalam sdr dedi…

          Maksud dari sunan giri adalah memilih muridnya yg benar2 berakhlak santun, tutur sapa yg mulia, nafsu/keinginan yg terkendali… maka dari itu hanya org2 tersebut yang bisa mendalami ilmu2 makrifatullah….

      • Satu lgi mas ktika sya berkutat dgn ilmu syariat itu ko gk ada hbisny ya?? Trz mxudnya gmn qt bsa mmperkuat ilmu syariat sbg pondasi ilmu tarekat n makrifat?? Sbrp jauh ilmu syariat yg mstiny hrs qt kuasai??
        Trima ksh bimbingannya..

        • Batasannya setelah anda melakoni-menerapkan syariat. karena Biarpun lautan dijadikan tinta untuk menulis ayat2 ilmu-NYA takkan habis Ilmu-NYA (Q.s Al-Kahfi:109). & Pohon dijadikan Pena untuk menulis Ilmu2-NYA takkan habis (Q.s. Lukman:27).

      • Mas sya punya prtnyaan sputar mursyid..
        Ad yg bilg org yg bs mjd mursyid qt adl org yg memiliki klbhn shg sec batin mngenal qt sec mndalam..bliau tau qt ntiny mjdi ap shg akn mnuntun qt.. wlopun dlm mnggiring qt ntiny ad printah2 yg mgkn trlihat Janggal..
        Bgaimna qt mnyikapi adany mursyid ini mas??
        Apakah stiap prmntaan yg trlihat xtrim dan tdk sjln dg syariat, brarti lgsg dtinggal sja??
        Lalu gmn dgn adab guru dan murid yg mnuntut qt utk patuh??
        Trz terang sya lgi cri seorg guru yg sukur2 jd mursyid sya, tp sya kwtr slah plih guru..
        Trimaksh jwbnny
        Mhon sarannya..

    • Tarekat di seluruh dunia berjumlah 313, Dan memiliki nama dari seorang pendirinya, mereka selalu mengingat Tuhan-Nya menurut cara mereka sendiri2, guna mencari ketenangan & kesenangan SUASANA HATINYA yg pas (Mood),

      Ada yg menari2 sperti syech Jalaludin rumi, ada yg naik diatas gunung, ada berzikir dipinggir & ditengah laut, ada diatas pohon rindang, ada dalam gua, ada yg bergoyang2, ada yg menggoyang2 kepala & tubuh saja, ada yg hanya menangis & tertawa saja….

      seperti contoh RASULULLAH dalam menemukan Kebenaran ALLAH, beliau sering bertafakkur (bertarekat) didalam gua Hira.

      Jadi kita tidak boleh menyalahkan Ahii2 Tarekat, Ahli Sufi, & Tasawuf itu sbg bi’dah & sesat, karena itu adalah kebenaran2 mereka dalam mencari Tuhan-Nya. kecuali ada sebagian mereka yg tidak berakhlak, santun, tata krama, dalam menjalankan amalan2nya, itu juga urusan mereka dgn ALLAH, karena mereka juga sudah mendapatkan ganjarannya (Menjadi Pahala atau dosa)

      Dan jika kita tetap masih larut dalam masalah TAREKAT, itu bisa merusak amalan2 kita sendiri karena sudah su”udzon kpd mereka2 (Zaman para sufi-tarekat)

      Jadi Yg menjadi INTI pada zaman skrg ini adalah “TAUHID” bagaimana berusaha memperbaiki diri sebaik2nya, beramal diri, & berwawasan agama luas, dalam mencari keyakinan TAUHID SEJATI (Meng-ESA’kan Allah dgn segala kekuasaan2-Nya) guna mencapai level hamba dgn KERIDHOAN-NYA.

      Salam Kemuliaan.

  28. Assalammualaikum wr.wb salam kenal Insya ALLAH menjadi barokah atas infonya.mau nanya yg lagi belajar seperti sy dalam bagaimana cara menjalan SAHADAT dalam sehari2 secara hakikat untuk menguatkan kenyakinan kepadaNYA

  29. Aslmkm….
    Mohon ijin ms edwin,
    Sebagai umat Islam kt semua tahu bahwa Rukun Islam itu ada 5, dan sbgmn Sholat jika rukunnya tdk sempurna maka sholatnya jg tdk akan sempurna (tdk syah). Yang ingin sy tanyakan adalah rukun islam yg pertama yaitu mengucapkan dua kalimah syahadat. Yang artinya adalah Saya BERSAKSI bahwa Tiada Tuhan selain ALLAH dan nabi Muhammad pesuruh ALLAH. Padahal sbg seorang saksi seseorg itu haruslah benar2 melihat langsung kejadiannya maupun orgnya, dan sedang berada ditempat kejadian. Nah, skrg sy tanya apakah benar kita sudah menjadi saksi? padahal kita belum pernah melihat atau bertemu ALLAH dan MUHAMMAD.
    Bagaimna menurut ms Edwin….Mohon maaf jika ada kata2 yg salah…
    wasalam…

    • Wassalam saudara Zulkifli. Bagaimana menurut Tuan tentang saya…? Orang berilmu belum tentu PAHAM, namun org PAHAM sudah pasti dia berilmu. & Org yg Tahu belum tentu MENGENAL tapi org MENGENAL sudah pasti dia mengetahui… saya hanya sbg hamba-NYA serta Sahabat seperjalanan anda. Barokallah

  30. Assalamualaikum saudara , saya ingin bertanya kan tentang zikir seru salam hakiki : ya hu haq muhammadan haq , ainur haq , ya hu iman dan abadan haq , ya hu haq , Hu Allah.

    Allah hu x 101 , Hi nur haq nu ah ,ainun nur haq , nur musta hu ra (tiada harus engkau memakan akan aku , akunan ainun bai nur haq , sohaiyun , sombitah hidup aku ) hu allah

    mohon penjelasan dari saudara.

  31. bro……saya ingin bertukar pendapat dengan mas bro…tentang pengenalan diri…
    karana saya rasa mas cukup mngenal diri …karna ini bersifat sangat rahasia saya ingin qt saling bertukar pndapat di email sya “daswanbluess@yahoo.co.id” .saya ingin mmbahas “hati” “nyawa” “rahasia”….
    mohon memberi masukan di email saya

  32. assalamu’alaikum saodara q ygdirahmati alloh,q ingin bertanya q pernah bermimpi bertmu rosululloh,padahal saya merasa orang yg banyak berlumur dosa.apakah karena ketika q sedih,senang,bimbang q membaca solawat nariah?mohon penjelasan’a apakah mimpi q benar ataukah hanya sebagai bunga tidur.

  33. Alhamduilillah… Allah telah memanggil hati para pembaca blog ini…
    Tapi saya sarankan kalau mau melangkah ke ilmu berikutnya,mohon jangan belajar sendiri karena kalau belajar sendiri gurunya adalah setan
    “Dan orang orang yang berjihad untuk jalan kami,benar benar akan kami tunjukan kepada mereka jalan jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar benar beserta orang orang yang berbuat baik” (Al ankabut :69)
    orang yang sudah terpanggil hatinya adalah orang orang yang sudah di pilih ALLAH.
    Untuk info kirim email saya ke m4175ur@gmail.com
    berapa pun banyak uang anda untuk membeli ilmu ini tidak akan dikasih karena ilmu ini hanya untuk orang yang bersungguh sungguh

    • Ya Saudara Mansur. Sudah BENAR. Pemahaman ilmu ini ad/ khusus org yg mau sungguh2 karena ALLAH SWT, PAHAM tentang islam, & memegang teguh Aqidah & Syahadat. Anda juga bisa membantu & memberikan saran utk sharing dgn saudara semuslim. Barokallah. Trims Brothers.

  34. Asslam… nama sya Asmar. bisakah sya bertemu langusng dengan bapak, sya ingin meminta penjelasan mengenai ilmu yang perna saya dapatkan yang singkron dengan apa yang telah bapak jelaskan.

  35. Ass.Wr.Wb, Saudara Edwin yg dirahmati Allah. Sya mau menanyakan bbrapa haL :
    1. Bnarkah untuk beLajar Ma’rifat hrus dgn seorang guru (jka tdak berguru mka gurunya adL setan) ?
    2. Apakah tdak masaLah dzikir yg saudara uraikan d’atas tanpa pembimbing Lngsung ?
    3. Apakah dgn tanya jawab d’bLog ini saudara Edwin sdah d’artikan sbg guru ?
    4. Bgmna tanggapan saudara tntang orang yg giLa (fisik) dLm mmpelajari tasawuf (sya prnah diLarang ortu mmpeLajari nya) ?
    5. Sya pernah d’ajarkan paman sya kata Haq, Nuk/Nuq, Lah, mohon penjeLasannya ?
    6. Apakah saudara Edwin berguru atau tidak mngenai pengetahuan saudara skarang ? jka berguru, dgn siapa ?
    7. Mohon maaf jka pertanyaan sya bnyak, krn sya baru PemuLa.

    Terima Kasih, Ass.Wr.Wb . . .

    • Wassalam Mba Novi.
      1. Ya. belajar makrifat tanpa guru bisa sesat jika sang guru tdk memahami PENGENALAN DIRINYA kpd Allah SWT.
      2.insya Allah saya bisa jd pembimbing anda.
      3.gak juga. saya hanya sbg HAMBA-NYA & SAHABAT SEPERJALANAN anda.
      4.Belajar Tasawuf harus memahami potensi yg ada pd lahiriah & Batiniah, Jasmani & Ruhani.
      terkadang banyak yg gila(error) krn mereka belajar agama setengah2 & memahami hanya kulitx aja bukan isi.
      5.AL-HAQ=KEBENARAN HAKIKI
      6.Ya. Saya pernah berguru kpd seorang MURSYID. & sekarang guru saya hanya ALLAH SWT & Rasulullah serta para sahabat & Waliyullah.
      7.Awal belajar agama adalah Niat ikhlas/tulus karena-NYA, Dari-NYA, & Untuk-NYA. Barokallah

  36. assalamualaikum… mas sy mau tanya zikir di atas bisa kita gunakan utk apa dan bgmn cara mnggunakannya, krn sya tlah mngamalkan zikir ALLAH, ALLAH dan sya mngalami fenomena2 yg trkadang membuat sya bingung skaligus takjub. mohon pnjlasannya mas. sukron….

    • Wassalam. Saudara Deny alam kegaiban ALLAH SWT takkan pernah habis oleh masa, waktu & ruang serta PENGENALANMU kepada-NYA selama hayat dikandung badan.IKUTILAH ISLAM (Ingin Selamat Lakukan Ajaran Muhammad) yg tidak diajarkan oleh RASULULLAH tinggalkan saja.

    • Wassalam Saudara Deny. Dzikir Diatas hanya untuk org2 yg Sadar-sesadarnya bahwa ADA kekuasaan Allah SWT pd lahir & batinnya. & Hanya untuk org yg benar2 YAKIN dan menjalankan amanah dgn sungguh-sungguh.

  37. Assalamu Alaikum wr wb..
    Mas Edwin, sy org awam ign brtanya, Ada kh prbedaan Dzikir Nafas Yg ketika Mnarik Nafas ” ALLAH ” dan ktika Mnghembuskan ” Huu “… apa bedax dgn Mnarik Nafas ” Huu ” dan Mnghembuskan ” ALLAH ” Mohon Pnjelasanx ???
    Dan boleh kah sy Mlakukan dzikir sprti yg tlah anda posting d atas walau tnpa guru pembimbing ??? mhn penjelasanx.. trimakasih bxk

    wassalam..

  38. Assalamu Alaikum wr wb..
    Mas Edwinx sy Mw Nanya, ada kh perbedaan Dzikir Nafas Yg ktika Mnarik Nafas ” ALLAH ” kmudian Mghembuskan dgn ” Huu ” … dan sbalikx ktika mnarik nafas Huuu dan mnghembuskan “Allah ” .. apa perbedaanx Mas mhn di jlskan
    dan bolehkan sy mlaksanakan dzikir nafas tnpa guru pembimbing ?? trimakasih

    wassalam

    • Wassalam. kedua2x BENAR,…tergantung NIAT anda kepadaNYA. karena DIA ALLAH berada pd posisi lahir & batin anda. Nampak nyata (kekuasaanNYA) & tiada nampak wujudNYA. anda bisa belajar tanpa guru pembimbing disamping anda selama keyakinan & aqidah syahadat anda tdk berubah. Smg Allah Azza wa Jalla senantiasa memberikan petunjuk-NYA. Barokallah.

  39. Ass wr wb kang edwin,sholawat serta salam pada junjungan kita baginda Nabiyulloh Muhammad SAW,mhn arahanya kang sy perna mimpi dikash amalan yg sy tdk mengerti Alif Lamalif apa ada arti n makna tersurat n tersiratnya dr bacaan tsb mhn pencerahan n arahannya trmksh banyak

  40. kalo sdh msuk tarekat dan sudah ada zikir sir hatiny sndiri yg sdh ditalqin tpi dpt ilham utk brzikir hu ah,yg mana yg diutamakan?tolong balas

  41. Ass wr wb.
    pak boss
    mhn bimbingan sholat syariat tarekat dst mhn doa dari pak boss spy sy mampu dan diberi kepahaman oleh Allah.
    mhn dapat dikirim lewat email sy.
    trimakasih pak boss
    wassalam

    • Wassalam Saudara BIG Boss, Bimbingan khususx SHOLAT ada bersifat Syariat & ada hakikat, Syariat adalah Lahir & Hakikat adalah batin.
      Temuilah saya jika ingin Sholatx org2 yg berhakikat. Hadist Rasulullah: “perbedaan diantara Umatku ialah pd waktu mereka SHOLAT, Sholatx diantara langit & bumi”. Dalam Kitab Risalah Al-ghautsiyah (Syech Abd. Qadir Jaelani) “Takkan sampai sholat seorang HAMBA sebelum hamba itu benar-benar Mi’Raj kepada-NYA”. BAROKALLAH

  42. ass wr wb
    Pak bos saya dipelosok kampung di sumut, silaturahmi saya bisanya hanya melalui media ini, salam untuk guru2 pak boss, mohon dapat disampaikan keinginan saya untuk mengenal mereka dgn jln semudah mudahnya.
    terima kasih pak boss
    wassalamu ‘alaikum wr wb

  43. Assalamu’alaiku… Salam saliiim sungkem Gus edwin yg di rahmati allah swt… Ijinkan saya bergabung tholabul ilmu di sini…
    Menyimak dri smua yg di bahas sangt menarik dn menambah pemahmn saya yg bner2 kosong ini…
    Gus edwin saya ijin bertanya… Mengenai zikir nafas trbut..
    Alhamdulillah saya sndiri memang menjalnkan zikir trsbut.. Klo dri Guru saya itu di sebut Sholawatut Daim.. Zikirnya nafas/rasa syukurnya nafas (sholatnya nafas)..
    Hu Allah la ilaha illallah.. Demikian…
    Yg ingin saya tanyakn.. Untuk bner2 bs nafas itu sndiri berzikir tanpa di kendalikn oleh akal.. Itu bgmn ya Gus..
    Dan jg mngenai Sholat.. Saya sndiri masih sangt awam dn banyk tdk tahunya mengenai Sholat…
    Yg saya pahami.. Di dalm sholat itu sndiri ada 5 syahadat rosul.. Yaitu siti khodijah,abu bakar,ustman,umar dn Ali r.a… (Untuk syahadat yg saya pahami ada 9 yg terbagi 2.. Syahdt tauhid dn syahadat rosul)
    Bagaimanakh kita untuk memahmi dgn bnr makna di dalm sholat itu sndiri..
    Yg mana di dalm sholat itu.. Dalam gerakan takbir… Ada tempatnya sohabt Abu bakar… Di dalm rukuk ad tempatnya sohabt ustman.. Dst…..

    Itu saja Gus edwin.. Smoga berkenan mmberikn penjelasn yg mudah saya pahami…. Jazakallah… ^_^

  44. assalamualaikum.wr.wb. Semoga ilmu yg bpk ajarkan bermanfaat bagi umat dan mendpt balsan dari Allah SWT… Mohon izin mengamalkan nya pak,
    terima kasih…

  45. Ass. Ustadz sy ingin sekali belajar Ilmu Zikir, tapi di tempat saya tidak ada guru pembimbing, saya takut salah jalan, ada orang bilang beljar zikir sendir, bisa beakibat fatal karena tidak ada yang membimbing, apa bisa kita berguru via dunia maya?

  46. Alhamdulillah ya ALLAH akhirnya aku temukan juga rahasia ini… terima kasih sahabat semoga ALLAH membalas kebaikan anda.. amin, selama ini aku berdzikir mengikuti hatiku jujur aku buta dengan tingkatan dzikir aku berdzikir hanya dengan niat ingin mendekatkan diri pada ALLAH dan berharap mendapat ridho kasih sayangNYA, selama ini aku mengikuti suara hatiku apa yg harus kuucapkan dalam berdzikir, ternyata semua tidak ada yang salah, kadang hati menyuruh zikir, ALLAH, kadang HU ALLAH sesuai keluar masuk nafas, kadang HU, yang belum hanya HU-WAH dan HU’WALLAHU AHAD, Tetapi kadang hati menyuruh berdzikir surat alihklas…., tapi sampai sejauh ini saya belum terbuka hijabnya, hanya suara hati saja, saya sangat berterima kasih apabila sahabat mau membantu saya.. terima kasih sebelumnya..

    • Wassalam Sdr. rudi.

      Semoga Allah senantiasa memberkati dzikir anda & memberikan hidayah petunjuk ilmu2-NYA kpd sdr melalui QALAM-NYA.

      “INNAHU ALIMUN BIZATISH SHUDUR” Sesungguhnya ALLAH maha mengetahui segala bunyi isi hati manusia”. (Q.s Al-Mulk:13)

  47. Ass…Mas Broo..,mas sy mau nanya tp sebelumx sy mau bercerita dlu tentang kejadian yg sy alami ketika sehabis sholat malam sy melakukan dzikir La ILLaha ILaLLah dan setelah (-+) dari 20 menitan saya mengalami fenomena aneh tiba2 pandangan sy sprti gelap dan sy seperti tdk bs menguasai diri sy lalu sy cepat2 melawan dgn cara berfikir yg lain agar bs terlepas dari rasa tak sadarkan diri saya sangat ketakutan sekali kira2 apa yg br saja saya alami saya mohon mas Edwin mau memberikan sedikit pencerahan kepada saya dan sy sngt berterima kasih

  48. Assalam. wr.wb.

    Akan sangat berbahaya tanpa didampingi oleh PAKAR DIBIDANGnya.

    mohon jangan di jelaskan “apa yang perlu dirasa”,
    akan lebih baik apabila di uraikan “kepada siapa” dipelajari menjalankan Ilmu Rasa ini.

    smoga bahan referensi yang DIPERTIMBANGKAN demi kebaikan.

    salam saya,

    Wassalam. wr.wb.

    • Wassalam Saudaraku Namora.
      Memang pemahaman dzikir ini khusus bagi org yg sungguh2 beriman & yg “MENGENAL DIRINYA” & mau “MENGENAL TUHAN-NYA ALLAH SWT”.
      bukan org yg stengah2 beriman & main2 dalam memahami,memaknai agama.
      pepatah saya: “Orang berilmu belum tentu paham, Namun org paham sdh pasti dia berilmu”. “Orang yg mengetahui belum tentu mengenal, tapi org yg mengenal sdh psti dia mengetahui”.
      “org yg merasa belum tentu bisa menjumpai” ” Namun org yg telah berjumpa sdh pasti dia merasakan”.

      Dan saya sama sperti anda sbg HAMBA disisi-NYA & sbg Sahabat seperjalanan anda.

      Trims & Barokallah.

    • Assalamualaikum….wr…wb.
      terima kasih wahai saudaraku yg telah mengingatkan dan memberi pencerahan semoga Allah selalu mem berikan rahmat dan hidayahx tuk kita smua…amin.

  49. askum. tolong komennya, saya dari remaja sering melafazkan (yaa allah) dalam hati pada tiap kesempatan, karena itu membuat perasaanku tenang. terus beberapa tahun setelah menikah, aku diajari mertua tentang zikir nafas, tarik nafas yaa allah, keluar huu. setelah beberapa minggu terasa betapa badan ini terdiri dari dua bagian, yaitu jasmani dan rohani yg berupa bayangan putih di dalam jasmani ini. bahkan waktu tidur pun terasa roh ini terus berzikir. terus ada suatu saat ketika tidur saya terputus zikirnya dan saya tidak bisa bernafas. setelah itu zikir nafas tersebut terasa berat bagi saya. dan selalu membuat saya sesak nafas. lalu seperti ada yang membimbing yaitu waktu narik nafas terucap (yaa allahu) dan kaluar (yaa rohmaan yaa rohiim). ternyata pas dng nafas saya, tapi sampai sekarang tidak lg terasa badan ini terdiri dari dua bagian, cuma satu. tolong dong komentarnya kalau ada nasehatnya please petunjuknya. wassalam.

  50. assalamu’alaikum…..
    syukur saya menemukan blok ini…
    mz saya adalah orang yg ahli zinah sebelum aku menikah yaALLAH aku tak menghiraukan walau itu bulan ramadhan atau sebagainya…
    setelah saya menikah Alhamdulillah saya tidak pernah melakukan lagi perbuatan zinah itu….
    skitar 2 bulan yg lalu mulai ingin mengenal saya sendiri &ALLAH. banyak yang mau saya lakkukan untuk menyelamatkan ruh saya ini dr alam kubur dsterusnya….
    yg mau saya tanyakan masih bisakah aku selamat dr siksa2 ALLAH & masih bisakah aku menjadi orank yg ahli syareat,tarekat,hakekat,& ma’rifat dengan begitu banyak dosa yg telah aku lakukan….
    mohon jawaban mas bisa membimbing aku menjadi orang yg benar… amin

    • Wassalam. “INNALAHA GHAFURUR RAHIM” Sesungguhnya ALLAH maha pengampun & maha penyayang” bagi Hamba2-NYA yg berniat sungguh2 bertobat & berada di jalan-NYA & kesemuax dilakukan Karena ALLAH, Dari ALLAH & Untuk ALLAH SWT “AL Muhyi-AL Mumitu”.. Maha Menghidupkan & Maha Mematikan

  51. Assalamu’alaikum.
    mas setau sy ini adlh rahasia trtinggi,sy mmgang teguh rahasia ini,tnp mbukany k org awam,bgmn mnurut mas klo smua rhasia jd trbuka bgini,tkutny mysatkan org. Bkan ilmuny yg salah,tp pmhamany org/org yg berbeda. Demi allah ilmu ini lbh brhrga dr sgunung emas,dgn inilah jlan kt tdk trsesat saat kmbli,”…walyatalathaf wa laa yush’iranna bikum ahad” insya allah pjlasny tdk mbgungkan sy lg.

    • Wa alaikum salam Sdr. Taufik.

      Memang ini adalah pemahaman tinggi dr “PENGENALAN DIRI”. mengapa saya mengajak sdr2 sekalian lebih mengenali dirinya..Karena biar lebih takut akan kekuasaan-NYA pd lahir & batin kita sendiri & lebih tau diri…sebab juga banyak dr sdr2 kita yg masih muda belia sdh terjebak oleh dunia hitam,narkoba,drugs,sex bebas & msh banyak dosa2 lagi, juga dari orang2 tua yg TELEDOR akhlakx, bersifat hewan, Korupsi merajalela, UANG & TAHTA dijadikan senjata pamungkas guna mengikuti hawa nafsunya, AGAMANYA ISLAM tapi TIDAK TAU TENTANG ISLAM SEJATI SEBENARNYA (HANYA ISLAM KTP) pepatahnya: MAKIN TUA MAKIN JADI AKHLAK KOTORNYA..
      Ketahuilah saudara ITU karena mereka semua tidak dibekali “PENGENALAN DIRI” Bahwa ada kekuasaan ALLAH SWT dlm dirinya sendiri, menggerakkan nafasnya
      NAIK-TURUN, Menggetarkan jantungx, memberikanx sumber2 energi, mengelola sari-sari makananx kemudian membuang ampasx……….
      jika manusia sadar-sesadarnya Maka manusia akan bertanya pd dirinya sendiri KEKUASAAN SIAPAKAH YG ADA PADA HARI INI…??
      maka dari itu dirinya sendiri harus benar2 bersih pikiran, murni & suci hati, dan dari keinginan yg terkendali dr segala bentuk2 dosa..
      memang pemahaman ILMU ini khusus bagi org sungguh2 beriman & PAHAM tentang agama islam. Namun juga bisa membuka kesadaran yg baik kepada ALLAH SWT bagi orang2 awam/biasa, apalagi pendosa2 bahwa NAFASNYA masih digengam oleh AL KHALIQ Sang Maha pencipta Kehidupan & Kematian sampai akhir hayatnya di dunia.

      Salah satu Ayat MAKRIFAT yg bisa membuka kesadaran utk org2 awam & pendosa.
      “WAHUWA MA AKUM AINAMA KUNTUM WALLAHU BIMA TA’MALUNA BASHIR”
      “Sesungguhnya DIA ALLAH berada dimana saja kamu berada & DIA maha menyaksikan apa2 yg kamu kerjakan”.(Q.s.Al-HADID:4)

      Trims Saudara ats komentarx INSYA ALLAH menjadi hidayah……….
      BAROKALLAH.

      • betul mas edwin sy jg tdk sembarang cerita ini hanya u kalangan yg mengerti aja soalnya pasti banyak yang pemahamannya yag berbeda bila kita jelaskan….tp klu dibuka sy dukung mas edwin lanjutkan dakwahnya…smg kita diberkahi dan mendapatkan ridhoNya aminn…..

  52. DIA ALLAH prencana trbaik,DIA ALLAH yg kebenaran bersumber dari pada_NYA,dan DIA ALLAH yg tak bisa trhalangi Hidayahny kpd siapa hendak diberikan. Insya allah dgn ta’lim ini,smkin mbuat kt sdar akn diri kita,btuh dgn yg hidup,atw yg dhdupkan. Barokallah.

  53. mas edwin ini ada yg saya tayakan mengenai ilmu tentang islam.
    Selama ini saya berguru ama guru saya kurang lebih 1 tahun…
    Yg mau saya tanyakan apa kah salah jika saya cuman ber pegang pada ilmu hakekat semata. Kata guru saya itu tidak salah asalkan sesuai jalan’nya.
    Pernah saya mau mengerjakan solat tapi hati nurani saya mengatan buat apa qm mengikut orang yg solat di musola itu sedangkan hati’nya busuk bahkan wajahnya seperti binatang, tpi saya tidak mengerti kta2 hati nurani saya apakah benar / salah. dan tidak lama setelah hati nurani saya berkata seperti ini saya berjalan ke musola untuk meyakinkan apakah benar atau tidak, dan ternyata memang benar semuanya. memang benar ada’nya sebagai mana kata hati nurani saya tadi.
    Lalu saya bertanya sama guru saya kenpa begitu, lalu guru saya mengatakan nah itulah yg sebenarnya ilmu bukan ilmu sare’at, tarekat, hakekat, ma’rifat, kena semua ilmu dari sare’at sampai ma’rifat itu adalah perjalanan mencapai hakekat sebenar’nya yaitu ( hakekat pakir ) yg artinya tidak di miliki dan tidak memilaki. Sehingga hilanglah semuanya tentang pengetahuan ilmu yg saya ketahui tentang tuhan. bahkan dunia dan akherat pun hilang kerna semuanya kembali ke asalnya ke dalam kata2 aku, tiada berhuruf, tiada berkata2 lagi ini lah yg sebenar tuhan.
    Saya mau bertanya benarkah atau tidak ilmu yg saya pelajari dari guru saya. Yaitu habib ahmad al-husen klo di panggi di alam gaib yaitu bergelar ya habibullah.

    • Wassalam sdr. Aris… pemahaman itu sudah benar. & Janganlah sibuk menelaah komentar orang2 lain tapi sibuklah bagaimana memperbaiki diri dulu dengan Akhlak & Imu Islam, lalu kemudian terapkan kepada org lain.
      Barokallah…

  54. mas edwin ini ada yg saya tayakan mengenai ilmu tentang islam.
    Selama ini saya berguru ama guru saya kurang lebih 1 tahun…
    Yg mau saya tanyakan apa kah salah jika saya cuman ber pegang pada ilmu hakekat semata. Kata guru saya itu tidak salah asalkan sesuai jalan’nya.
    Pernah saya mau mengerjakan solat tapi hati nurani saya mengatan buat apa qm mengikut orang yg solat di musola itu sedangkan hati’nya busuk bahkan wajahnya seperti binatang, tpi saya tidak mengerti kta2 hati nurani saya apakah benar / salah. dan tidak lama setelah hati nurani saya berkata seperti ini saya berjalan ke musola untuk meyakinkan apakah benar atau tidak, dan ternyata memang benar semuanya. memang benar ada’nya sebagai mana kata hati nurani saya tadi.
    Lalu saya bertanya sama guru saya kenpa begitu, lalu guru saya mengatakan nah itulah yg sebenarnya ilmu bukan ilmu sare’at, tarekat, hakekat, ma’rifat, kena semua ilmu dari sare’at sampai ma’rifat itu adalah perjalanan mencapai hakekat sebenar’nya yaitu ( hakekat pakir ) yg artinya tidak di miliki dan tidak memilaki. Sehingga hilanglah semuanya tentang pengetahuan ilmu yg saya ketahui tentang tuhan. bahkan dunia dan akherat pun hilang kerna semuanya kembali ke asalnya ke dalam kata2 aku, tiada berhuruf, tiada berkata2 lagi ini lah yg sebenar tuhan.
    Saya mau bertanya benarkah atau tidak ilmu yg saya pelajari dari guru saya. Yaitu habib ahmad al-husen klo di panggi di alam gaib yaitu bergelar ya habibullah…

  55. Alhamdulillah. Masih ada hamba Allah,yg selalu menyebarkan. Keagungan,kebesaran NYA. Di alam semesta ini, ijin tanya, kekita kekuatan zikir. HU , HA. Menyatu dgn diri”AKU”. Apa yg terasa terhadap panca indra kita ketika kita melihat sesuatu, mendengar, merasakan,penciuman dll? Bgm kekuatan zikir itu,ketika di pakai mengobati penyakit medis dan non medis? Thanks pak atas infox. Semoga Allah SWT selalu membimbing kita semua. Wassalam

  56. Assalamualaikum Kiyai Edwin, salam ukhuwah….

    Alhamdullilah Allah beri rezeki utk saya ketemu & membaca blog ini; SubhanAllah,…Allah Maha Mendengar Segala permintaan hamba-hambaNYA- saya sangat tertarik dengan pencerahan yang ki nyatakan…semoga ada ruang & waktu untuk kak yun bertanya lagi….doakan bersama agar perjalanan hidup kita semua diredhoiNYA wassalam kalau boleh nak email Ki Edwin…

  57. Assalamu’alaikum….. saya masih belum memahami tentang Dzikir ” Hu ” dan ” Ah’, mohon diberitahu lebih rinci lagi serta sumbernya terutama sekali tentang Dzikir ” Ah ” itu. Adakah dijelaskan fdalam Al Qur’an ??? sekian dan terimakasih atas penjelasannya.

  58. ass.wr.wb
    mw nnya ni mas..
    1. ada berapakah nama Allah itu..?
    2. Allah itu maha mengetahui, kuasa dan maha segala galanya.. jadi untuk apa Allah menciptakan hamba2nya seperti manusia ..?
    3. apa perbedaan yang lebih mendalam antara haqqul yakin dengan kamalul yakin itu?
    terima kasih.

    • Wassalam.
      1). ada 99 asma Allah, Namun hanya ada satu Nama-Nya dialah Al-Ahad (Allah Maha Tunggal-satu)
      2. Allah Untuk Dikenal & disembah secara Lahir & dalam batinmu
      3). Haqqul Yakin=kebenaran keyakinan ada didalam Qalbu (hati), & Kamalul Yakin=kesempurnaan keyakinan ada setelah engkau telah Melihat-NYA pd lahir (nyata) & batinmu (gaib)

  59. Asslamu alaikum salam kenal..ada yg mau saya tanyakan..dua kalimah syahadat itu adalah ikatan atau perjanjian antara nabi muhammad dengan allah..sedangkan kita harus punya sahadat sendiri dengan allh..mohon penjelasan

      • assalamualikum wr.wb…

        ijinkan saya yg bahlul ini memberikan sedikit saran kepada saudaraku Arman..
        sdr ku…… syarat utama untuk menjadi seorang muslim adalah syahadat. sebagaimana yg kita ketahui dalam ajaran islam bahwa syahadat yg benar adalah sebagaimana yang diajarkan baginda Rasulullah Muhamad Saw.

        Dan sebaiknya apabila anda ingin membuat syahadat sendiri saya sarankan sebaiknya anda jangan lagi mengaku sebagai orang yang beragama Islam/muslim tetapi dirikanlah agama baru. Karena syahadat ” Asyhadu allah illaha illallah wa asyhadu ana muhamadarulallah ” adalam Rukun Islam Yang Paling Utama. ( Syarat Mutlak Seorang Muslim )

        Sejarah aliran tasawuf islam memang pernah diwarnai oleh tokoh yang mencetuskan syahadat yang digubahnya sendiri namun perlu kita ingat dalam al quran disebutkan bahwa :

        Surah al ikhlash :
        1).Qul huwa allaahu ahad
        ‘ Katakanlah : Dia-lah Allah, Yang Maha Esa ‘
        2).allaahu shamad
        Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu
        3).lam yalid walam yuulad
        Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakan
        4).walam yakun lahu kufuwan ahad
        Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia

        ” Maa kaana muhammadun abaa ahadin min rijaalikum walakin rasuulallahi wakhaatamannabii-yiina wakaanallahu bikulli syai-in ‘aliiman ” QS AL AHZAB 40
        ( Bukanlah Muhammad itu bapak salah seorang laki-laki di antara kamu tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup Nabi-nabi dan allah maha mengetahui segala sesuatu” QS AL AHZAB 40 )

        Mari kita ulas bebarapa tokoh yg menggubah syadat ataupun makna syahadat dengan versinya sendiri :

        Mansyur al halaj mengubah lafadz dzikir Subhanallah ( Maha Suci Allah ) dengan versinya menjadi Subhanni yang berarti ( Maha suci AKU ) dan ia juga menyatakan bahwa dirinya adalah kebenaran sejati dengan menyatakan Ana Al Haq ( AKU-lah Kebenaran hakiki ), Syeikh Siti Jenar mengubah lafadz syahadat dari Laaila hailallah ( Tiada Tuhan Selain allah ) menjadi Laila Hailla ana ( Tiada tuhan selain AKU ). Pernyataan yang di ungkapkan oleh Mansyur al halaj dan syeikh siti jenar tersebut mereka nyatakan setelah mencapai maqom dan mengalami fana. Dengan pernyataan tersebut telah sangat jelas bahwa kedua tokof tasawuf yang berbeda Zaman tersebut mengingkari syahadat yang jelas-jelas diturunkan melalui wahyu allah yang dibawa oleh malaikat jibril dalam ayat ayat al quran yang diterima oleh utusanya Nabi Muhammad Saw.

        Dalam perjalanan mencari diri yang sejati, salik yang bersungguh-sungguh senantiasa akan menemui bahwa sesungguhnya dirinya itu tidaklah ada dan yang ada hanya allah dimanapun ia berada dan kemanapun ia melihat dan bahkan ketika ia melihat ke dalam dirinya sendiripun ia tidak akan berhasil menemukan dirinya dan yang ia dapati hanya allah yg ada. Dalam keadaan ini salik akan merasakan sensasi nikmat yang tidak bisa digambarkan dengan kata2 namun dalam kesaksian dan rasa yg seperti ini seringkali seorang salik menjadi beranggapan bahwa ia telah melebur dan bersatu dengan Dzat allah. Anggapan yang seperti itulah yang harus kita waspadai karena anggapan seperti itu sesungguhnya hanya merupakan kejahilan terhadap diri kita sendiri karena telah ditegaskan dalam ayat al quran bahwa tiada apapun yang setara ataupun menyamai allah baik dilangit atapun bumi dan allah tidak memerlukan sekutu. Allah aza wa jaalla ( Maha diatas Maha ).

        Jika dianalogikan keadaan pada saat salik mencapai maqom ibarat warna larut dalam air dan hakikat sejatinya warna dan air ialah dua hal yang berbeda dan mustahil bersatu secara mutlak. Dan pada saat warna direnggut dari air yang, tinggal hanyalah wujud air karena warna adalah sifat bukanlah wujud. Begitulah keadaan pada saat sifat pinjaman yang melekat pada ruh telah direnggut oleh sang khalik maka yang tertinggal adalah ruh yang merupakan dzat ciptaan tanpa makna.

        Dalam Hikayat nur Muhamad telah dijelaskan bahwa ia telah menjadi nabi sebelum adam diciptakan karena ia telah diciptakan sebelum alam semesta ini ada, lalu dari nur muhamad alam semesta ini diciptakan. Dan perlu kita pahami bahwa Muhamad menjadi rasul allah bukanlah melalui ikatan atau perjajian seperti yang saudara ARMAN nyatakan, akan tetapi sebagai mahluk ciptaan allah muhamad menjadi utusan allah/rosulallah atas ketetapan allah yg mutlak. Dan telah ditegaskan dalam ketetapan wahyu alllah Qs. Al Ahzab 40 bahwa Muhamad adalah penutup Nabi-nabi.

        Jadi menurut saya adalah suatu kejahilan apabila seorang manusia menganggap bahwa ia telah bersatu dengan dzat penciptanya secara mutlak dan menyatakan bahwa dirinya adalah illahi atau Al Haq dengan membuat sayahadat sendiri. Begitu juga dengan orang orang yang mengubah syahadat dengan menyatakan dirinya adalah Nabi allah setelah Muhamad Saw.

        Menurut saya Allah mengizinkan manusia merasakan betapa dahsyatnya perasaan pada saat mencapai ia maqom dan menyaksikan allah sehingga manusia itu sadar bahwa dirinya bukalah apa-apa dan tidak memiliki apapun termasuk segala yang ada pada manusia bukanlah miliknya dengan meniadakan AKUnya manusia itu adalah agar seorang manusia sebagai ciptaanya/hambanya semakin tebal keimananya dan semakin taat dalam menjalankan segala perintah serta menjauhi laranganya.

        Karena apabila seorang salik telah mencapai maqom dan menyaksikan allah maka akan timbul persaan takjub,cinta ( mahabah ) terhadap sang maha cinta yang mendorong keinginan seorang salik untuk dapat terus bersama dengan cintanya. Karena keindahan rasa atas penyaksian diri terhadap Al haq tidak dapat diungkapkan atau dilukiskan. Maka umpama seorang laki-laki yg dimabuk cinta selalu ingin berada dekat dengan seorang wanita pujaanya karena sebegitu dahsyatnya rasa yang timbul setelah laki-laki tersebut menyaksikan dan merasakan wanita itu. Namun seorang wanita pasti mempunyai syarat yang harus dipenuhi oleh laki-laki tersebut agar ia dapat terus bersama dengan wanita yang ia cintai. Begitulah keinginan seorang salik yang telah berhasil mencapai maqom dan menyaksikan allah ia ingin selalu berada disisi allah dan menyaksikan allah dan allah telah menegaskan bahwa hamba yang dapat bersamanya adalah hamba yang sholeh yaitu hamba menaati segala perintahnya dan menjauhi laranganya.

        Maka dari itu hendaklah kita memperkuat iman dan ibadah kita apabila suatu saat ( Insyallah ) kita berhasil mencapai maqom dan menyaksikan allah karena dengan begitu kita dapat terus menyaksikan allah dan bersamanya. dan sebaik-baiknya ibadah adalah ibadah yang seimbang antara diri lahir dan diri bathin ( Syariat dan Hakikat ).

        LALU……….!!!!!!

        Tidak Mungkin seorang salik dapat terus berada pada maqomnya dan dapat selalu menyaksikan allah apabila ia merubah syahadatnya, sedangkan ” Asyhadu allah ilaha ilallah wa asyhadu ana muhamadurasulallah ” adalah dasar dari ibadah syariat dan hakikat … Subhanallah…

        Astagfirullahuladzimi..
        Itulah sedikit dari saya yg bahlul ini…
        kepada saudaraku sekalian saya minta maaf apabila ada kesalahan dan kepada allah saya mohon ampun dan semua kesalahan adalah kehilapan saya semata karena sesungguhnya saya juga masih belajar dan selalu belajar, maka dari itu tolong koreksi saya apabila saya lalai dan khilaf. sedangkan semua kebaikan datangnya dari allah… Semoga kita semua senantiasa dalam keberkahanya… Amiin.

  60. Alhmdulillah indahnya jdi org yg dikaruniai u/ jdi org ma’rifatulloh pgn tny btw di mana dapat rujukan ttg hny jumlah 111 dan 11 itu yg mnjdi pilihanNYA dan gmn pndpt antum bila kita sholat dan zikir dg memutar audio pembuka hijab?syukron

  61. Assalamualikum wr.wb
    Alhamdulillah, ustadz terima kasih banyak atas ilmu yg diberikan, setelah saya membaca ini,
    saya pernah mengikuti ini, tapi sekarang saya tidak bersama mursyid lagi, karena ada yg tidak sesuai dengan syariat……walaupun katanya adalah transfer ilmu, mohon tanggapannya ustadz, apakah saya salah……
    terima kasih banyak

  62. Asr. Kalau boleh saya tau anda belajar dimana untuk menjelaskan tentang hakikat itu ? Usia anda berapa ? apakah anda sudah merasakan tentang apa yang sudah anda sampaikan ? apakah anda sudah mengenal Allah ? kalau anda sudah mengenal Allah berarti anda tau dengan rahasia Allah …

    • Wassalam Sdr. Org yg mengenal belum tentu mengetahui & org yg sudah mengetahui sudah pasti dia mengenal.
      “Man Arafa Nafsahu Fakade Arafa Rabbahu: Brgsiapa mengenal dirinya, niscaya sdh pasti mengenal Tuhan-NYA.
      “Al Insanu Sirruhu Wa ANALLAHU sirruhu : ” Sesunggunya Manusia adalah Rahasia-KU, AKU pun ALLAH Rahasia Bagi-NYA.

      Saya hanya sbg Hamba-NYA & sbg sahabat seperjalanan anda.

      Pahamilah anda sendiri.

    • Wassalam sdr. Nasar… Kenalilah diri anda dulu lalu mengungkapkan pertanyaan itu kepada org lain.
      karena jangan sampai orang yang anda tanyakan lebih mengenal dari anda.
      Makna,nya : (Mengkilatkan dulu berlian anda lalu mengkilatkan berlian saudara2mu).
      Trim’s…

  63. Ass.wr.wb
    Artikel yang sangat menarik sekali…saya kadang masih merasa cemas dan tegang ..saya mohon didoakan agar bisa pasrah..untuk mengenal diri saya sendiri..mudah-mudahan bisa bertemu..

  64. Ass mas bro. Saya mau tau ada zikir ini dan bertambah lagi deh wawasan. Karna selama ini yang saya dawamkan cuma zikir ismu zat kata guru sy ini zikir yang paling baik tidaak ada lagi yang lain. Tapi skrg dia adah almarhum saya mau tanya siapa. Apakah perlu zikir dia tas Lagi. kalau kita sudah merasaka /menyaksikan dia allah dengan nya allah. Tolong kaasih saran

  65. Assmlkm bro,
    yg sya tahu,syareat,tarekat,hakekat,mariifat,itu hanyalah pengenalan,bukan ilmu.yg d maksud dgn ilmu,kata rasulullah.ilmu itu cahaya..,dan rahasia cahaya itu ada di alquran surat AnNur,prumpaan sprti miskat,minyaknya tdk ada d timur dan barat.tnpa d sentuh dia menyalah,dan setrusnya….

    • Wassalam sdr. Jol..
      pemahaman yg saya uraikan hanya sebagai penjabaran ilmu pendalaman tarekat.. belum masuk ke hakikat, karena hakikat ilmu adalah pemahaman ilham-NYA yg dicahayakan langsung dari Allah swt di langit & bumi.. maka dengan Ilmu itu saudara bisa Menyaksikan kekuasaan-NYA di langit-bumi, & Mengenali diri anda sendiri.. & ketahuilah semua ilmu pemahaman untuk menjadi sumber keyakinan & hanya sebagai dasar untuk menyembah saja kepada-NYA, apalah arti banyak ilmu tapi tidak ada satupun yang diridhoi-NYA, Maka carilah Ilmu pemahaman yg terbaik bagi anda & bisa diridhoi langsung oleh Allah Swt…
      Barokallah.

  66. bismillah,,,
    ass.. mas bro…

    saya mau bertanya tentang dzikir. saat ini saya juga melakukan dzikir alloh… saya sulit sekali untuk konsentrasi… adakah cara untuk bisa cepat konsentrasi mas bro… mohon bantuannya thanks mas bro…

  67. assalamu’alaikum wr wb, alhamdulillah aku ktemu blog ini,, izin mengamalknnya y pak ustadz…minta do’anya jg,,biar bs kenal dgn sbenar bnarnya kenal.. ass kum

  68. assalamulikum bro….saya mau bertanya
    setelah AKU mengetahui siapa sebenarnya-benarnya Allah baik dalam zatnya maupun sifatnya dan kesuluruhan alam ini juga milik AKU, dan tpi aku belum bertemu dengan ujudNya yg Hak dan nama dalam kerahasian…
    mohon tuntunannya?? terima kasih

  69. Ass.
    Sejauh ini ,semua yg anda publikasikan memang benar adax,tpi z pesankan hal ini adalah rhasia,.yg khusus bwt org2 mukmin yg betul2 khusus. Wahai,saudara seperjalananku..mempublikasikan secra terang2n d blog ini..sam halx anda memperjual belikan rahasia ALLAH.SWT.,ats dasar ingin dkenal org melalui hal seperti..ini!
    Saudaraku fikrkan..z yakin anda tau benar dan salah.! Wss.

    • Wassalam sdr. Muhammad… Dzikir ini sebenarnya belum sesuatu yg rahasia.. karena bisa dipahami oleh org2 yang yakin-beriman.. Yang Rahasia itu adalah Ilham-NYA, Ilmu-NYA, Sifat-NYA, Wujud-NYA, Zat-NYA,.. Dgn mengetahui dzikir ini saja masih panjang dalam perjalanan pemahamana anda, penyaksian anda, pengenalan diri yg anda butuhkan… Anggaplah dzikir ini sbg dasar keyakinan saja dalam penyaksian & pengenalan anda kepada-NYA… jika dengan adanya dzikir ini anda benar2 org yg diridhoi-NYA, Maka anda akan merasakan sendiri khasiat & Faedahnya pd diri sendiri… Trim’s.
      Barokallah.

  70. assalamualaykum…sy membaca dn menyimak jawaban2 bpk edwin. tp kegelisahan sy blm trjawab. sepertix ada sst yg tdk dijabarkn di sini mungkin krn ada pertimbangn bukan ut publik. itu yg sy cari…dimana bs sy dptkan jabaran itu? seseorg yg sdh “terbuka” hijabx, diberi kemampuan ut “melihat”. Mhn bpk edwin…bolehkah lwt email?…tks

  71. ajarkanlah dzikir ini hanya pada orang yang sudah di talkin dan dibai’at saja krna klo tdak bisa d sesatkan syaithan,,,
    bimbinglah dg yg sanad dan silsilahnya sampai k Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam…

  72. ass.takkan d trima sembahyang seseorang jika trputus putus.dan tdk akn mengenal dirix seseorg jika tak mengenal sembahyang (batin) mf bro.zsaya hamba tuhan paling bodoh.minta tolong sama kita.penjelsan…ap ad penelangan ludah antara junnu dan satinja jika ad sampai d mn…atw sama sewaktu mw sembahyang penelangan ludahx (.batin)..salam knal dr anto bugis sengkang..tinggi kt px paham

    • Wassalam Sdr. Andhy… Ya. Ada sampai di pusat/perut & dgn niat penguncian 5 pada diri, pengendalian 3 pd diri, menenangkan 1 pd diri, Total 9 lubang pada diri…
      Karena Pemahaman anda sdh masuk di tarekat-hakikat sy gak bisa bahas disini.. Trim’s

  73. Assalamu alaikum Mas
    terima kasih atas semua penjelasan di web ini, dan bisakah sekiranya saya copy untuk selalu saya baca agar lebih memahami ?

    terima kasih

  74. ass ww…alhamdulilah begitu byk pencerahannya broter..semoga jadi jiwa yg tenang lagi dridoi ALLAH YANG MAHA KUASA…..amiiiin..makasih broter…

  75. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Mas Edwin sy mw tanya Apakah ritual Tarekat, Hakikat, Ma’rifat cukup dg dzikir itu saja atau ada lagi amalan-2 seperti syariat (syahadat, sholat, puasa, zakat, dsb)

  76. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh… Allahumma sholli ala muhammad…….
    Al habibi muhammad al habibi ya rosulullah………
    Salaam saliiim menunduk saudaraku… Izin tholabul di mari..
    Saudarku mas edwin.. Izinkan hamba sdikit memohon pencerahan serta tunjuk ajar…… Makna tersirat dari surah al maidah ayat 51
    Serta tersirat dri doa……… »….Fitnati massihi dajjal…
    Yg biasa di baca sebelum Salam…
    ……………….. ^_^
    Karena saat ini sudah smakin banyak dn menyebar di seluruhnya sbuah penyakit yg sulit di terima akal logika tp memang sperti itulah adanya… Krna penyakit ini menyerang aqidah(tauhid) khususnya muslim yg di serang… Diantara tandanya (dia sllu kadang sering lupa dalam Rokaat sholat, sering kentut kecil ketika selesai wudhu/hendak sholat, perut sering kembung sperti magh, leher belakang kaku dll.. Dari riset kami.. Sdh banyak yg kena dn dalm tingkat lumayan parah.. Krna menggerogoti korban…
    Penyakit yg di timbulkan pun dampaknya ke medis namun sulit di obati dengan medis…
    ………
    Insyaallah dengan pemahamn mas edwin mengenai pengenalan ini.. Akan sangat bermanfaat dalm memberantasnya…
    ……….
    Satu lgi.. Apakah mas edwin mengetahu tentang Ilmu Al thayy (ilmu baginda Nabi) yg di tutup oleh kalangan mereka… Bila mas edwin tahu.. Boleh hamba di beri ajar sdikit…

      • Assalamu alaikum Mas, sebelum saya bertanya ada yang ingin saya sampaikan bahwa ada beberapa kelompok berkata bahwa al-Quran itu ada di belakang al-Quran. Tentu saja ketika mendengar pernyataan ini, kita akan jawab bhwa hal itu tdk benar. Oleh krn itu lewt kajian tarekat ini saya bertanya, apa maksud pernyataan itu. berdasar pada apa ucapan tersebut. adakah dlm quran dan hadis?

    • Tafakkur yg baik ad/ Fana (Hampa) sejenak dari pikiran2 & urusan2 duniawi. Memikirkan-menelaah tentang kejadian2 yg ada pd alam semesta.. Insya Allah Hati anda akan menjadi tentram & tenang.

  77. “Barokallah semua sdr2 yg ada dalam room ini…Semoga semua ilmu2 pehamaman yg dibahas disini Insya Allah semua diberkati-NYA”……Salam Santun. Brothers.

  78. dngn nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang
    assalamu’laikum…
    smoga saya mendapat petunjuk dari Allah…
    saya hanya ingin brtany kpd abang, stiap kali saya brdzikir, seakan akan saya dilihat oleh sesuatu, smkin saya mneruskan brzikir , trasa mereka smakin dekat, krena tkut akan hal itu, saya sring kali brhenti ktika sudah lama duduk untuk brdzikir, knp hal itu bisa terjadi?
    mohon bimbingan ny bang,

    salam kenal.

    • Wassalam Sdr.ibrahim.

      Biasa.x dalam posisi ini dinamakan kefanaan-kehampaan pd zikir. timbul rasa ketakutan pd diri seketika. terasa dalam diri kesunyian alam, atau merasa sendiri dalam alam semesta, atau merasa luas… inilah yg dinamakan tingkatan zikir fana, anda akan merasa bahwa kt hanya sendiri sbg hamba-NYA gak ada apa2.x dibandingkan Sang pencipta Alam semesta Jagad Raya.

      Namun jika terjadi keaadan itu janganlah takut tapi berdoalah, itulah saat paling bagus utk berdoa mengakui semua perbuatan dosa2 kepada ALLAH SWT. biasanya setelah itu anda akan menangis tersedu2, terharu, & bahagia, karena diperlihatkan kejadian2 ruang alam gaib (sperti mimpi)yg menakjubkan.

      Barokallah.

    • Wassalam. neng Adi & Anita…..Hehehe.

      Mengapa anda ingin mengetahui secara jelas.x, sbenar.x banyak doa yg bisa diucapkan & itu hanya utk kebaikan utk generasi2 keturunan kita.
      Sbelumnya mohon Maaf.sdr… pembahasan itu diluar tema ini.

      Trims.

  79. sy sangat syukur dan bersyukur skali atas tambahan ilmu dari mas edwin,,,,,
    tp,zblm itu sy ingi bertanya berkaitan ttg penjelasan pembahasan mas ttg nafas dan lafas..ada jg yg prnah sy dapati lafads “YACAH & ALLAH”,di amalkan dgn nafas juga,,,,,,,, apakah btl dlm ilmu lafas trsebut ada dalam,,,SYARIAT,TAREKAT,HAKIKAT DAN MA’RIFAT,,????????

    mhon di jlzkan kak,trima kasih

  80. Mohon izin brother untuk mempelajari dan amal zikir ini….semoga brother selalu mendapat rahmat ALLAH……Aaammiiiiinnnnn………..

  81. alhmdllh,sy bs ktmu blog bang edwin, mohon ijin untuk mengamalkanya dan semoga bang edwin selalu mendapatkan ridho dari ALLOH SWT

  82. Assalamualaikum Saudara Edwin,
    Mohon pencerahan dan penerangan tentang ibadah SOLAT dari sudut Hakikat & Makrifat…..bagaimana cara atau kaedah Solat Sebenar sehingga kita sampai ke tahap Mikraj? mohon penjelasan melalui email saya- zaitonhl@ymail.com

    Sebelum ini saya pernah hantar email dgn saudara- Doakan bersama semoga Allah meredhai perjalanan hidup kita semua dan saudara Edwin mendapat limpahan rahmatNYA dalam berdakwah Aamin..

    • Wassalam Sdr. Maaf sebelumnya Sdr. Kak Yun….
      Jawaban.nya sdr harus menemui saya, lalu saya tunjukkan & berikan pemahaman Makrifat.NYA bersama sdr2 sahabat seperjalanan saya.

      Barokallah..

  83. ass.alaikum,saya manusia yang bingun tidak banyak tau tentang ilmu agama (khususnya ilmu tasauf) untuk itu bagi saudaraku yang mengerti tentang agama islam dan khususnya ilmu tasauf,mohon diberi pelajaran dan pehaman yang baik,dari muhammad Mappadeceng atas bantuanya terima kasih semoga tuhan memberi amal yang melimpah amin amin

  84. Assalamualakim wr. wb. salam santun mas edwin, trimakasih mas edwin blog nya insyaallah bermanfaat untuk saya krn saya jg sdh merasakannya setelah di ajarkan oleh kl bisa dibilang guru, yaitu berdzikir didalam hati dengan lafash Allah… tetapi sbelumnya terlebih dahulu dgn melakukan bersuci dgn niat didalam hati jg (mksd saya sehabis buang air kecil dan besar jg harus diniatkan tuk bersuci) baru kemudian slepas sholat fardu membaca Allah didalam hati tanpa ada gerakan sedikitpun ditenggorokan, yg ingin saya tanyakan mas edwin apakah saya perlu menambahkan kalimat “hu” seperti penjelasan mas edwin di atas untuk melanjutkan kl bisa dibilang begitu, mohon pencerahannya.
    trims mas edwin smoga kita smua msh dalam penjagaannya. aamiin.

  85. Ass,terima kasih ya akhi tlah brsdia membuka forum yg sngat brmanfaat bgi sbagian yg brfkir. Smga alloh memblas smua kebaikanmu…
    Ada satu prtanyaan dlam hati yg mengganjal,, menurut ilmu tauhid secra hakikat alam smesta dan makluk itu gk ada. Dgn cahanya smua ad. Secra logika makhluk adalah ciptaan dan all0h swt.adalah pncipta.. Bgaimana memp0sisikan ini dlam diri.
    Scra hakikat qta gk ada ,yg ada hnya dzat pncipta..
    Tp bkankah qta makhluk yg diciptakan hnya untuk beribdah kpdanya. Tp scra hkikat qta gk ad. Qta meminta kepadanya rezeky,dan smua kbtuhan,sdangkan mnurut saya ap yg hrus dipinta sdangkan smua yg ada dialam smesta miliknya termasuk qta yg meminta.. Dan islam ditrunkan hnya untuk orang2 yg brfkir .. Bgaimana smua pnafsiran diatas ditrapkan dlam diri,jiwa,rasa. Yg smuanya itupun qta gk punya. Tl0ng penjelasanya akhi. M ksih. Barokallohu.

    • Wassalam sdr. Tito… Jawabannya Maknailah kalimat LAA ILAHA ILLALLAH. (Tiada Tuhan Selain Allah).
      Maknanya tiada yang ada, tiada yg wujud, tiada yang disembah selain Allah saja yang Maha Kekal Abadi.
      & anda adalah sebagai Hamba-NYA, generasi penerus Umat Baginda Nabi Muhammad SAW.

    • Wassalam sdr. Tito.

      Yang diminta kpd Allah SWT adalah keridhoan-NYA… kenalilah Allah swt dengan af’al Allah, sifatullah, wujudullah, Nurullah & zatullah.
      kenalilah Pada diri adalah Tubuh, hati (qalbu), nyawa, & rahasia………Barokallah

  86. wahai hamba allah, sesungguhnya takala seseorang itu baru mengenal tulisan, maka orang itu akan terhijab kepada tulisan tersebut, tetapi takala jika seseorang tersebut telah mengenal sang empunya tulisan tersebut maka tulisan tersebut tiada berarti.

    fb. muhammad ikhsan riansyah

    • Wahai sdr….Apalah arti sebuah nama & tulisan jika tidak diyakini-dimaknai-dihayati-dirasakan faedah & manfaatnya.
      Nama & tulisan adalah sebagai pengantar anda untuk menjadi sumber keyakinan & lebih mengenal-NYA.

  87. Assalamu’alaikum mas bro,,
    saya curhat sdikit boleh yaa,, dlu saya sma sx buta agama,, tp stelah saya bertemu guru saya Alhamdulillah saya mengerti sdikit dn mmpelajari sdikit tntang syariat islam,,
    dzikiran.a sma dgn yg mas tulis d.blog ini..
    tp saya jatuh lagi ke lubang yang sama.. dan saya malu dengan guru saya karna saya tak pernah denger nasehatnya..

    yang jd pertanyaan saya : 1) Apa saya bisa kembali bertaubat untuk yg k.3x nya kepada Allah stelah saya terjatuh dengan hawa nafsu ?? 2) apa bisa saya kembali berdzikir ?? krna stiap kali saya trima undangan berdzikir saya merasa tak pantas di sekeliling orang” yang bersih.. 3) ujian hidup saya sangatlah berat,, dan saya sering melihat penampakan lapadz ALLAH di langit..
    mohon jawaban dan penjelasan nya..
    trima kasih… wasalam…

    • Memang benar, dalam pengenalan dirinya kpd Allah, tapi salah karena gak mau mengikuti syariat…
      pepatah : “Syariat tanpa makrifat adalah buta”–“makrifat tanpa syariat adalah pincang”
      “Kulit tanpa isi tak berarti sama sekali” sebaliknya “isi tanpa kulit cepat rusak & kotor”……..

  88. ASSALAMULAIKUM WR. WB. MENJALANINYA TAHAP DZIKIR DIATAS BUTUH PEMBIMBING GURU YANG AHLI (ROBBITOH) AGAR DIBERIKAN KEMUDAHAN 4 MARTABAT KEMATIAN, WASALAM

  89. Ass Om edwin salam kenal dari santos papua….alhamdulilah stlh baca tulisan om tentang dzikir dan luar biasa sekali…dan skg ini mohon pembinaan dzikr kebetulan saya dan 2 teman sering melakukan dzikir. dengan bacaan sperti tulisan diatas dan baiknya lakukan pada waktu malam apa siang om. terima kasih sebelumnya semoga om edwin diberikan kesehatan dri Allah SWT.

  90. assalamu alaikum bro,selama in ad yg menjanggal di pikiran saya,karna ad teman yg melarang saya sholat klu belum mengenal allah,karna katanya sholatmu itu tdk ad gunanya,itu sama halx masuk kerja di kntor tanpa diketahui oleh pimpinan at bos besar,ap seperti itu bro?
    2.dan katanya sebelum sholat ad hal yang dilakukan yaitu menyembah,seperti apakah yg menyembah sebenarnya?dan katanya juga kalau kita menyembah kepada allah dalam sehari itu sama halnya kalau kita melaksanakan sholat selama 70 tahun.
    3.dan terakhir teman pernah tanya ke saya yang mana kah al’quran yg sebenarnya?sy angkat al’quran lalu sy blng in,katanya salah,sbnarnya yg mana bro?
    karna sy ingin mencari sumber mata airnya bro bkan aliran airnya.

    • Wa alaikum salam Sdr. Jumhar….Sumber mata airnya ada didalam dirimu sendiri…Maka dari itu kenalilah dirimu sendiri, niscaya pasti kamu mengenali Tuhanmu.
      Artinya : Untuk Allah Kenalilah Af’Al ALLAH, Asma-NYA, Sifat-NYA, Wujud-NYA, Rahasia2-NYA.
      Untuk Diri sendiri Kenalilah tentang Tubuh, Hati, Nyawa, & Rahasia2-NYA pada lahir & dalam bathin.

  91. Syukron penjelasanya..sedikit berbagi pengalaman sy pernah diajarin dzikir Allah..Allah..dilakukan dlm ruangan gelap dan tanpa bergerak (mati rasa) disitu sy dpt pengalaman gaib..yg ga bisa dilupakan seumur hidup terasa ada yg keluar dari atas kepala saya dan hati terus tampa berhenti berdzikir Allah Allah dan pas liat ke dada ini bersinar terang..itu sy atas petunjuk guru

  92. ass…saudara boleh sy bertemu langsung.alhamdulillah sy tinggal daeah makassar juga.banyak hal yg ingin sy tanytakan mengenai yg mengenal dirinya yg mngenal tuhannya..boleh saudara

  93. assalamualaikum,,, mau nanya mas, untuk mencari ilmu harus ada gurunya.. bagaimana gru seperti apa yang harus kita cari mas?

  94. bismillahirohmanirohim
    assalmualaikum mas bro edwin salam kenal, alhamdulilah blog ini sebagai wadah untuk mencari ilmu yang bermanfaat. allah swt akan menuntun hambanya jika seorang hamba benar-benar inigin mendekatkan diri padanya dengan lantaran apa saja, termasuk salah satunya blog ini, pemahaman untuk mengenal diri dan adanya allah swt yang esa memang tidak lah mudah seperti membalik telapak tangan. memang benar apa yang rekan-rekan di atas katakan jika kita ingin mendatangi allah swt maka allah lebih ingin mendatangi kita, jika kita mau mencari kebenaran yg hakiki allah swt pasti memberikan jalan. saya mau share jika dizinkan, selain dzikir nafas, juga ada dzikir hati, dimana dzikir hati ini sebagi pondasi untuk belajar yang lebih jauh lagi, dimana kita pahatkan dan ukir lafadz ALIF LAM LAM HA pada hati kita agar senantiasa dimana pun berada hati ini terus berdzikir menyebut namanya yang suci. berikut yg saya petik dari hadits qudsi : ( ketika hamba Ku mengingat Ku didalam dirinya maka Aku mengingat hamba Ku didalam diri Ku, ketika hamba Ku mengingat Ku di tempat yang ramai, Aku mengingat hamba Ku dihadapan para malaikatul muqorrobin”. “wa in taqarraba ilayya bi syibrin taqarrabtu ilaihi dzira’aa” (ketika hamba Ku mendekat pada Ku satu jengkal, Aku dekat padanya satu hasta), “wa in taqarraba ilayya dziraa’an taqarrabtu ilaihi baa’aa” (jika hamba Ku mendekat pada Ku satu hasta, Aku mendekat padanya satu depa), “wa in ataani yamsyii ataytuhu harwalah” (jika ia datang dengan melangkah, Aku datang dengan bergegas, kata Allah). subhanallah, semoga rekan-rekan yang baca blog ini dan yang punya blog ini mendapat rahmat dan hidayahnya, salah satu pahala yang tidak pernah putus selama ilmu itu bermanfaat

    wasalammualaikum wr wb,

    • Wa Alaikum Salam sdr. Joko…. Dzikir=Ingatan, sama juga halnya ingatan dikala memandang, ingatan dikala mendengar, ingatan dikala berpikir, ingatan dikala merasakan sesuatu, ingatan dikala berkeinginan, ingatan dikala bahagia, ingatan dikala berduka,..Sdr. mengingat tentang kebesaran-NYA, kekuasaan-NYA yg menggerakkan di alam semesta secara NYATA & GAIB dan juga gerakan pada dirimu sendiri,… Dzikir yg sdr. maksudkan ad/zikir pada semua aspek gerakan kehidupan anda…Bahwa semua adanya karena Allah, dari Allah, & Untuk Allah….
      Maka Maknailah Hakikat ayat ini “KEMANAPUN ENGKAU HADAPKAN WAJAHMU (MANUSIA) DISITULAH ADA WAJAH ALLAH”. (Q.s. Al-baqarah:115).

    • Sebenarnya Maha Guru anda adalah Allah Swt yg Maha GAIB & Maha Nyata… jika anda kurang yakin & paham tentang diri anda, Sdr bisa mencari ulama2, kiyai terdekat di daerah anda, yg benar2 bisa mengenali sejati dirinya & Tuhan-NYA Allah Swt.

  95. Assalamualaikum,wr,wb…
    luar biasa, tulisan saudara mengingatkan sy kepada guru sy tercinta,
    Almarhum KH. Hasan tahir.
    menurut saudara bagaimana mendakwakan ilmu ini sodara!!
    makasih.
    wassalam,.,.,.,

    • Wassalam Sdr…
      Ketahuilah semua penjabaran ilmu hakikat-makrifat sebagai sumber bertambahnya KEYAKINAN SEJATI dalam diri saja karena Allah, dari Allah & untuk Allah Semata…
      ILAHI ANTA MAKSUDY WA RIDHAKA MATHLUBY… Hanya kpd Allah Maksud tujuanku & keridhoaan-NYA lah yang kucari.
      “apalah arti banyaknya pemahaman ilmu jika tidak ada satupun yg diyakini”…….

    • Wassalam Sdr…
      Ketahuilah semua penjabaran ilmu hakikat-makrifat sebagai sumber bertambahnya KEYAKINAN SEJATI dalam diri saja karena Allah, dari Allah & untuk Allah Semata…
      ILAHI ANTA MAKSUDY WA RIDHAKA MATHLUBY… Hanya kpd Allah Maksud tujuanku & keridhoaan-NYA lah yang kucari.
      “apalah arti banyaknya pemahaman ilmu jika tidak ada satupun yg diyakini” maka dari itu carilah guru pembimbingmu menurut keyakinanmu sendiri yg dapat memahami lahir & batin.mu sendiri.
      Barokallah.

  96. assalamualaikum
    bacalah al fatihah dalam hati 70X sehari sesudah sholat, jika terasa berat,
    bisa di bagi kedalam 5 waktu sholat, menjadi 14X setiap sesudah sholat,
    saudara Edwin Engelen, walaikumsalam,,,,,,,,,,,,,,

  97. jika di nyalakan seperti lampu yang menyinari ruang yang gelap gulita, tapi bagai mana bisa lampu itu hidup&bercahaya tanpa di aliri energi listrik, lebih-lebih lagi tak tahu di mana letak tombolnya saklarnya, di tambah kita takut dan ragu menyalakannya,

  98. Assalamualaikum mas Bro..
    setelah baca artikel mas bro, saya langsung mengamalkannya, alhamdulillah ada ketenangan dalam hati mas bro..
    pertanyaan sya : pada saat saya melakukan sholat dzuhur dan membaca Surat Alfatihah ada bisikan dalam hati yang menyatakan bahwa bacaan surat Alfatihah saya salah..sebenarnya apa sih bacaan surat Alfatihah yg bener mas Bro..
    Thanks atas penjelasannya..

    Rajab – BALI

    • Wassalam sdr. Rajab…
      Bacaan Al fatihah anda sdh benar, tapi anda sendiri belum memahami makna hakiki dr Al fatihah sendiri pd waktu sholat… karena disitu ada percakapan khusus (pengakuan 7 rahasia langit & bumi) antara sang Hamba dgn Sang Khaliq Allah Swt… Pelajarilah arti-makna surah al-fatihah secara teliti.
      Barokallah.

      • Assalamu’alaikum..wr.wb….Allah jadikan seraba empat,,syariat,tarikat,hakikat dan ma’rifat,,menjadi satuu dalam khalawat,,rasanya enak tiada tersurat…
        Nur muhammad bermula nyata,,asal jadinya alam semesta,,ibarat api dengan panasnya,,itulah muhammad dengan Tuhannya…wassalam

  99. ASSaLAMUaLAIKUM ADMIN???
    dari sekian penjabaran admin tentang marifatullah, semua kembali ke siapa AKU sebenarnya, distulah akan mengerti siapa qt, seberapa dekat aku dengan Beliau, dimanakah tempat Beliau didalam tubuh qt, dan dimana letak Muhammad dalam tubuh qt, dan jika sudah mengerti itu semua maka dijamin qt tidak akan menyakiti semua ciptaan Beliau dalam bentuk/wujud apapun, “saya menyakiti ciptaan sama saja saya menayaliti diri saya dan tidak menghargai Beliau”, jika sudah paham baik buruk tidak ada lagi semua kembali padaNya, setan dan neraka takut padaKu dan malaikat tunduk, surga akan merindukanKU>>>>maaf hanya berbagi ilmu

    • Wassalam Sdr. Jordan

      Ketahuilah pembelajaran islam lebih mendalam, karena dalam islam ada 2 kategori pemahaman Tauhid ialah :
      1). pada sifat Lahiriah ialah Syariat yg harus dijalankan dengan sungguh2 & istiqomah terus-menerus sampai akhir hayat, karena arti syariat sendiri ad/ menjalankan segala perintah.Nya dan menjauhi segala larangan.Nya.

      2). Pada sifat Batiniyah (dalam batin atau Hati) ini khusus bagi org2 yg sudah mendalami islam dengan Ainul Yakin dan Haqqul Yakin & secara mendalam seperti Tarekat= Jalan spritual-kebatinan kepada Allah Yang Maha Bathin (Al-Bathinu) atau (Al-Gaibi) Maha Gaib-Tersembunyi, terus kemudian dilanjutkan dengan Hakikatullah = Al Hakikat dari Allah Swt yg Maha Luas Rahasia Ilmu2-Nya di semesta jagad raya, terus kemudian dilanjutkan dengan Makrifatullah = pengenalan diri kepada Allah Swt berupa Tubuh, Hati, Nyawa & Rahasia yang Nur Cahaya-Nya bisa menembus Qalbu & rasa perasaan.

      Barokallah.

    • Salam Broothers,
      Penghambaan itu adalah suatu pengabdian, & kita sbg pengabdi kpd Ya اَللّهُ dengan senantiasa selalu bersyukur kepada-Nya setiap saat, karena sbg Makhluk ciptaan yg selalu dipelihara-Nya.

  100. Assalamualaikum bro…sy berasal dari malaysia ingin bertanya sesuatu..dimanakah tempat keempat2 zikir tersebut disimpan pada jasad? mohon penjelasannya…

  101. assalamualaikum mas edwim….
    maaf mau nannya mas…
    Saya yakin mas edwin sama seperti saya juga semulanya sangat awam dengan ilmu ma’rifatullah ini..yang jadi pertanyaan saya..:
    1. Usia berapa mas edwin tertarik untuk belajar ilmu ini
    2. Apa yg jadi penyebab sehingga mas mendalami ilmu ini.
    3. yang mas pelajari pertama kali mengenai apa dan dzikir apa …dan kemudian..?
    dan seterusnya..? sampai sekarang
    4. Dzikrilullah yg sering mas amalkan sampai sekarang apa..apa Hu..Wa , Hu Allah
    atau La illaha illlallah..atau ..?
    Maaf mas atas pertanyaan saya ini tujuan saya bertanya adalah untuk mengikuti langkah2 mas dan bisa jadi serupa tapi tidak sama..Semoga Allah membuka jalan untuk saya menuju ma’rifatulah..dan semaga Mas Edwin dilimpahkan Rahmat dan hidayahNya Amiiin
    .

    • Wassalam sdr iwan,

      1) Usia sy belajar dr usia 18thn sewaktu SMU dahulu, sy selalu melihat visual alam2 gaib Allah & para2 penghuninya.

      2) sy selalu mendapatkan pemahaman Ilmu Ladunni (ilmu ilham langsung tanpa dipelajari) yg hakiki & rahasia yg tdk sy mengerti arti & makna hakikatnya, akhirnya sy bertekad selalu ingin bertemu org pintar/paham tentang agama ISLAM dalam pengenalan dirinya kpd ALLAH Swt secara lahir & dalam batin.nya

      3) Pahamilah tentang pemahaman pengenalan diri secara lahir (tubuh) & dalam batin (hati, nyawa, rahasia) dgn ilmu2 makrifatullah kpd Allah az zhahiru (Maha nampak/nyata) & Allah Al-bathinu (Maha tak nampak/gaib).

      4) Dzikir LAA ILAHA ILLALLAH terlebih dahulu, karena mempunyai arti rahasia tersendiri pd tubuh & makna hakikat pd alam semesta jagad raya.

      Salam Santun.

      Barokallah.

      • assalamualaikum mas edwim

        Untuk belajar pemahaman pengenalan diri secara lahir (tubuh) & dalam batin (hati, nyawa, rahasia) dgn ilmu2 makrifatullah kpd Allah az zhahiru (Maha nampak/nyata) & Allah Al-bathinu (Maha tak nampak/gaib).ini Mas..

        Pertama2 yg saya lakukan…?

        makasih mas

        • Wassalam Sdr Iwan.

          Perbanyaklah dulu amalan2 kebaikan seperti sholat fardhu/sunnah, puasa, sedekah, silahturahim, supaya amalan2 anda sendiri yg bisa mendapatkan terbukanya hidayah2 Allah Swt. & jangan pernah bosan serta menyesal dalam mengamalkan.nya, laksanakanlah semua karena Allah, dari Allah, Untuk Allah.

          Barokallah.

    • Wassalam sdr. Sugiono.

      Sebenarnya sy bukan guru sdr, karena masih ada guru diatas guru DIAlah ُ Ya اَللّهُ AR-Rasyidu (Yg Maha Pintar), Namun panggillah saya hanya sbg Saudara atau Sahabat Seperjalanan…

      Barokallah.

  102. assamualaikum
    ingin menanyakan dan pemahamannya tentang ayat ini
    LAYASUL SHALAT ILLA BIN MA’RIFAT,artinya tidak syah sholat tanpa mengenal Allah.
    1,apakah qt harus mengenal Allah dulu baru melaksanakan sholat>.?
    2.bgmn caranya qt mengenal Allh??

  103. ass,, mas edwin
    jika kita mengerjakan zikir la ilaha illallah dgn mendalam apakah tdk berbahaya ?
    krn ketika sy zikir yg mendalam ( hampa ) muncul rasa takut di dlam pikiran ku..
    sekiranya mngkin mas edwin bisa menjelaskn atau membimbingku sedikit ???

  104. assalamualaikum mas edwim….

    Mas kalau saya salah itu adlah kesalahan saya sendiri dan saya minta ampun kepada Alah dan kalau saya benar itu adalah datangnya dari Allah..?

    Menurut pemikiran saya pada dasarnya tujuan Allah yang sebenarnya menciptakan makhluk adalah manusia..kerna manusia itu makhluk paling sempurna diantara mahklu yg lain dan juga apapun yg diciptakan oleh Allah semuanya itu untuk manusia..termasuk malaikat dan iblis..kalau seadainya Allah tidak menciptakan manusia maka mahkluk selain manusia tidak tahu bahwa ke Mahaan Allah yg lain seperti :

    Allah Maha Pengasih
    Allah Maha Penyayang
    Allah Maha Pemurah
    Allah Maha Adil
    Allah Maha pengampun
    Allah Maha Pemberi
    dan lain-nya

    Iblis..: Iblispun diciptakan untuk manusia guna menggoda dan menguji keimanan kita makanya dia minta ditangguhkan sampai hari kiamat,untuk menggoda manusia maka Allahpun mengabulkan perintaan Iblis.tersebut kerna manusia akan menghuni bumi ini sampai hari kiamat…dan salah satu malaikatpun diciptakan untuk mencabut nyawa manusia.

    jadi kesimpulannya bagi saya bahwa apapun yg di Ciptakan oleh Allah adalah untuk manusia maka dari itu manusia itu adalah hambanya Allah yang harus tunduk dan patuh atas perintah dan larangan Allah.walaupun manusia itu pumya kehendak seperti Allah tapi harus tunduk atas perintah Allah dan manusia punya keinginan seperti Allah tapi harus menerima apa yg diberikan oleh Allah. maka dari itu kita sadar bahwa kita ini adalah mahkluk ciptaan Allah, kita BudakNya atau Hambanya Allah, kita adalah makluk yg rendah dan hina dihadapan Allah..dan akhirnya kita mengakui DAN MENYATAKAN DENGAN TULUS DAN IKLAS SEIKLASNYA BAHWA LA ILLAHA ILLALLAH dan juga menyatakan TIADA SATUPUN YANG PATUT DISEMBAH KECUALI ALLAH YANG HAQ DAN SEGALA APAPUN BENTUK PUJIAN-PUJIAN ADALAH MILIK ALLAH ….

    Maaf mas Edwin mukin saya salah yang maha mengetahui hannyalah Allah
    Ya Allah Ampunkan Hamba ini kalau ini salah dan berikanlah Hamba petunjuk .

    semoga Mas Edwin bisa meluruskan kalau ini salah..dan semoga kita semua di berokahi Allah amin.

    apakah ini salah satu cara saya untuk mengenal diri sendiri atau mengenal Allah Mas.

      • Teriamkasi Mas Edwin semoga Mas Edwi dan orang2 yg mas bimbing diberi Rahmat dan Hidayah oleh Allah….amin

        maaf Mas satu lagi, menurut pemikiran saya bahwa kita yg lahir kedunia ini adalah manusia pilihan Allah..kerna Allah maha bijak dan maha mengetauhi apa yg terbaik untuk hambanya,

        Mengapa saya katakan kita yg lahir ini adalah manusia pilihan Allah kerna kita lahir dari ibu kita bukan kehendak kita tapi atas kehendak Allah..kalau kehendak atau keinginan kita mungkin semua orang minta dilahirkan dari keturunan orang2 kaya..kerna Allah maha mengetauhi Allah akan memberi kita yg terbaik. dan semuanya telah ditentukan oleh Allah untuk kita maka kita lahirlah dari ibu yg telah melahirkan kita.dan untuk kedepannya kita hanya bisa berusaha dan berdoa dan tidak bisa menentang atas kehendak Allah.

        Jadi kerna kita telah di pilih oleh Allah dan telah ditentukan maka apapun kekurangan dan permasalahkan yg menimpa diri kita yg mana kita tidak sanggup atau tidak mampu menerimanya maka kita serahkan kepada Allah kerna Allah telah memilih kita dan apapun keputusan dari Allah itulah yg terbaik untuk kita kerna Allah maha Mengetaui..

        dan jangan coba2 berpaling dari Allah..dan kebanyakan orang jaman sekarang perginya keperdukunan dan paranormal atau orang pinter kerna mereka tidak mengetauhi dan tidak pula ingin belajar dan mereka itulah sasaran empuk iblis

        dan kesimpulannya bahwa kita ini adalah hambanya Allah yg telah bersumpah bahwa TIADA TUHAN SELAIN ALLAH DAN NABI MUHAMMAD ITU UTUSAN ALLAH yg harus tunduk dan patuh atas semua perinta dan larang Allah.

        Maaf mas mungkin saya salah tolong diluruskan atau ditambah agar mantap pengenalan diri ini dan mengenal Allah yg Haq.

        o ya mas apa betul disaat kita dzikr LA ILLAHA ILLALLAH lafasnya dimulut kata ALLAh dalam hati di hujamkan kejantung dua jari diatas susu sebelah kiri.

        Wassalam semoga kita semua dilimpahkan barokah dan hidayah oleh Allah amin

  105. seharusnya jangan dishare di imtermet, hal seperti ini kenapa takut pada org yg kurang paham sehingga mereka bisa sesat semua informasinya bagus dan emang seperti itu, tapi takutdisalah artikan oleh org yg kurang begitu paham siti jenar di bunuh karena ajarannya terlalu tingi sehingga dikhawatirkan orgnya menyerapnya takut tidak mampu sehingga membahayakan dirinya,

    • Wassalam sdr. Joko
      Malah seharusnya org beriman yg belum tahu harus mengetahui pemahaman tersebut secara apa yg ada pd lahirnya & dalam batin.nya,
      semua penjelasan saya berdasarkan A’quran & Hadist, org yg belum paham berarti kurang banyak belajar mengkaji Al’quran, sehingga dia tidak paham hakikatnya akhirnya salah mengartikan/paham/ seperti saudara,

      Pemahaman zikir yg diutarakan diatas bagi org paham-mengerti “tasawuf” (makrifat) insya Allah pasti bisa diterimanya, & bagi org syariat ketahuilah dulu hakikat surah Al-mulk:13-14……”Wa-asirruu qawlakum awi ijharuu bihi innahu ‘aliimun bidzaati alshshuduuri” Rahasiakanlah perkataanmu & keraskanlah, sesungguhnya DIA maha mengetahui segala isi hati (Al-mulk:13),
      “alaa ya’lamu man khalaqa wahuwa allathiifu alkhabiiru” Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui? (surah Al mulk:14).
      “Dia Allah berada dimana pun engkau berada & DIA maha melihat apa2 yg kamu kerjakan’ (Surah Al-Hadid:4).

      syech siti jenar bukan dibunuh oleh 9 wali songo, tapi memang sudah kehendak Allah dia diundang pulang ke rahmatullah. belaiu juga salah seorang yg Makrifat & Kasyaf (terbuka hijab rahasia allah) tetapi satu kekurangan beliau gak mau menjalankan syariat seperti sholat, puasa, sedekah, silahturahim, seperti kebanyakan orang2 zaman sekarang ini, mengaku Sudah mengenal Hakikat Allah, malah makin tak mau sujud/sholat, padahal manusia itu ad/Abdillah (Hamba Allah), Maka pahamilah hakikat manusia itu sendiri terdiri dari Lahir & Batin (Tubuh jasmani & Ruhaniah). Jadi kedua2nya harus sejalan nan sepaham.
      Terimakasih.

    • Jgn mengaku muslim sebelum km bertaqwa, jgn mengaku bertaqwa sebelum km beramal. Jgn mengaku beramal sblm km beriman, jgn mengaku beriman sblm km berilmu, jgn mengaku berilmu sblm km belajar.jgn mengaku belajar sblm km mengetahui akan syariat&hakikat.

  106. Assalamualaikum wr. wb..
    Alhamdulillah ..
    Semoga kita semua mendptkan ridho dan rahmat dr allah swt ..
    Terima kasih kepada penulis yg sdh memuat ini sangat bermanfaat insylh barokah, apalg buat saya yg br belajar utk mnjd lbh baik lg mngharapkan bs dekat dan mengenal diriKU mengenal diriNYA yg maha besar ..
    mf saya mau mnta arahannya, sy prnh tertidur dan bermimpi pada siang hari sebelum wkt dzuhur bertemu dgn seseorg dsebelah kiri saya agak kebelakang dr saya pakai baju serba putih dan dia berkata, …. “salim ….
    LAA ILAHA ILLALLAH MALIKUL HAQQUL
    MUBIN MUHAMMAD RASULULLAH
    SYAHIDUL WADUL. AMIN … Ini yg hrs kamu ucapkan setiap saat, .. Minta tolong arahannya apa maksudnya mimpi saya itu …
    Terima kasih ..
    Wassallam …

  107. assalamualaikum mas edwim….
    saya..adalah orang penuh dosa,tapi saya yakin rahmat allah lebih besar dari segala-galanya..tolong ajarkan saya bagai mana cara mengenal diri yg rinci,jangan seperti diatas,so susah saya pahami karena aya masih darmo gandul(kadang benar kadang sesat) matur suwon mas.

  108. hello Tuhan…. Mau aku sembah kamu, hehe wihdatulwujud ya preeettt !
    oh iya postingnya sy baca sampai disini : Keunggulan beliau ini akan menjadi jelas nanti di Akhirat, saat seluruh Na,, selebihny gak tampil sob.
    Hehe ma’rifat eror tuh sob,, paling juga penglihatan ghoibmu muter-muter bawah ranjang,,,, hehe,,, syech sitijenar diikutin nyungseb loh, yang benar saja masak tuhan yang maha besar agung suci mau menyatu sama mahluk yang suka kentut mencret lagi hahaha parah loh begooooo….!!!

    • Heloo Makhluk……

      Saya sangat menghargai komentar jawaban “Extreme” anda.
      Namun ketahuilah dahulu, dari komentar sdr kentara sdr bukanlah org2 yg berakhlak, yg paham, yg memahami tentang ilmu agama, Tauhid, apalagi “Wihdatul Wujud”.
      Sekarang akan sy jelaskan Hei Makhluk..
      Wihdatul wujud ad/pengakuan yg sungguh2 bahwa ADA kekuasaan ُ Ya اَللّهُ dalam diri manusia. Pada langit dan di dalam bumi

      Tahukah kamu bahwa ada Allah yg menggerakkan-menggetarkan Jantungmu. dalam ilmu fisika “Dimana ada REAKSI pasti ada AKSI”… Pertanyaan saya siapakah Sang Aksi ini?, Jika anda. sadari pasti anda akan mengakui bahwa benar2 adanya kekuasaan Tuhan dalam jantungmu dgn energi GETARAN.
      Semua barang elektronik contoh HP membutuhkan sumber energi listrik atau baterai sebagai daya SUMBER ENERGI.nya. Sama halnya Energi jantung anda, kapan DIA Allah murka padamu bisa saja dia Ambil energi jantung anda saat ini, dan anda Mati dalam kekafiran serta tak beriman sama sekali, Karena Dialah Tuhan Allah sbg pemegang SUMBER ENERGI jantung anda.

      Lebih baik saya dikatakan bodoh, daripada dikatakan pintar tapi tak sadar adanya TUHAN. Sy sbg manusia memang bodoh dihadapan ُ Ya اَللّهُ , karena Dialah Allah yg Maha Pintar… Buktinya manusia menciptakan Rumah dgn langit2 pasti ada Tiang penyangganya, sedangkan Allah menciptakan tingginya Langit tanpa tiang penyangga.. Sadarkah kebodohan kamu?..
      Dia Allah menciptakan Cahaya Matahari yg dari puluhan ribu tahun lalu menyala sampai sekarang tanpa pernah kita lihat sumber daya energi listriknya tetap masih bisa memberikan penerangan bagi setengah bumi, sdgkan kamu baru menyalakan Lampu saja harus cari kesana kemari mencari energi cuk listrik,…Sadarkah kebodohan kamu?

      Sekarang saya bertanya tentang ilmu manusia, sampai dimanakah ilmu manusia itu..?
      Sadarkah ilmu manusia hanya sampai apa2 saja yg dia butukan, karena manusia hanya menciptakan utk keperluan dirinya sendiri, tapi tak pernah menciptakan utk alam…. Sperti api, angin, air, tanah. Hanya bisa menggunakan saja. Tapi DIAlah Allah yg Maha menciptakan semua, tanpa manusia rasa malu utk menggunakan & menikmatinya hasil ciptaan-Nya.
      Sadarkah kebodohan kamu?

      Sekarang Manakah yg merasa lebih bodoh sekarang…….

      Jika sdr mengandalkan akal pikiran, sekarang saya bertanya, siapakah yg menciptakan akal Pikiranmu sampai bisa berfikir?….., Padahal kamu gak bisa melihat pikiran kamu sendiri, karena Pikiran sifatnya GAIB dalam dirimu, pikiranmu hanya berlaku 12jam hidupmu, sisanya kamu kecapean & tertidur gak mampu berpikir lagi.
      Karena Adanya Kekuasaan-Nya kembali maka pikiran kamu dikembalikan lagi (disetting kembali) ke tempatnya semula.

      Sebagai manusia bodoh kamu hanya Tak tahu diri menggunakan.nya & tak pernah mengakui kekuasaan-Nya tentang apa2 yg kamu pikir & apa2 yg kamu lihat.

      Sekarang siapakah yg lebih bodoh saat ini?……

      Ternyata kamu termasuk org2 Naif & Munafik dihadapan-Nya. Dan itulah org2 yg paling gak disuka oleh Allah & paling celaka di muka bumi ini.

      Sekarang saya bertanya tentang Jasad org yg sdh mati?….Dimanakah pikirannya?, jika manusia benar2 pintar pasti bisa masuk kembali ke jasad & hidup kembali. Buktinya Gak ada yg bisa kembali kecuali hanya dgn Izin-Nya.

      Jika anda membaca penjelasan ini, Maka detik ini juga pasti anda akan sadar. Ternyata gak ada satupun kekuasaan manusia baik pd dirinya sendiri, pada Langit & di muka bumi ini,
      Karena DIAlah Sang Pemilik Segala Kerajaan Langit & bumi (Qs. Al-mulk:1)

      Ketahuilah syech siti jenar sdh memahami tentang wihdatul wujud tersebut, tidak sama seperti anda, tapi sayangnya dia gak mau mengikuti syariat yg disarankan 9 walisongo.

      Semua keterangan saya diatas salah satu dari pemahaman arti-makna “Wihdatul Wujud” dgn keberadaan logika.

      Maaf sebelumnya, saya gak berbicara dgn nafsu saya, tapi saya hanya ingin lihat sdr mendapat kebenaran & pengakuan bahwa benar2 ADA kekuasaan Tuhan pada diri & pada Langit & bumi.

      Terimakasih.

      • Tidak usah dilayani orang2 Ɣƍ tdk paham apa2 dan tdk seperjalanan, tetapi telah berani protes ϑªη kritik terlalu jauh. Jangan2 aqidahnya berbeda dgn kita, mas Edwin.

  109. Assalamualaikum mas edwim.
    Sy sudah lama mencari ilmu dzikir ini, alhamdulillah saya ketemu dalam blog mas edwim. Saya dengan rendah diri memohon untuk mencetak dan mengamalkan dzikir ini…izinkan saya mas, dengan keikhlasan mas akan membantu diri ini untk mendekatkan kepada Maha Pencipta.. terima kasih..

  110. assalamualaikum wr wb..
    Sebelumnya saya minta maaf kalau ada salah. Tolong berikan saya saran yang ter baik mas. Masalah saya seperti ini mas.. Setiap malam menjelang tidur,saya ingat allah.. Dan saya pingin sekali burubah dan mengerjakan shalat. tp setelah terbangun dari tidur, saya terbuwai oleh urusan dunia ini.. Ini terjadi setiap hari mas.. Kenapa bisa saya bisa seperti in ya mas.? Contohnya seperti sekarang ini, tanpa sengaja saya masuk ke blog ini.. Padahal saya hanya orang awam yang syariatnya tidak sempurna. Apakah saya pantas membaca zhikir seperti tarekat dan hakikat.? Ya ALLAH, ampunilah hambamu ini.. tunjukilah hamba jalan yang lurus.. Hanya kepada engkaulah hamba menyembah,minta pertolongan dan berlindung..

    • Wassalam sdr. Edy. Perbanyaklah amalan syariat sholat, dzikir-wirid, puasa, sedekah, silahturahim. Ikutilah ajaran prinsip2 pemahaman ISLAM (Ingin Selamat Laksanakan Ajaran Muhammad) yg gak dilaksanakan baginda Nabi jgn di ikuti.

      Barokallah.

  111. ass…zikir nafas tersebut adlh riyadhoh untuk pngenalan diri…matikan diri sebelum mati untuk mengetahui yg haq dari ALLAH…hayyun bila ruhin mautun bila ajalin….dalm khidupan qta sehari2 hakikat sariat,tarikat,hakikat dan makrifat hrus qta realisasikan dlm perbuatn qta..ingin lebih jelas tlp k no ni 087872004304

  112. Assalamualaikum warahmatullah wabarakatu….
    Salam kenal mas edwin..
    mohon untuk bergabung,,
    langsung aja pertanyaan saya mas edwin,
    1. Pada saat berzikir ”hu” pada tarikan nafas apakah hanya trucap dalam hati atau ada mighrat nya mengikuti naeknya nafas ke atas dan saat ”allah” kembali ke hati atau bagaimana mas?….
    2. apakah ada zikir ”il laa” dan apa artinya,, saya diajarkan oleh teman saya dan juga saya anggap guru saya.
    Demikian mas mohon bantuannya, semoga allah selalu melindungi ki amin….wassalam

    • Assalamualaikum. Wr. Wb Maaf pak edwin, bisa saya minta tolong kirimi postingan lengkap mengenail penjelasan tasawuf, saya pernh baca postingan lengkap pak edwin mengenai tasawuf beberapa waktu lalu setelah saya cari postingan sdh singkat / terpotong. Terima kasih pak edwin atas postingan dan penjelasan via nur adz dzikra nya, sangat bermanfaat bg saya dlm mencari kebenaran, semoga Allah SWT membalas semua niat dan perbuatan baik kita semua…. Amin ya allah ya rahman ya rahim……

    • assalamualaikum wr wb, terima kasih bang edwin,,,hendaknya ALLAH dapat memberuikan rahmat dan hidayah bagi kita yang selalu belajar dengan menggukan akal dan fikir,,,mudah2an ALLAH dapat mempertemukan blok ini bagi seluruh muslim yang beriman untuk daopat meningkatkan tetakwaan kepada ALLAH, amin yarabbal alamin…buat bang edwin agar senantiasa selalu diberi kesehatan dalam menyebarkan islam bagi kita hamba ALLAH dan ummat Muhammad di muka bumi ini….
      ya ALLAH….kami mohon petunjukmu dan lindungan mu dunia dan Akhirat.

  113. Awaludini ma’rifattullah ta’ala…apakah kita sendiri sudah paham maksud dan tujuan hidup kita ??? Setelah kita bertemu dengan DZAT NYA apa yang akan kita lakukan selanjutnya….semoga kita yang sudah yang sudah merasakannya di jauhkan dari sifat sombong dan takabur…aammiinn

  114. Assalamu’alaikum..
    katanya jika ingin ber-tarekat harus ada mursyidnya untuk ngebimbing.
    maaf bukannya saya su’udzon terhadap apa yg anda sampaikan disitus ini.
    apakah yg nda sampaikan bisa dipertanggung jawabkan? sepengetahuan saya, ilmu untuk menuju makrifat sangatlah rahasia. dan hanya boleh diajarkan pada orang yag membutuhkan saja. saya pun tidak tahu, bisa saja anda mursyid yg selama ini saya cari. terimakasih.
    wassalamu’alaikum..

  115. Assalamualaikum mas edwim.
    sy pernah berdzikir Allah….terus sy merasa hening dan yg terdengar hanya napas dan suara Allah…..Allah, yg sy baca
    terus badan seperti kena setruman listrik tp tdk sakit, semakin lama kepala sy terus turun sampai kena laantai
    tapi dlm proses itu semua sy sangat rileks…….apa artinya bro…..? knp sy mau mengulangi rasa itu koq susah.

    Trimakasih n salam kenal
    Alfian – Jambi

  116. Assalamu’alaikum Wr.Wb. bro edwin, saya teddy, minta izin copas untuk pribadi, ilmu pengetahuan yang bro tulis benar-benar bermanfaat dunia dan akhirat, semoga Allah SWT membalas kebaikan bro edwin, thanks Wassalamualaikum Wr.Wb

  117. Assalamualaikum.. Alhamdulillah sy byk mendapat ilmu dn pencerahan hati dr uraian diatas. Selanjutnya sy mohon izin dan restunya untuk mengamalkan amalan2 dan dzikir diatas. Barokallah

  118. Assalamualaikm,w,wb.,saudara ku,saya pernah melaku kan hal-hal seperti yg di jelas kan di atas ,dan,alhamdulillah saya telah berjumpa diri saya sendiri ,dan saya bertanya pada nya siapa kamu lalu di jawab aku adalah kamu,yg jadi pertanyaan apa makna semu nya ini

  119. Assalamu aalaikum Wr.wb. ustadz, saya mau tanya untuk meluruskan pemahamanku, 1) apakah ketika dzikir harus membayangkan/kosongkan wajah guru (ada thariqah yang ngajarkan bayangkan wajah mursid, satu segi allah tdk boleh digambarkan bagaimana ustadz yang benar, 2) Bolehkan saya mengajar orang awam/ belum bai’at/ bertharikat untuk mengamalkan dzikir nafs alasan untuk kesehatan dan agar mrk semakin yakin dengan hikmah berdzikir, shg ringan berdzikir.

  120. Assalam…wr ..wb..saya mau tanya..
    1.bagaimana cara mempelajari suatu kitab..sedang kita ga bisa baca tulisan arab yg ga ada baris/ arab gundul
    2.untuk mempelajari tarekat,hakikat,.dst. Kitab apa yg d pelajari .

    • Assalam
      Untuk mempelajari dari sebuah ilmu adalah pengertian dari bahasa orang tersebut. Tiada yang akan mengerti kecuali dari pembahasaannya sendiri.,orang sunda jika berbicara dengan bahasa menado pasti tidak akan menyambung jika orang manado tersebut tidak mengerti bahasa sunda dan sebaliknya…begitupun bahasa arab…kita tidak akan paham jika kita tidak mengerti bahasanya.kecuali jika sudah ada terjemahan,tetapi itupun tidak cukup,karena harus dengan haqul yaqin.insya Allah..

  121. assalamu’alaikum…
    maaf sebelumnya… apa kira2 tidak terlalu berbahaya bagi orang2 yang belum sampai ke sana. dan lagi dzikir2nya itu.. masih ada pengertian yang kurang pas.. karena itu merupakan dzikir sirri yang bahkan malaikat pun tidak mengetahui dzikir itu.. belum lagi di takutkan ada yang belum sampai kesana dan melakukan seperti yang diatas.. dan itu bukan merupakan sirri tapi di takutkan akan menyesatkan kepada orang yang belum sampai ke maqom itu.. bukannya guru kita pernah mewejangkan kepada kita tentang sabda rosul yang berbunyi “la yujazu idla kaha”. jadi saya mohon pengertiannya..

    • Wassalam sdr Danang.

      Dzikir ini memang khusus bagi org2 yg beriman & Yakin.
      jika org tsb Yakin & membaca dgn kesadaran yg terdalam maka itu akan bermanfaat bagi diri & keyakinan nya sendiri.
      Jika dia gak beriman & gak Yakin, maka itu akan menjadi angin yg berlalu saja (Habis baca sepah dibuang).

      Tahukah sdr bahwa Allah Maha memberikan petunjuk sesuai kehendak-Nya pada lahir & dalam bathin seseorang.

  122. ass,,,,mas edwin z mau nanya nich,gmn sich caranya menghadapkan diri kita kpd allah pada saat takbiratul ikhram,.mkasih sebelumnya

  123. Alhamdulillah . Bisa jumpa lewat situsnya. Kalau boleh saya ingin berkenalan lebih dekat lagi & berjumpa.langsung. terima kasih.

  124. AYR. (1) Terima kasih mas Edwin atas tulisannya di atas sangat membantu sy dalam perbendahraan cara mengingat Allah. (2) Mas uraian di atas bab-I, bab berikutnya mana mas? (3) Mas, sy mohon ijin utk me-link weblog mas (NUR ADZ DZIKRA) ke weblog sy (XmantanKasay’s), agar sy dapat belajar lebih banyak. Tks. WYR

  125. asalamualaikum,,, kalau saya boleh bertanya 1. apakah diantara 4 dzikir tersbt ada lagi ?,,,,,2. apakah diantara 4 dzikir tersebut itu bisa dipadukan dalam satu waktu/24 jam/siang dan malam tanpa harus membedakan dzikir syariat,tarikat,hakikat,marifat ?,,,,,3. apakah itu akal,pikir,iman,ingatan dan letak kedudukan nya dimana,,,
    ,,mohon bimbingan dan seringnya tntang pertanyaan saya saudaraku,,,?

  126. assalamualaikum…alhamdulillah mas edwin…terimaksih telah di bagi ilmu nya …dan mohon ijin untuk mengamalkannya.,dan mohon bimbingannnya….

  127. assallamualaikum…
    maaf sebelumnya apa bila mengganggu aktifitasnya, saya cuma mau numpang nanya.., saya sudah lama belajar ilmu tenaga dalam dan itu saya amalkan dengan berzikir setelah selesai shalat fardhu. tapi knpa kebanyakkan yang saya baca di artikel-artikel ilmu tenaga dalam itu syirik! padahal kita berzikir dengan menyebut nama allah SWT, salah satu zikir nya Huuu (tarik), Allah (hembuskan)… apa yang saya amalkan ini salah atau benar ? tapi di artikel ini kok mengamal seperti yang saya amalkan? dan salah kah apabila kita belajar ilmu tenaga dalam dengan niat untuk kebaikkan? mohon diluruskan, terima kasih.

    • Wassalam… Sdr Endang.
      Belajar Olah Nafas atau tenaga dalam sgt bermanfaat bagi diri sama halnya juga kalo kita Olahraga, Pada intinya untuk kelancaran siklus Nafas kita, darah kita dan kesehatan tubuh dan mental serta jiwa dan raga kita agar sehat & kuat selalu,.. dan jika dibarengi dengan zikir itu lebih bermanfaat lagi untuk kekuatan mental keyakinan kita, karena sang Hamba yg SEJATI ad/yg seringnya mengingat-Nya dalam keadaan berdiri, duduk, dan dalam aktifitas2 kita sehari2, itulah yg dimaksud zikir HAKIKAT yg gak pernah putus2nya dalam mengingat-Nya … Yg penting jelasss Tujuan kebaikan nya bagi diri,…. Yang salah jika kamu berniat yg salah2, jahat2 & yg bukan2 dalam melakukan nya, Trims.

  128. Apakah latihan konsentrasi itu dilarang, bukankah konsentrasi itu bukan hal-hal yang jahat? tetapi untuk melatih diri dalam menguasai emosi yang tiba-tiba muncul pada diri kita, dengan konsentrasi bukankah kita bisa melatih diri untuk sabar dan dapat juga melihat kelebihan dari ilmu yang kita pelajari? bukankah amalan itu tergantung dari niat seseorang dalam menggunakannya… apakah niat itu baik atau buruk cm Allah yg tahu semua itu.
    Pertanyaan kedua, kenapa manusia khususnya orang yang mensyirikkan Ilmu Tenaga Dalam lebih senang memponis seolah-olah mereka yang paling benar? padahal mereka tidak tahu apa yang kita amalkan (hanya lihat dari luarnya saja), tiba-tiba menyalahkan orang yang berlatih Tenaga Dalam.
    Bukankah Allah SWT saja Yang Maha Mengetahui, apa yang kita lakukan? mhn jawabannya terima kasih.

    • Ya. Latihan Konsentrasi itu baik untuk kekuatan fokus & kekuatan batin dalam diri kita, Bukankah maksud dr zikir itu ad/Ingatan= ad/Konsentrasi= ad/fokus= ad/keyakinan….. Namun usahakanlah setiap slalu berzikir kpd-Nya dalam keadaan hati tenang, damai, relaks & dalam keadaan jiwa stabil… karena Ilham petunujuk Allah yg baik hanya datang kpd “Jiwa2 yg tenang”, yg baik, yg bersih, yg suci, yg bertaqwa lagi istiqomah dlm peribadatan kpd-Nya.

      Barokallah.

  129. Tidak semua orang akan mengerti apa yang anda sampaikan dalam tulisan anda,,
    walaupun maksud dan tujuan anda “baik -untuk mengenal diri dan allah SWT ,
    namun akan banyak timbul pertanyaan yang membingungkan ,,dan anda tidak dapat menjawabnya secara langsung dengan apa yang mereka pahami ,,
    seperti kalimat berikut ini “:Aku tidak akan menyembah Allah bila aku tidak melihatnya lebih dahulu.”
    anda tidak menjelaskannya secara detail ‘melihat seperti apa dari segi mana,,
    para sheh dan ulama besar sangat berhati hati dalam mengajarkan seseorang tentang “mengenal sejatinya ilmu allah”karena ada ketakutan ‘orang yang tak mampu untuk memikirkannya “akan membuat kebinggungan (gila)
    dengan membaca artikel ini saya rasa bukan cara yang tepat”
    baiknya jangan terlalu sombong ”masih bayak yang kurang dalam ulasan anda
    sebaiknya anda belajar lebih baik lagi’
    itu sebabnya rahasia ilmu sejati ALLH SWT tidak di sebarluaskan seperti de sekolah /pesantren atau tempat-tempat umum seperti pengajian
    karena ditakutkan mereka tidak di paham dan mengerti ,,,

    orang yang benar-benar ingin belajar “ntuk mengenal diri dan ALLH SWT ‘di haruskan untuk berguru kepada yang benar-benar mempunya ilmu
    Syariat, Tarekat, Hakikat dan Makrifat yang benar-benar mengetahinya:
    terimakasih

    • Wassalam Sdr. Hairul Wandi…. Artikel saya ditulis khusus bagi org2 yg beriman & berakhlak. khusus bagi org2 yg mengenal Tasawuf & pemahaman tarekat-makrifat.
      dari komentar penjelasan sdr kentara sdr org yg angkuh & tdk berakhlak dalam “Tata Krama Islam” dan sapa menyapa (Tak memberi salam).
      kentara sdr memahami agama setengah2 karena tdk memahami penjelasan artikel saya secara “HATI yg terdalam”, tapi menggunakan AKAL-NAFSU semata, padahal AGAMA itu ingin diterima oleh HATI, dan HATI pun bisa berhidayah menerima cahaya-Nya.
      Penjelasan sdr tentang : “Aku tak akan menyembah Allah bila aku tak melihatnya dahulu” itu adalah ungkapan dari Baginda Sayyidina Ali : “Laa Abudu Illa Yarahu”…… Apakah Sdr tahu apa yg dimaksud perkataan itu?.

      Itu adalah Jawaban “ISI” bukan hanya “KULIT” semata…. Terimakasih atas komentarnya.

  130. Asalamu Alaikum, sebelumnya minta maaf karena sy baru mengenal tarikat-hakekat-marifat supaya sy tdk kebingungan tlg d jelaskan apakah ini bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah kemudian Dzikir yg bagaimana yg d ajarkar oleh Rasullah dan penegertian dzikir itu sendiri

    • Wa alaikum salam, Dzikir=Mengingat & Dzikir ini khusus org2 yg sdh memahami Tasawuf & pemahaman (pengalaman) makrifat “org2 yg sdh mengenal dirinya sebagai hamba Allah”… Sdr Kebingungan karena belajar agama setengah2 saja & hanya mengupas kulitnya saja (belum isinya).
      Dzikir ini sudah ada dari dulu di beberapa Tarekat2 yg terkenal, cuma sdr saja yg baru menemukannya.

  131. assalamu alikum …. tabe saya baru memperdalam ilmu agama saya kebetulan saya juga orang sulawesi (bone) kebtulan saya pernah dia ajar tentang dzikir salah satu orang tua di kelurahan saya…. jadi begini bagaiman cara penggunaan dan kata ALLAH dalam Dzikir Rahasia… Dzikir Hati….. Dzikir Nafas… dan masi ada 1 cuman Lupa Mohon Penerangan

  132. Setelah mengamalkan zikir sareat. Trus tarekat.
    Baru tingkat tarekat aku sudah mrasakan kepanaan ke gaiban. Saya pun lagi bersila zikir terangkat skitar 5 senti terbAng. Tapi saya kburu takuT hingga badan bergetar jantUngpun brdEtak kncAng..
    Mungkin blm saAtnya.
    Tapi d wakt yg tepat akn saya cobA lg sampe makrifatULoh.
    Dn sm0ga ada idjin allah. Amin
    salam rahayu.

  133. Assalamualaikum……….
    Sampurasunnnn………sebelum saya bertanya lebih jauh lagi tentang pembahasan tersebut….sayang ingin menanyakan awalkata AGAMA tersebut dari bahasa mana?? Serta apa pengertian nya?? Terimakasih …wassalam…

    • Wa alaikum salam Sdr. Anto.
      WANAHNU AKRABI MIN HABIL WARIZ Artinya :Aku ALLAH lebih dekat dari urat nadi lehermu (Qaf:16).
      Makna hakikinya sebenarnya bahwa Allah lebih dekat dari perasaanmu sendiri. Maka selalulah berprasangka baik kepada-Nya dgn menjaga Tauhid & istiqomah dalam beribadah mengabdi dan menyembah hanya “Lillahi Ta’Ala”……

      Firman tersebut adalah sebuah perumpamaan saja bagi org2 yg berakal sehat agar mudah berpikir & dimengerti bahwa sesungguhnya yg menggerakkan Urat Nadi leher sampai ke Jantung hanyalah DIA ALLAH Jua yg Maha Menghidupkan……..

      Barokallah.
      Salam Kemuliaan.

  134. munculnya ruh muhammad karena banyak orang yang memuja/menyebut-nyebut muhammad, entah melalui syolawat atau harapan-harapan agar mendapatkan pertolongan/safaat dari muhammad. Jadi nur muhammad muncul karena hasil pemujaan orang-orang terhadap muhammad bisa jadi nur muhammad adalah reproduksi dari jiwa orang-orang yang memujanya, yang hakekatnya orang-orang itu belum mengenal betul Tuhannya.
    Memang Tuhan berusaha melayani umatnya dengan cara apapun, bahkan dengan menciptakan nur (cahaya) figur-figur panutannya/pujaanya. Sangat mudah bagi Allah untuk menciptakan sesuatu.
    Terserah…… pilihanmu,memilih mengaharap-harap langsung kepada Allah atau melalui perantara muhammad.
    Sesungguhnya SIAPA TUHAN ITU ? Yang aku tahu :
    Tuhanmu adalah sejauhmana pengertian dan anggapan tentang Tuhan itu seperti apa, di mana dan bagaimana Tuhan itu. Itulah Tuhanmu.Tuhan itu pasti bersifat maha
    Apakah Tuhan itu membutuhkan malaikat, nabi atau apapun ? Terserah Tuhan itu sendiri. Nabi, malaikat itu hanya ciptaan.
    JADI SIAPA TUHANMU ? Seperti apa Tuhanmu ? Bagaimana Tuhanmu ? dan Di mana Tuhanmu ? Tergantung pola pikiranmu dalam pengurai.
    Tuhan itu seperti dirimu dan seluruh ciptaaNya. Tuhanmu adalah Tuhan Maha Segalanya, Dia bersemayam di singgasana Tuhan di atas arsy/langit, tetapi penciptaan kamu sebagai menusia lewat rahim ibumu setelah dalam dirimu ditiupkan ruh Tuhan.
    Jadi sebetulnya dalam dirimu ada sebagiannya zdat Tuhan sendiri, namanya Ruh (Allah menyebutnya RuhKu) Orang-orang menyebutnya Ruh Suci. Tetapi kamu bukan Tuhan, tetapi hanya sebahagianNya Tuhan itu sendiri.
    Ruh dalam dirimu bisa juga sebagai pemancar/frekuensi Tuhan yang ditempatkan dalam dirimu agar kamu menjalankan tugas sebagai manusia dengan perannya masing-masing.
    Ini berarti Allah sangat dekat bahkan dekat sekali.
    Oleh karena itu Tuhan selalu melihat sekecil apapun yang ada padamu, juga, keinginanmu, perbuatanmu, pikiranmu dan perasaanmu.
    Akhirnya bersama ruh itulah manusia ditugaskan sebagai kholifah di muka bumi ini agar melakukan tindakan yang nyata dan berbuat sesuatu yg nyata.

    Selain ruh dalam dirimu dilengkapi dengan 4 nafsu yaitu :
    1. Aluamah tugasnya berkeinginan makan dan tidur kerjasama dengan jiwa kegelapan
    2. Supiah tugasnya berkeinginan mencari kepuasan kerjasama dengan jiwa kegelapan
    3. Amarah tugasnya berkeinginan angkara murka kerjasama dengan jiwa kegelapan
    4. Mutmainah tugasnya berkeinginan ketuhanan bersama malaikat & jiwa-jiwa suci

    • Wassalam Sdr Tirta…. Dari pernyataanmu, Jika kamu sudah mengenal-Nya secara Lahir & dalam Batinmu, Maka Lakasanakan syariatnya dgn “DAKWAH” guna kebaikan bersama utk sdr2 semuslim dan sekeyakinan, serta se-Aqidah.

      Imam Ghozali berkata:

      “Man Alima Wa’Amila Wa’Allama fahuwal ladzi yud’aa adhii man fii malakuti samawati”

      Artinya: “Brgsiapa mengerti-memahami Agama Islam & melaksanakan-menerapkannya serta mengajarkannya, Maka Ia disebut sbg org2 yg sangat Agung di kerajaan langit”.

      Baginda Rasulullah bersabda:

      “Alaa khulafaai rahmatullahi qilaa: ‘Waman khulafaa uka? Qoola: Al ladzina yuhyuuna sunnatii wayu’allimunahaa Ibadallahi”

      Artinya: “Semoga ُ Ya اَللّهُ memberikan Rahmat-Nya kpd penggantiku. Ditanyakan: Siapakah pengganti2mu itu? Jawab Rasulullah: Yaitu org2 yg melaksanakan-menerapkan kesunnahanku (Al’quran-Al Hadist) & yg mengajarkan Agama Islam kpd manusia”.

      • Subhanallah . . . walhamdulillah . . . walailaha illallahu allahu akbar.
        Saudara Tirta ” sebagaimana Proses Penciptaan Manusia pertama yaitu ADAM A.S dan ketika tubuh telah diciptakan maka Allah meniupkan Ruh itu masuk kedalam Tubuh dan disaat Tubuh dan Ruh menyatu maka diperintahkanlah Para Malaikat bersujud kepada ADAM A.S”

  135. Assalamualaikum,, Audzubillahhiminassyaitonnirrozim Bismilahhirrohmannirrohim,, Salam hormat kpd sdr edwin dan seluruh saudara2 muslim yg seiman dimana saja,, sy sangat antusias dan pemerhati dgn blog ini walaupun sy sangat terlambat menemukannya, krn mungkin sdh berapa tahun yg lalu blog ini ada,, zikir apapun itu baik tetapi hrs zikir dgn asma2 اَللَّهُ, krn itu disebut zikrullah, dan sangat luas manfaatnya termasuk satu cara mendekatkan/ pengenalan diri kpd اَللَّهُ (makrifatullah). Mahluk2NYA itu untuk bermakrifat tsb adalah krn taufik dan hidayah اَللَّهُ semata, termasuk salah satunya saat ini saudara2 seiman bisa menemukan blog ini dan mendapatkan ilmu yg bisa mendekatkan diri kt kpd Sang Khalik, untuk itu marilah kita bersyukur dan ikhlas pasrah akan keputusan اَللَّهُ atas taufik dan hidayah yg nanti kita dapatkan dgn membuka blog ini. Dan harus kita yakini bahwa mahluk ciptaan اَللَّهُ yg paling bermakrifat adalah Kanjeng Nabi ​ محمّد SAW, walaupun begitu lihatlah Beliau begitu gigih menjalankan ibadahnya(syariat) dan ahklaknya begitu mulia yg hrs kita teladani, tdk ada satupun yg bisa mengungguli /menyamai Beliau. Dan juga para waliullah yg ditunjuk/diangkat derajatnya diberika ilmu langsung dr sisi اَللَّهُ unt menjd WaliNYA dan yakinlah tdk ada satupun waliullah itu yg tdk gigih dlm syareatnya mengikuti jejak Rasullah SAW, walaupun ada jg cerita2 seorang waliullah tdk pernah menjalankan syareatnya itu, itu semua disebabkan karena kebodohan dan kerendahan ilmu kt sehingga orang yg cerita tsb tdk tau apa dan bagaimana( dimatanya) waliullah tersebut mengerjakan syareatnya, krn maqom derajatnya sdh lebih dr kt saudara2 seiman,,,,,,,,,,, jadi apabila ada suatu pemahaman bahwa kalau kt sdh makrifat maka tdk perlu mengerjakan syareat Itu adalah dusta/ kebohongan belaka, krn itu kt hrs waspada saudara2ku yg seiman jgn sampai kt terjerumus. Ilmu laduni yg datangnya dr اَللَّهُ jg manfaatkanlah unt kebaikan dan jgnlah terlalu bangga krn ilmu اَللَّهُ amat luas,, dan kita tiada daya upaya tanpa pertolonganNYA. Zikrullah yg datangnya jg dr اَللَّهُ itu dan dgn rohman rohimnya اَللَّهُ kpd kitapun berbeda2, yg penting bukan jenisnya atau tingkatan zikir tsb, yg hrs kt jalani,, yaitu keyakinan kita( yakin itu ada beberapa tingkatan dan sdh sangat dijelaskan dlm blog ini) kepasrahan, keikhlasan, kesabaran, kehampaan/kekosongan diri kt(dijelaskan jg di blog ini), rasa tunduk dan syukur atas nikmat tsb itulah yg seharusnya kita kuatkan/ kt perkokoh, sehingga taufik dan hidayah itu datang dr اَللَّهُ sesuai dgn diri kt masing2, ingatlah kt ini diciptakan berbeda2 standar porsinya, ada yg memiliki gelas kecil ada yg besar dan berbagai ukuran, seperti itulah apabila kita punya gelas kecil diisi dgn air seember besar tetaplah hanya akan dpt gelas itu jg krn yg lainnya akan tumpah sia2 tdk tertampung, jd berzikirlah dgn apasaja tetapi hrs asma اَللَّهُ tdk yg lainnya, bisa zikir,,alif,,alif,, saja atau alhamdulillah saja atau yg lainnya, yg diajarkan dr mursyid2 kt,, tapi jgn sampai ibadah syareat kt tinggalkan,, berpesan2lah bertolong2lah dalam kebaikan mudah2an kt tdk termasuk orang2 yg merugi,,,, maafkan sedikit coretan2 yg bodoh ini ikut meramaikan blog ini dan diblog ini jg begitu banyak ilmu dan pencerahan yg dpt kt ambil, mudah2 sdr edwin selalu mendapatkan limpahan rahmat dan lindungan اَللَّهُ SWT, amin

  136. Assalamualaikum wr wb…subhanalloh ya alloh engko telah menuntunku bisa bertemu blok kang edwin,masya alloh ilmumu memang luas ya alloh. . .kang edwin apakah orang awam seperti saya boleh melafadkan dzikir HU DZATULLOH ASHADUALLA ILAHAILLOLLOH WAASHADUANNA MUHAMMADARROSULULLOH…ini tanpa ijasah dari mursid…mohon penjelasannya kang,dan saya minta do’anya moga kita semua mendapat ridho ilahi dan safaat rosululloh amin ya alloh…wassalam wr wb…mohon penceraAssalamualaikum wr wb…subhanalloh ya alloh engko telah menuntunku bisa bertemu blok kang edwin,masya alloh ilmumu memang luas ya alloh. . .kang edwin apakah orang awam seperti saya boleh melafadkan dzikir HU DZATULLOH ASHADUALLA ILAHAILLOLLOH WAASHADUANNA MUHAMMADARROSULULLOH…ini tanpa ijasah dari mursid…mohon penjelasannya kang,dan saya minta do’anya moga kita semua mendapat ridho ilahi dan safaat rosululloh amin ya alloh…wassalam wr wb…mohon penceraAssalamualaikum wr wb…subhanalloh ya alloh engko telah menuntunku bisa bertemu blok kang edwin,masya alloh ilmumu memang luas ya alloh. . .kang edwin apakah orang awam seperti saya boleh melafadkan dzikir HU DZATULLOH ASHADUALLA ILAHAILLOLLOH WAASHADUANNA MUHAMMADARROSULULLOH…ini tanpa ijasah dari mursid…mohon penjelasannya kang,dan saya minta do’anya moga kita semua mendapat ridho ilahi dan safaat rosululloh amin ya alloh…wassalam wr wb…mohon penceraAssalamualaikum wr wb…subhanalloh ya alloh engko telah menuntunku bisa bertemu blok kang edwin,masya alloh ilmumu memang luas ya alloh. . .kang edwin apakah orang awam seperti saya boleh melafadkan dzikir HU DZATULLOH ASHADUALLA ILAHAILLOLLOH WAASHADUANNA MUHAMMADARROSULULLOH…ini tanpa ijasah dari mursid…mohon penjelasannya kang,dan saya minta do’anya moga kita semua mendapat ridho ilahi dan safaat rosululloh amin ya alloh…wassalam wr wb…mohon pencerahanya

  137. Assalamu `alaikum, setelah dalam pencarian panjang akhirnya kita harus kembali ke fitrahnya mencari yang haq, dimana saya bisa belajar makhrifat disekitar bekasi (guru spiritual yang menguasai ilmu ini) dan bertemu para mukasyaf? Mohon pencerahan.
    Wassalamu `alaikum wr wb

    • Wassalam Sdr. Anto…… Sdh gak ada, Cuman Terkadang hanya Ilham petunjuk-Nya saja (Menelaah Arti-Makna tersurat-tersirat dr Alquran-Alhadist) yg biasa turun dan masuk ke dalam HATI hamba2-Nya yg diridhoi-Nya.

    • Wassalam Mas Anto.

      “Wahyu” yg berupa “Firman-Nya” sdh gak ada, karena itu khusus buat Baginda Rasulullah SAW, Yg ada turun dari Allah SWT kpd org2 yg bertaqwa & yg sholeha hanyalah berupa “ILHAM PETUNJUK” namanya yg masuk bercahaya langsung kedalam hati sang hamba tsb.

  138. assalamualaikum,izin melaksanakan dalam pengamalan,menerapkan sunah,dan belajar Agama Islam.yang Murni.
    tahun 2014 barulah saya dipertemukan deengan pemahaman secara tulisan disini.
    sungguh benar Alloh berjanji dengan Waktu Nya.
    saya yg miscol dan sms semalam tadi,dan saya uda diberi hidayah dari sebelum duduk dibangku SD,bernafas di iringi Dzikir istghfar dan tahlil.itu continue disadarkan Hati saya.
    Saya benarkan semua penjabaran di atas,uda saya baca smua dari awal.
    semoga Alloh Swt mengangkat derajat kita dengan ilmu Nya,dan amal kita.
    dan di masukan kita sebagai golongan Para Kekasih Alloh Swt. Aamiin.

  139. maaf ini orak tua ngasih pertayaan kepada ku.

    saya mencoba tanya ke blog ini .
    pada saat kita sholat dirumah. tiba-tiba rumah kita terbakar. aku bergegas pergi untuk keluar rumah. dengan catatan bacaat sholat tetap aku baca sepertia biasa. bacaan ruku, sujud, dll. tetap di baca dalam keadaan lari ke luar rumah

    apa itu sholatnya sah dan boleh? atau harus ngulanin lagi?

    • Wassalam sdr Agen.
      Sebenarnya sdh sah sholat sdr, karena dari “NIAT” awal sdr utk mau sholat guna memperbaiki diri & akhlak sdr.
      “karena sesungguhnya dgn sholat itu bisa menjauhkan dari sifat keji & munkar”.

  140. Assalamualaikum,,, mas Edwin ijin berkomentar!!
    Barokallah, sungguh menarik artikel serta penjabaran yg di publikasikan disitus ini, smoga para pengunjung bisa mengambil hikmah dari srmua ini, namun saya himbau bagi saudara2ku semuslim, jika ingin mengetahui serta mengenal allah siapkan dulu tempat yang pantas, dalam arti diri harus bersih, istinja yg bener, sholat yg ihlas, menghargai sesamamu, ibarat sebilah keris klo bkan sarungnya tidak akan sesuai, sebab ilmu ini mencari tmpat yang pas/sesuai, tidak jarang saudara kita yg jdi Error krna memaksakan.
    Saran saya buat saudaraku sempurnakanlah dulu syahadat dlam arti jika blum berpasangan pasangkanlah dulu dirimu dihadapan ALLAH, setelah itu bru menggali, sebab ilmu tdak akan jauh dari diri kalian. Seberapa jauhnya engkau beranjak dari tempatmu, sejauh itu pula engkau mencarinya, bagi yg sudah berpasangan gudang ilmu ada dikamar kalian tidak usah jauh2 meninggalkan rumah.
    ALLA HU AKBAR ALLAH HU AKBAR ALLA HU AKBAR.

    Buat saudara Erwin Terima kasih,,,
    Salam kenal

  141. Ass. wr. wb. mohon diberikan bimbingannya, bagaimana tata cara mengamalkan dzikir syariat, hakikat, tarikat, dan ma’rifat tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
    mulai dari:
    1. kapan dzikir tsb harus dibaca?
    2. dimana dzikir itu sebaiknya dibaca?
    3. bagaimana tata cara membaca dzikir tsb?
    4. berapa kali dalam sehari dzikir tsb dibaca?

    Mohon bimbinangannya, Tks.

    • Wassalam. Sdr Rafly.

      1. Dalam keadaan HATI tenang dan damai.
      2. Ditempat yang bersih lagi sejuk.
      3. Sehabis sholat fardhu atau sunnah.
      4. Sesuai keikhlasan HATI…. karena Allah gak melihat jumlahnya tapi melihat kesungguhan hatimu dalam mengingat-Nya.

      Barokallah.